Monday, 5 September 2011

PKL Hari Ke-3 dan Ke-4


Well, setelah cerita PKL hari pertama, PKL hari kedua dan memeriksa barang pribadi penumpang, sekarang lanjut kepada laporan PKL pada hari ketiga dan keempat.

Sesuai dengan jadwal, kelompok dihas yang terdiri dari dihas, obed, liko, hafiz dan arkas akan melakukan tugas PKL di seksi kepabeanan dan cukai pada lokasi kantor pos. O ya, tentang tatacara impor barang melalui kantor pos bisa dilihat di sini.


Hari pertama di bagian kantor pos rasanya sangat santai, kami bisa tidur siang dan main laptop seharian karena memang tidak ada yang bisa dikerjakan. Pengampu atau pejabat yang menangani impor melalui kantor pos ramah disapa dengan Bu Bea, sesuai dengan namanya bea maka sudah setengahnya mewakili kalau beliau kerja di bea cukai, hahaha…  :P

Oke setelah hari pertama yang menjemukan, akhirnya datang juga kesempatan ikut memeriksa barang impor melalui kantor pos atau yang biasa disebut pos lalu bea. Kami diajak Bu Bea ke kantor pos, karena tidak ada yang mengantar maka kami naik nagkot menuju kantor pos.

Di kantor pos kami disambut oleh staff kantor pos yang menangani barang impor/kiriman yang sudah datang di kantor pos. karung yang ada dibuka satu persatu dan isi dari barang dilihat dan diidentifikasi (cielah bahasanya).

Kami menemukan sejenis air soft gun dan menurut Bu Bea maka atas barang tersebut harus diteliti dahulu oleh unit P2. Pejabat pemeriksa yang harus dimiliki adalah kejujuran dan melaporkan barang yang dilihatnya. Kami juga menemukan sejenis ipad, notebook, dan chip kecil namun tertera harganya mahal.
















Oke kita check fotonya (maaf hanya memakai kamera hape N81 yang cuma 2 megapixels).

21 comments:

  1. Wah has di sana kirimanya keren2 yah! ada airsoftgun lah, ipad lah... di sini (semarang cuma barang kiriman TKI) ga tega deh klw musti mungut BM.
    Btw laporan udah jadi blm??

    ReplyDelete
  2. ya tu jg cm kebetulan koq....
    kan ga bisa diprediksi.... :)

    udah jadi namun direvisi je,,,, :P

    km gimna..?? udah jadi...??

    ReplyDelete
  3. wah ampe di periksa sedetil2nya begitu ya sob,,

    ReplyDelete
  4. waah lg pkl ya? Serunyaaaa. Gue br slesai pkl pas awal agustus. Btw sekolah jur apa sih expor impor gt?waah lg pkl ya? Serunyaaaa. Gue br slesai pkl pas awal agustus. Btw sekolah jur apa sih expor impor gt?

    ReplyDelete
  5. waah lg pkl ya? Serunyaaaa. Gue br slesai pkl pas awal agustus. Btw sekolah jur apa sih expor impor gt?waah lg pkl ya? Serunyaaaa. Gue br slesai pkl pas awal agustus. Btw sekolah jur apa sih expor impor gt?

    ReplyDelete
  6. wuisszz.. udah tahap revisi to? ak malah masih 1/3 dari jadi.
    males mulu bawaannya mau ngerjain.

    ReplyDelete
  7. SEmakin banyak pengalaman dg PKL bro

    ReplyDelete
  8. weee emang kamu jurusan apaa???
    kok pkl nya kayak gitu :D

    ReplyDelete
  9. walau kamera 2 mp, tapi hasilnya bagus has.... kamera hape gw juga cuma 2mp. kan selama ini foto2 yang ada di blog gw pake kamera 2 mp. Hehehe

    ReplyDelete
  10. iya prosedurnya gitu mas kahfi kayaknya,, :)

    ReplyDelete
  11. jurusan bea cukai Nggit... :)

    ReplyDelete
  12. tp revisi total bro Yan....
    parah... :P

    ReplyDelete
  13. owh kita sama ternyata mas nuel....
    pinter mhoto...
    hahahaha... :P

    ReplyDelete
  14. chekirei: jurusan bea cukai :)

    ReplyDelete
  15. saya harap pemeriksa barang yg masuk bea cukai, harus jujur, ini pekerjaan penuh amanah

    kasihan orang yg belanja online, tapi barangnya dicatut petugas bea cukai :(

    *makanya produk amazon sulit laku di Indonesia :(

    ReplyDelete
  16. asal memenuhi ketentuan tidak masalah, biasanya kan tidak sesuai ketentuan tp menjelek-jelekan ea cukai... :)
    bea cukai siap menjadi community protector.. :)

    ReplyDelete
  17. waaah... keren bgt tuh barang kirimannya.. bikin ngiler.. hehehe

    PKLnya yang semangat yak.. biar nilai di sertifikatnya bagus nanti.. hehehe :P

    ReplyDelete
  18. dulu aku pekael kayaknya nggak sempet poto=potoan begitu. jaman dulu si yah!?

    ReplyDelete
  19. sekarang zaman semakin alay mas A vip...
    hehehehee... :)

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.