Thursday, 22 September 2011

Balikpapan


Matahari siang di Balikpapan terik sekali, mungkin karena letak Balikpapan yang berada di khatulistiwa dan dekat pantai. Balikpapan juga mempunyai iklim tersendiri, berbeda dengan daerah di Jawa. Hujan datang tak menentu dan kemarau tidak bisa ditebak kapan datang. Permasalahan yang muncul adalah, kipas angin menjadi peralatan minimal yang harus dimiliki di setiap rumah, biasanya di rumah mewah atau perkantoran AC adalah peralatan elektronik yang wajib. Permasalahan lainnya adalah buruknya irigasi dan penyerapan tanah atas air di Balikpapan membuat kota ini sering disatroni banjir pada beberapa sudu kotanya. Depan TELKOM adalah langganan banjir.


Namun begitu, Balikpapan termasuk dalam kota yang rapi dan bersih, tidak hanya pada waktu akan diadakan lomba kebersihan yang memperebutkan adipura sebagai predikat kota bersih namun kota ini memang bersih dari sampah-sampah. Masyarakatnya tidak dibiasakan membuang sampah sembarangan, harus pada malam hari dan di tempat-tempat tertentu. Kota ini juga merupakan kota aman, orang bisa memarkir sepeda motor di depan rumah dengan tenang. Selain itu, Balikpapan adalah kota yang nyaman, dimana pengamen dan pengemis tidak beredar di setiap lampu merah dan rumah-rumah, bisa dibilang, Balikpapan adalah bersih dari pengemis dan pengamen.

Balikapapan mempunyai UMR yang cukup tinggi. Anda bisa masak enak dan membuat makanan yang khas maka Anda akan mudah mencari uang. Mempunyai warung makan pun dapat dijadikan sebagai mata pencaharian yang cukup. Makanan adalah hal yang mahal di Balikpapan, karena kebanyakan bahan makanan berasal dari luar Balikpapan. Nasi sayur lauk ayam dan segelas air putih paling murah adalah sepuluh ribu, tidak ada pengganjal perut seharga tiga ribu di Balikapapan. Dapat disimpulkan Balikpapan tidak ramah untuk orang yang berkantong tipis.

Sarana transportasi murah adalah sepeda. Angkutan kota di Balikpapan biasa disebut dengan taksi dan ongkos minimal adalah tiga ribu rupiah dengan jarak tidak lebih dari lima kilometer. Satu arah jurusan dari ujung ke ujung jurusan angkot adalah lima ribu. Bukan ide bagus naik angkot apalagi kalau Anda harus oper lebih dari satu kali. Ditambah sopir angkot yang terkesan agresif dalam mencari penumpang sehingga sedikit membuat rasa risih. Tidak ada bus di dalam kota, adanya adalah bus antarkota, yaitu Balikpapan-Samarinda.

Pantai di Balikpapan kurang bagus, selain airnya kotor juga mungkin karena ada pengaruh dari pertambangan atau pengeboran minyak. Yang bagus di Balikapapan adalah suasana di daerah Pertamina, dimana terdapat hutan dan kadang terlihat beberapa monyet, tampak asri dan sejuk.

Balikpapan merupakan kota transit, banyak penerbangan singgah di Balikpapan apalagi untuk penerbangan domestik. Namun untuk penerbangan internasioanal, hanya satu atau maksimal dua pesawat rata-rata dalam satu hari. Kegiatan ekspor impor sangat banyak. Untuk ekspornya adalah batu bara, minyak dan CPO. Sedangkan untuk impornya didominasi oleh alat-alat tambang ataupun perminyakan dan alat-alat pendukungnya.

Balikpapan mempunyai ekspatriat yang cukup banyak, mereka adalah para pekerja ataupun teknisi di perminyakan atau pertambangan. Namun begitu, Balikapan tidak mempunyai free duty shop atau bahasa indonesianya adalah toko bebas bea.

Peredaran minuman keras sangat dibatasi dan ketat. Hanya satu atau dua perusahaan rokok, penyalur MMEA (minuman mengandung etil alkohol). Untuk penyalur MMEA biasanya adalah hotel atau restaurant.

Obyek wisatanya selain pantai yang kurang bagus dan mall, ada lebih dari lima mall di Balikpapan dan bisa dibilang over mall untuk kota sekecil Balikpapan, ada juga bukit Bangkirai. Mengapa namanya bangkirai, karena di sana kita akan memanjat pohon bangkirai yang bujubene besarnya, tingginya lebih dari tiga puluh meter.

Kebanyakan adalah orang Jawa dan Sulawesi yang mengisi Balikpapan. Bermacam-macam asal muasal daerah membuat Balikpapan semakin beragam.

Dan akhirnya dihas genap sudah satu tahun di Balikapapan.

28 comments:

  1. katanya Balik Papan itu kota yang indah ya, apa bener gitu?
    pengen banget kesana :D

    ReplyDelete
  2. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
    SALAM BLOGER INDONESIA..:)

    ReplyDelete
  3. hampir seluruh dunia cuacanya ekstrim bro.. ga tentu kapan datengnya.. sekalinya dateng, banyak banget.

    saatnya kita sebagai generasi muda yang mengubahnya..memperbaiki semuanya..untuk masa depan anak cucu kita...

    semga nanti aku bisa kesana dan kita ketemu :)

    ReplyDelete
  4. Kalau kotanya bersih, masyarakatnya pasti kerasan. Sedih kan kalau lihat sampah tersebar dimana-mana, selain kotor juga jadi penyebab panyakit.

    ReplyDelete
  5. jadi intinya Balikpapan bukan kota yang tepat untuk berwisata ya Has?? :D

    ReplyDelete
  6. Waah,,, Review KOta Balikpapan yg Lengkap BGT neh Boss!!!
    Balikpapan emang salah satu Kota terkenal diKalimantan tuh.. banyak Orang Jawa yg merantau kesana.. karna Katanya Rejekinya Lancar disana Boss!!
    Tp Harga kebutuhan pokoknya rata2 mahal Amiirrr...
    ^_^

    ReplyDelete
  7. Wah...mahal juga ya makanan di sana. Ternyata masih murah di Surabaya. Masalah angkot saya malas naik jika harus oper-oper apa lagi sopirnya agresif seperti itu tambah bikin BT aja. Enakan naik motor sendiri. Kapan aku bisa liburan ke Balikpapan?

    ReplyDelete
  8. kalau soal banjir dan perilaku suoir angkot sama saja dgn jakarta yah :D

    ReplyDelete
  9. indah dan rapi...
    boleh mas SEO....
    main sinilah..
    :)


    salam blogger juga vira...
    oke saya akan berkunjung...
    :)

    ReplyDelete
  10. oke mas TC...
    saya tunggu..
    :)


    bener catatan kecil...
    saya setuju..
    :)

    seratus buat dhenok....
    prok-prok....
    :P

    ReplyDelete
  11. kerja di minyak dan batubara biasanya mas 3B....
    :)
    dan itulah yg embuat balikpapan mahal....


    maenlah mas arqu3fiq....
    aq tunggu...


    bedanya tu balikpapan gak ada gedung tinggi dan bersih kotanya...
    banjir karena tanahnya sulit nyerap air...
    :)
    begitu mas r10....

    ReplyDelete
  12. wuah angkot dimana aja rupanya sama aja. di tangerang juga kayak gitu has.....(

    ReplyDelete
  13. samalah mas nuel..mereka kerjaannya nyupir angkot..
    :P

    ReplyDelete
  14. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
    SALAM BLOGER INDONESIA..:)

    ReplyDelete
  15. lengkap deh promonya. kapan2 ke sana deh.

    ReplyDelete
  16. berapa kang UMR yang lumayan tinggi itu untuk ukuran lepas SMA?!?!!

    ReplyDelete
  17. Waaah, benarkah di Balikpapan ada aturan membuang sampah rumah tangga harus malam hari? Hebat deh. Sayang sekali kok kebersihan di sana gak pernah terdengar di koran2 kota saya? :( Saya br tahu sekarang hebatnya Balikpapan. :)

    ReplyDelete
  18. bukannya nyupiiiiirrr.... tapi kelakuaaann bawa angkotnya itu yang sama.... haahhahahaha

    ReplyDelete
  19. aku lahir di balikpapan lhoo..cuma 5 th disana..wkt itu, air susah.
    sekarang balikpapan lebih maju drpd samarinda, iya kan??
    by the way,..ni zone, merantau buat sekolah ya?aku ga ikutin cerita dr awal sih..maaf ya.

    ReplyDelete
  20. beneran lho mbak SCB...
    saya tunggu..
    :)


    kalo ga salah 1,25 jt mas Belajar Photoshop.....
    :)


    saya gak tau peraturannya,,tapi saat saya akan membuang sampah di siang hari di depan gang,,dibilang sama bu kos agar buangnya malam...memang siang di tempat buang sampah itu gak ada sampah karena pagi sudah diambil...
    ga tau deh kalo 10 tahun lagi karena balikpapan makin lama makin padat...

    ReplyDelete
  21. maskudnya kelakuan nyupiir maas nuel..
    :P


    kabarnya begitu mbak ketty...
    balikpapan maju karena belum sepadat samarinda..
    :P

    ReplyDelete
  22. Hadooh... kenapa gak futunya tentang kota balikpapan? kan jadi penasaran pengen maen kesana..:))

    ReplyDelete
  23. nanti mbak ellodi edisi kedua...
    :)

    ReplyDelete
  24. Zon, 10rb du jogja udah makan nasi kucing 10 bungkus.. lol

    doain bro, biar ntr dapet tugasan di sana.

    ReplyDelete
  25. iyaah, katanya Balikpapan itu banyak orang Sulawesi nya yaa..

    btw, mana nih view Balikpapannya?? koq cuma orang Balikpapan aja?? :D

    ReplyDelete
  26. orang jawa juga anyak ko diah...

    maap potonya belum ada....
    itu poto aq lho...
    :P

    ReplyDelete
  27. yang seru selain mall dan pantai apa ya di balikpapan?

    ReplyDelete
  28. belum tau mas alid....
    pasalnya saya baru satu tahun di balikpapan...
    :)

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.