Thursday, 22 March 2012

Asik ke Jakarta (red Kemenkeu)


Tanggal 29 February 2012, seluruh mahasiswa STAN lulusan 2011 diundang oleh Menteri Keuangan ke Gedung Kementerian Keuangan. Tempat pertemuannya adalah Gedung Dhanapala. Dihas dan seluruh teman lulusan D1 Kepabeanan dan Cukai dari BDK Balikpapan juga turut diundang.

Pertama kali mendengar undangan Menteri Keuangan,hampir semua mahasiswa D1 BC Balikpapan kaget dan pusing. Maklum ekonomi termasuk golongan elit (ekonomi sulit). Bayangkan dalam waktu tak lebih dari seminggu sudah bisa naik pesawat tiga kali. Dihas pun begitu. Dihas pun naik pesawat dari Jogja-Balikpapan, kemudian Balikpapan-Jakarta dan Jakarta-Balikpapan.


Tiga kali penerbangan dapat dipastikan merobohkan sendi-sendi keuangan sebesar kurang lebih dua juta rupiah. Untungnya untuk tiket pulang ada kelonggaran yang diberikan oleh Kanwil. Walaupun sebenarnya perjalanan ke Jakarta ada SPPD-nya namun pencairannya tidaklah secepat SPPD pegawai yang sudah PNS.


Akhirnya setelah melakukan koordinasi dan konsolidasi, semua mahasiswa D1 BC Balikpapan berhasil mendapatkan 53 tiket pesawat Balikpapan-Jakarta dalam satu pesawat, yaitu Lion Air penerbangan pagi, jam 06.00. sudah seperti men-charter pesawat saja. Semuanya berkat agen tiket yang satu ini.

Penginapan telah disiapkan dengan biaya akomodasi sebesar 300.000 IDR per orang. Penginapannya adalah Pondok Gede. jam check-in adalah jam 14.00. oleh karena itu kami mampir dulu ke Monas. Sekalian rekreasi bagi yang belum tahu Monas dan hiburan yang berharga buat teman kami yang asli kalimantan. Mereka heran dengan gedung-gedung tinggi dan bilik-bilik kumuh, kenapa bisa hal itu berdampingan. Sungguh rukun mereka sepertinya.


Selesai dan puas di Monas juga dipalak oleh pedagang Ketoprak beserta cuci muka, kami menuju Penginapan. Sebenarnya di Monas kami tidak masuk ataupun naik.

Hari pertama, untuk mengurangi efek telat hadir di Kemenkeu gara-gara macet, kammi berangkat dari Pondok Gede jam 05.30. Sarapan dilakukan di bus.


Menteri tidak hadir karena ada agenda yang lebi urgent dan mewakilkan Sekretarisnya. Kami diberi penjelasan tentang status kepegawaian kami dan juga pengenalan nilai-nilai Kemenkeu.

Nilai-nilai tersebut adalah:
1.    Integritas
Berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip moral
2.    Profesionalisme
Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen tinggi
3.    Sinergi membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas
4.    Pelayanan
Memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman
5.    Kesempurnaan
Senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik



21 comments:

  1. wih seru ceritanya....

    jadi dihas tuh asli balik papan yah?

    BTW salam kenal yah...
    kunjungan pertama nih...

    Btw... itu akhirnya kamu jadi kerja di JKT yah? jadi PNS?
    KEREN

    ReplyDelete
  2. Asyiknya di undang ke Jakarta. Meski keuangan habis tapi pengalamannya itu loh yang tidak bisa di beli dengan uang. Kapan lagi dapat undangan?

    ReplyDelete
  3. selamat datang di dunia kerja Dihas, dag dig dug penempatan belum ya? hihi

    ReplyDelete
  4. wuiiih yg ke monas.. ga mampir2 nih.. hihi..

    ReplyDelete
  5. buat Tomku....
    aq asli magelang kok...
    dan sekarang lg magang di kotabaru...
    :)


    4 hari bang Nuel...
    :P

    ReplyDelete
  6. Makan-makannya mantappp.. ngomong2, gw juga pernah fto2 di monas. Kenapa kalo slain orang jakarta ke jakarta tuh selalu foto2 di monas ya... :D

    ReplyDelete
  7. naik pesawat dari Jogja-Balikpapan, kemudian Balikpapan-Jakarta dan Jakarta-Balikpapan. So dari Balikpapan kamu tak balik semula ke Jogja.?? :P

    salam kenal ye :)

    terima kasih sebab sudi berkunjung ke blog saya ^^

    ReplyDelete
  8. naik pesawat dari Jogja-Balikpapan, kemudian Balikpapan-Jakarta dan Jakarta-Balikpapan. So dari Balikpapan kamu tak balik semula ke Jogja.?? :P

    salam kenal ye :)

    terima kasih sebab sudi berkunjung ke blog saya ^^

    ReplyDelete
  9. ke jakarta akuuu kan kembali huuuu...

    ReplyDelete
  10. Alumni d1 stan??

    Seru banget prjalananny ya..,sampe nominal²ny dsebutin =P

    ReplyDelete
  11. waaahhh
    yang bis jalan2 ke jakarta...
    mana oleh2nya???
    jiehehe (kenal aja ga minta oleh-oleh)
    lam kenal biar kenal hehe

    ReplyDelete
  12. oh Dihas sempat kejakarta kemonas pula :D kayaknya monas sama pondok gede jauh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp Monas ma gedung kemenkeu kan deket...
      kmrn ceritanya mau liat gedung kemenkeu dan mampir ke monas...
      :P

      Delete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.