Tuesday, 20 December 2011

Cara Mengkonservasi Air Ala Blogger


Beberapa hari ini banyak kita dapati berita adanya bencana dan musibah dan salah satunya adalah karena air, banjir. Banjir melanda hampir seluruh pelosok tanah ari, dari sabang sampai merauke. Domisili Dihas, Balikpapan, juga tak luput dari banjir.

Banjir secara ringkas dapat diartikan sebagai musibah yang terjadi karena meluapnya air akibat tidak adanya sistem perairan yang baik. Parit-parit mampat, sungai-sungai penuh sampah, hutan-hutan gundul.

Banjir, walaupun air melimpah namun apakah air tersebut baik untuk dikonsumsi, untuk mandi, mencuci dan minum..??


Konservasi bisa disebut juga dengan penghematan air, definisi lebih lengkapnya adalah perilaku yang disengaja dengan tujuan mengurangi penggunaan air segar, melalui metode teknologi atau perilaku sosial. (sumber: wikipedia)

Nah, banjir adalah akibat dari jeleknya konservasi air sehingga terjadi pemborosan air dalam jumlah besar. Dampaknya merugikan, baik secara materi ataupun secara fisik. Biaya penanggulangannya mahal, gedung, bangunan, rumah dan fasilitas kehidupan hanyut, belum lagi bila setelah banjir ada penyakit yang timbul, menyeret manusia dan menyebabkankorban jiwa.

Untuk itulah, mengapa kita harus melakukan konservasi air. Lebih baik mencegah daripada mengobati adalah ungkapan yang selalu bijak walaupun kadang datangnya terlambat.

Cara mengkonservasi air adalah:
1.     Matikan keran air sehabis menggunakan, gunakan air secukupnya, kalau perlu bagi yang sudah suami istri dianjurkan mandi berdua, selain menambah romansa keluarga juga membantu upaya penghematan air.
2.     Jangan buang sampah di sungai, selokan, gorong-gorong air, orang tidaklah terlalu mengerti arti ultimatum “jangan membuang sampah sembarangan”.
3.     Jangan gunakan sabun berlebihan, jangan buang limbah kimia dan limbah lain yang dapat merusak ekosistem air.
4.     Bangun saluran air, selokan, lakukan perawatan sungai, jangan sampai sungai dangkal apalagi sampai mampat.
5.     Cintailah hutan, tanamilah lahan kosong, budidayakan tetumbuhan, jangan berlebihan menanam bangunan.
6.     Amalkan lima poin di atas, insya allah dapat membantu dalam konservasi air.

ZONESA

36 comments:

  1. kali ini tentang banjir, bener tuh mana enak air dari banjir :D

    ReplyDelete
  2. dua kata untuk bajir menyulitkan sekali

    ReplyDelete
  3. betul sekali mas wahid...
    :)

    ReplyDelete
  4. yuk kita lestarikan bersama, jangan kita rusak bersama

    ReplyDelete
  5. kalau tuk urusan lingkungan dan melindungi air sebagai sumber kehidupan saya ikut mendukung mas,,semoga menang ngontesnya

    ReplyDelete
  6. air bisa menjadi kawan dan juga lawan... tergantung bagaimana kita memperlakukannya....

    ReplyDelete
  7. Supaya gak banjir harus beli lahan di himalaya nih biar tinggi :P gak capek2 mengkonversi air :p

    ReplyDelete
  8. itu sebabnya saya jarang pake sabun, biar air yang saya pake gak tercemar diterjen. ayoooo kurango pake sabun para bloggerrrrrr

    ReplyDelete
  9. Banjiir--->Please jangan jadi langganan banjir ya?

    ReplyDelete
  10. aih ikutan lomba artikel konservasi air itu? good luck ya...

    ReplyDelete
  11. ya semua ciptaan tuhan termasuk ada positif & negatifnya tergantung dari kita sendiri dari manusia mengelola alam ini sebaik mungkin

    ReplyDelete
  12. makasih mas kahfi....
    :)


    setuju dengan mas rangga....
    :)

    ReplyDelete
  13. emng mas basith mau tinggal di himalaya...??
    :P



    saya sih masih pake mas rusydi....
    cm ga banyak2....
    :P

    ReplyDelete
  14. iya mbak ririe....
    jd susah....
    :P



    iya mbak jiah...
    :)

    ReplyDelete
  15. Setujuuuuu....
    Walau belum pernah ngerasain yang namanya banjir (dan semoga nggak pernah) udah bisa ngebayangin repotnya... :(

    ReplyDelete
  16. ayo kita coba mas feby...
    :)


    makasih annesya...
    :)

    ReplyDelete
  17. tul semuanya....ayo matiin kran. mandi sekali aja. lho.hehhee

    ReplyDelete
  18. yang buang sampah sembarangan itu terlalu, aku ga suka

    ReplyDelete
  19. waah mbak SCB mandi sekali nii....
    hmmm....
    bau donk...
    :P



    maskudnya gmn tu mas r10...??
    :P

    ReplyDelete
  20. wah, menarik sekali..
    memang udara sekarang semakin tidak bersih aja, jadi perlu usaha untuk membersihkannya..

    ReplyDelete
  21. mari kita mulai dari diri kita sendiri ya mas :)

    ReplyDelete
  22. ikutan juga ya,artikel nya bagus.
    Jadi minder ni,

    ReplyDelete
  23. banjir tuh kayaknya ga jauh2 yah dari negara ini has... :P

    ReplyDelete
  24. mandi berdua katanya..
    vulgar banget, gaaan..!!

    hhehhe, bukan menambah romansa itu. tapi pengiritan yang super duper aneh :)
    kebangetan

    ReplyDelete
  25. nice info kakaq :3
    ayo hemat air, minimalkan mandi !
    buat apa mandi sehari 2 kali ? entar juga kotor lagi bau lagi #SESAT xD muahaehehe

    ReplyDelete
  26. wah mas fahreza ni gmn sih...??
    emng postingan ini bahas udara...??
    :p
    (baca postingannya atau langsung komentar)



    Oke mas MMK
    :)

    ReplyDelete
  27. ah mas gun bisa saja...
    :P



    salam kenal mas outbond....
    :)



    hahahha.......
    dek aulia ni membocorkan rahasianya...
    :P

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.