Monday 9 November 2015

Moda Transportasi “Roda Besi” Solusi Angkutan Massal



Sekarang zaman dimana-mana macet. Macet sudah menjadi bagian dari hidup. Bahkan mungkin macet adalah salah satu gaya hidup. Gaya hidup dari kalangan atas sampai kalangan paling bawah. Macet di dalam mobil mewah dan macet di dalam angkot penuh bau keringat. Intinya sama, macet. Hanya saja, macet di dalam mobil mewah masih bisa mendengarkan lagu, baca buku, maen game, dengan tenang dan sejuk. Macet di angkot, ya sama, bisa baca (doa), mendengarkan keluh kesah, dan maen game tebak siapa keringatnya paling bau.
Moda transportasi darat semisal bus, mobil, dan truk, yang semuanya bisa mengangkut manusia hanya menyebabkan macet. Perpanjangan jalan untuk mengurai kemacetan hanya menguntungkan pihak pabrikan otomotif, dalam hal ini Jepang. Semakin panjang jalan, semakin banyak pula keuntungan yang diperoleh oleh Jepang. Industri otomotif kita belum bisa bersaing, semisal bersaing pun orang masih percaya produk luar negeri. Iklannya yang mantab, marketing yang handal, dibantu program pemerintah yang bisa dibilang mengakomodir industri otomitif luar negeri berjaya.
Tengok saja Esemka yang heboh, Evina, Fin Komodo, GEA, dan masih banyak lainnya. Jarang kan kita lihat mereka berbaris di kemacetan. Bukan karena mereka mobil anti macet, tapi mobil dalam negeri (baca:kalah bersaing dan kurang dicintai).

Namun, tengoklah kereta api, gerbongnya panjang, kuat dan kokoh, dan di dalam negeri ada perusahaan pembuatnya, PT. INKA. Kereta bisa mengangkut manusia lebih banyak dari bus. Bisa untuk jarak sangat jauh, jauh, menengah, dan jarak dekat. Ada kereta Surabaya – Jakarta, Jakarta – Jogja, Jakarta – Jakarta. Bila setiap kota memeiliki angkutan kereta api yang terpadu, niscaya macet bisa ditangani, dengan syarat, masyarakat suka dan cinta angkutan massal.

1 comment:

  1. Very informative, keep posting such good articles, it really helps to know about things.

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.