Friday, 18 November 2011

Kos-Kosan



Selamat Datang kepada mahasiswa STAN Prodip I Kepabeanan dan Cukia dan Prodip I Pajak. Sekilas tentang kota Balikpapan bisa dibaca disini.


BDK Balikpapan beralamat di Jalan MT Haryono Dalam no 39A Kelurahan Gunung Bahagia. Sepanjang jalan MT Haryono Dalam tersebar Kos-kosan.
1.    Kosan Bu Robert (Kosan Pertama Dihas) 081346221996
Kosannya murah, nyaman dan sunyi di malam hari, aman. Ada sekuriti yang ngekos juga. Nyaman dan sunyi karena sebelum Dihas pindah semua yang ngekos pekerja malam dan luar kota. Kurang lebih 8 bulan Dihas ngekos di situ.
Kekurangannya airnya kotor kalau baru ngalir. Namun setelah ditunggu 2-3 jam dijamin bersih. Ada 6 kamar. 350.000-800.000 IDR.
2.    Kosan Catering Endang
Kosan dengan cat warna merah dan cenderung terkesan seperti SPBU. Letaknya di belakang Masjid Sahibussalim. Pemiiknya usaha catering. Standar hotel melati kamarnya (untuk mempermudah membayangkannya). Ada AC dan kipas angin. Harga dengan AC 1.400.000 IDR dan yang kipas angin 800.000 IDR. Teman Dihas, PD I BC XVII hanya tiga orang yang pernah ngekos di situ. Masing-masing hanya satu bulan. Kekurangannya panas di sore hari, air agak kuning.
3.    Kosan Kuning Bu Hajah (Kosan Kedua Dihas)  085246291370
Kosan nyaman, rapi, bersih dan nyaman, serem. Dua bulan Dihas disini. Airnya PDAM, kamar mandi luas naujubile. Gak ada TV. Serem karena Dihas dan Ilham adalah penghuni tetap setiap malamnya. Ada 4 kamar. Beranda luas naujubile. Sayangnya tempat cucian di luar. Rawan basah kena hujan. Harga 500.000 IDR.
4.    Kosan masjid Syaibusalim (Isoel Kost)  Facebook
Bergaya sederhana dari kayu namun kesan lumayan mewah. Sedikit agak mahal buat yang berkantong tipis (termasuk Dihas). kamar mandi dalam. 650.000 IDR.
5.    Kosan Pak Topo  Facebook
Nyaman, bersih dan kos idealis. Kamar mandi dalam. Ada fasilitas air minum. Ada 6 kamar. Harga 500.000-900.000 IDR.
6.    Kosan Depan Pak Topo Dekat Pabrik Roti tawar  Facebook atau Facebook
Letaknya persis di depan kosan pak Topo. Standar rumah yang dijadikan kosan. Campur antara cowok dan cewek. Harga 700.000 IDR
7.    Kosan Merah Sebelah Tagor (Bu Rika)  Facebook atau Facebook
Dihas lumayan akrab dengan Pak kosnya namun lupa namanya. Rapi, nyaman dan yang paling penting Pak kosnya baik. Sering membari makan dan mengadakan jamuan makan. Puas puas. Ada 3 kamar. Harga 350.000-700.000 IDR.
8.    Haji Mawi  Facebook atau Facebook
Kosannya mewah. WC duduk. Kosannya ada di lantai atas dan tersendiri Cuma masuknya harus lewat dan cenderung bertemu dengan pemilik kos. Ada 4 kamar. Harga 700.000 IDR.
9.    Lisman/Kosan Bergoyang  Facebook, Facebook atau Facebook
Kosan murah dan sederhana. Cuma warnanya pink. Dahulu ditempati tiap kamar 2 orang. Ada 8 kamar kalo gak salah. Harga 400.000 IDR.
10.                       Newest Kos
Letaknya di depan gank mau masuk kosan Lisman. Waktu itu masih dibangun dan hampir jadi. Silahkan ditengok.
11.                       Kontrakan Pak Karmin  Facebook atau Facebook
Standar kontrakan dengan 2 kamar, 1 ruang tamu, 1 dapur, 1 kamar mandi. Harga 10.000.000 IDR/tahun. Kalau mau yang murah ya ini. Kalau mau bisa ditempati 4 orang.
12.                       Kosan Sobilan  Facebook atau Facebook
Letaknya sebelah persis BDK Balikpapan. Koneksi wifi tanpa putus dan download katanya mencapai 680 kb/s. Buat yang keranjingan game online sangat disarankan. Harga 400.000 IDR per anak.
13.                       Kosan Inhutani (Bu Trii) Facebook, Facebook atau Facebook
Lumayan nyaman dan paling aman. Ada 3 anggota K9 yang berjaga 24 jam. K9-nya lumayan beringas. Kekurangannya airnya kuning standar Balikpapan, air bersih dari tampungan air hujan, plus ibu kos juga menyiapkan makan bagi yang ingin makan (bayarnya makan bulanan). Kekurangannya adalah karena dekat bendungan jadi rawan banjir namun sepertinya jalan sudah semakin baik karena sudah kena proyek aspalisasi. Harga 500.000-850.000 IDR.

Kosan di ats recommended dan pernah ditempati oleh PD I Bea dan Cukai XVII. Harga adalah harga tahun lalu kalau berubah Dihas tidak bertanggung jawab.

Tagor adalah warung makan sederhana yang letaknya pas kelokan setelah masjid Sahibussalim arah ke BDK Balikpapan. Nah di Tagor Anda bisa tanya-tanya sambil makan. Penjualnya orang jawa timur dan ramah.
Sebenanrnya masih ada kosan lagi di sekitar BDK untuk cewek. Sandinya tinggal tanya kosan cewek sebelah mana. Mudah.

Facebook adalah teman Dihas yang pernah nempatin kosan tersebut. Tipsnya, buka facebook pada browser dimana Anda buka blog ini dan klik tulisan facebooknya.

Sebenarnya kalau agak ke kota dikit ada banyak kosan sih. Cuma butuh transportasi. Angkot di Balikpapan mahal. Dikit doank pokoknya 2.500 IDR padahal Cuma deket, gak nyampe 6 km. Kalau ada yang punya motor malah Dihas sarankan untuk di deket kota, nyari makannya gampang. Atau kalau mau berpikir untuk masak sendiri ya silahkan. Balikpapan mahal lho. Sekali makan harus gocek 10.000 IDR. Dapat nasi sayur ma ayam atau bandeng. Yang lebih mahal sebenarnya banyak.

Buat mahasiswa PD I Bea dan Cukai ataupun Pajak kalau penasaran dengan suasana BDK balikpapan silahkan baca pengalaman Dihas di Balikpapan disini.
Semoga bermanfaat.

14 comments:

  1. balik papan emng terkenal mahal2 y sob,, katanya UMR juga tinggi disana

    ReplyDelete
  2. nih kayak lagi promosi? di bayar berapa has nulis kayak gini? :p

    ReplyDelete
  3. Dihaassss..
    rajin banget.. heheheh

    kalo yang butuh kos kosan, pasti sangat berterimakasih nih ama dihas,,,

    harusnya dibayar ya, untuk promosi kos kosan kayak begini...

    semangat dihas!!

    ReplyDelete
  4. okee ion...
    tp aku tulis kosan deket tagorr...
    hahaha...
    FB ne kan nek diklik metu wekmu nek rasalah..
    :P

    salam kenal mas singgih...
    :)

    ya begitu mas kahfi...
    tp saya liat sama saja jadinya..
    :P

    ReplyDelete
  5. sekadar membantu mas Nuel...
    :)



    hmm....
    biar Allah yg membalasnya mbak meil...
    :)

    ReplyDelete
  6. hehhee...Nay masiih betah di Jkarte jadi kalo ke balikpapan mikir2 lagi dah :)

    ReplyDelete
  7. wooyy, kosan inhutani alias bu tri TIDAK PERNAH BANJIR.. salah tu

    by Andre

    ReplyDelete
  8. wah hebat nih, ada yang ngasi info :D
    salam kenal dari anak Pajak Balikpapan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal dari anak bea cukai... :)

      Delete
  9. wah hebat nih, ada yang ngasi info :D
    salam kenal dari anak Pajak Balikpapan ^_^

    ReplyDelete
  10. yang ngekost di bu tri enak ga bakal susah nyari makan.

    tapi karena ga aman, hati" karena udah beberapa orang yang kamarnya kemalingan laptop n barang berharga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohohooo....
      laptop disarankan dibawa sewaktu kuliah...
      :)

      Delete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.