Wednesday, 11 September 2013

Review: Now You See Me (Kini Kau Melihatku)


Mendekatlah. Lebih dekat. Karena semakin kau pikir bisa melihatnya, semakin mudah kau dibodohi. Semakin dekat kau melihat, semakin sedikit kau melihat. Itulah sulap.

Paragraf di atas adalah pembuka film ini. Dan memang benar karena ternyata sulap – dalam film ini, berarti mengalihkan perhatian. Jadi semakin fokus maka semakin mudah ditipu. Disinilah letak seninya sulap. Mudahnya, semakin fokus maka seseorang akan mempercayai bahwa sulap adalah keajaiban dan akan membuat decak kagum, senyuman, tepuk tangan dan hal positif lainnya. Jadi sulap adalah sebuah trik yang digunakan untuk menghibur orang bukan untuk memperdaya, memanfaatkan atau pun mencuri.

Pelajaran dalam film ini adalah jangan sampai anda dibuat menjadi fokus terhadap suatu permasalahan, hal atau bahkan konflik tertentu, tapi lebih bijak melihat segala sesuatunya dari jauh sehingga akan mudah dan mendapatkan gambaran global.  Hal ini mengingatkan dengan sebuah trik politik yang luar biasa, pengalihan isu, atau dalam bahasa kerennya – menurut saya, Wrong Flag. Untuk memudahkan anda memahami mengapa saya menganggap bahwa sulap sama dengan trik pengalihan isu atau Wrong Flag, anda bisa membaca artikel ini.

Well, Now You See Me sebenarnya bercerita tentang aksi balas dendam dengan melakukan perampokan sebuah bank di Paris dengan nilai 3,2 juta Euro dan merampok uang milik sebuah asuransi dengan nilai sekitar  140 juta dollar yang dilakukan oleh empat pesulap jalanan yang berbakat dengan dikendalikan orang di balik layar yang dikenal dengan The Eye.


Cerita bermula dari dikumpulkannya empat pesulap jalanan dengan kartu tarot untuk berkumpul di suatu tempat dan waktu yang sama. Kemudian mereka diberikan sebuah blue print tentang trik sulap yang akan mendatangkan decak kagum. Setahun kemudian mereka muncul melakukan adegan sulap di New York dengan sebutan four horesman. Mereka beraksi dengan menantang penonton untuk menyebutkan nama bank yang akan di rampok. Dan di akhir pertunjukan mereka, mereka menghujani seluruh penonton dengan uang jutaan Euro.

Atas laporan bank di Perancis – bank yang dirampok pada pertunjukan four horesman, polisi menangkap mereka. Namun akhirnya mereka dilepas karena tidak menemukan bukti ilmiah dan alasan selain polisi harus mempercayai sulap, yang sebenarnya tidak masuk akal.

Pertunjukan selanjutnya mereka mencuri uang milik perusahaan asuransi dan mereka langsung membagikannya kepada para penonton langsung ke rekening mereka.

Dan akhirnya mereka memutuskan menghilang di pertunjukan ketiga sekaligus terakhirnya dengan membagikan uang yang ada gambar masing-masing four horesman.

Akhirnya, saya simpulkan, menonton film ini membuat anda kagum bahwa sulap sebenarnya adalah sebuah trik yangsederhana. Namun dengan membiarkan diri anda kagum dan tanpa penasaran bagaimana melakukannya maka akan membuat anda percaya bahwa sulap adalah ajaib dan menghibur.

Selanjutnya, sulap bukanlah untuk mengejar materi dan berbuat jahat. Karena ketika sulap sudah disalahgunakan, pesulap bukanlah pesulap namun panjahat.

Well, ide film ini berbeda dan baru untuk film tentang perampokan.
Kekurangan film ini adalah pengembangan karakter. Bisa dimaklumi karena mungkin sutradara film ini berpikir bahwa para penonton sedang menonton pertunjukan sulap dan memang sulap dan efek serta jalan ceritanya seru dan membuat penasaran karena membuka triknya terakhir. Dan penonton pun akan dibuat penasaran dengan tokoh The Eye karena penonton akan sadar dan mengetahui bahwa tokoh The Eye-nya pada bagian akhir dan ini sebuah kejutan.


Well, film ini bagus dan saya merekomendasikan untuk ditonton, apalagi buat anda pengagum kecantikan Isla Fisher. Film ini mendapatkan nilai 8,5/10.

46 comments:

  1. saya pengen banget nonton film ini

    ReplyDelete
  2. wah...saya jadi penasaran dengan film ini..ingin segera menontonnya..siapa tahu saya juga bisa jadi pesulap.....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah mana mungkin dengan nonton pilem ini bisa jadi pesulap....
      kalo udah nonton tunggu review dari sudut pandang mas Hari ya...

      Delete
  3. musuhan sama sherina dong...

    lihat sgalanya lebih dekat
    dan kau pun mengerti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaaa....
      ya gak dihubung-hubungi gitulah mas...
      :P

      Delete
  4. Jadi inget film The Thieves, film Korea dengan tema sejenis... Tentang sekumpulan perampok yang mengincar berlian....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah mirip tp ni lebih ke sulapnya mas.....

      Delete
  5. Mantap nih film, gw gak duga kalo endingnya gitu. Katanya sih bakal ada yg kedua, soalnya di akhir film ada cuplikan gitu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa....
      kayaknya lagi populer model film dengan sekuel,,,,
      :P

      Delete
    2. Gw gak mikir itu cuplikan buat sekuelnya, wkwkwk, lagi nyoba nyari arti cuplikan ke 2, kira2 tau artinya gak?

      Delete
    3. waaaah pasti nontonnya gak sampe selesai yaa....
      :P

      Delete
  6. penasaran juga ingin jadi pesulapnya malah mas hehe...

    ReplyDelete
  7. kebetulan sy belum nonton film nya...ga ada trailer nya ya mas :)

    ReplyDelete
  8. kata temen saya film ini bagus, eh ga taunya abang lagi ngereview, lumayan bisa nambah resensinya..

    ReplyDelete
  9. katanyaini banyak unsur iluminasi gan . . . Serem

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih gitu tp cm simbol-simbol iluminium saja kook...
      :P

      Delete
  10. Untung, ketiganya lolos dari penjara, lha wong bos besarnya si polisi.wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ngga menduga sebelumnya si FBi penugang kuda ke 5 ternyata

      Delete
    2. hahhaaa....
      ternyata oh ternyata...
      ni film kayak oblivion yg ternyata musuh sebenarnya adalah "Sally", sebuah mesin yg cerdas...

      Delete
  11. ane udah pernah liyat nih film sempat ane ketipu mata nih ngeliyat film.. tapi sumpah keren... filmnya gak gampang ditebak penuh teka teki :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap...
      karena intinya ditaruh diakhir jd gak mudah ditebak...
      :)

      Delete
  12. Aku baca reviewnya aja deh... soalnya gak gitu suka nonton film sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah masak sih Bu..?
      asyik lho filmnya....

      Delete
  13. Ini review film... kalau aku sukanya buat review buku. :)

    ReplyDelete
  14. Mampir lagi sambil baca review di sini :)

    ReplyDelete
  15. mudah-mudahan kesampaian buat nonton filmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya doakan semoga kesampaian yaa...
      :)

      Delete
  16. udah nonton ini dan gw kasih nilai 10 dari 10. padahal udah niat mau ngereview juga. hehhee. menyesal g nton ini di bioskop. pertama tau film ini krn katanya ngungkapin salah satu rahasia show David Copperfield, dan teleport emang ada di show "Portal" nyesel berikutnya padahal dari awal kita udah dikasih tau siapa dibalik sulap tu, mungkin emang jangan terlalu dekat ya biar bisa lihat secara global ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak gitu juga....
      kalo gak jeli juga sama saja....
      gak bakal bisa tau detilnya gimana....
      tp namanya jg sulap salah satu hiburan, ya dinikmati saja kaliii....

      Delete
  17. ohh jadi isla fisher motivasi dihas menonton film ini :hmm:

    ReplyDelete
  18. Gua udah nonton nih film, menurut gua ini film emang bagus banget secara dari segi cerita emang bikin kita ikut mikir dan jadi gak kepikiran karena pas akhir cerita ternyata dalangnya itu polisinya itu sendiri, dan dari segi actionnya mantep banget karena dicombine dengan trik2 sulap.
    Tapi kalo menurut gua film ini menunjukkan pesan terselubung yang sangat jelas, karena the four horses ini terinspirasi dari cerita the guardians of horus yang gak lain adalah dewa bangsa mesir yang memiliki simbol mata satu, dan di film ini menurut gua seakan mencuci image simbol "ALL SEEING ONE EYE" (yang biasa kita kenal juga dengan simbol DAJJAL) ini menjadi bersahabat oleh para penontonnya, membuat kita terbiasa dengan keberadaan simbol tersebut didalam kehidupan kita.
    So far, itu aja sih pendapat gua, kalo ada yang gak berkenan silahkan dikomentarin, karena ini cuma persepsi dari pola pikir gua dan pasti ada kekurangannya.

    ReplyDelete
  19. bebas saja kok bro berkomentar.....
    kalo saya sih menikmatinya dari segi filmnya saja....
    :)

    ReplyDelete
  20. Cara menyembunyikan rahasia adalah memaparkannya di muka umum. Now you see me..

    All seeing eye 👀

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.