Wednesday, 21 August 2013

Ternyata Biaya Air PDAM di Balikpapan Naik Tiap Bulan

SUMBER

Mungkin Anda tidak percaya dengan judul di atas dan terkesan “ah masak”. Anda mungkin penasaran berapa sih naiknya dan mungkin memang ada alasan lain mengapa naik.

Saya ceritakan bahwa saya dan teman-teman saya mengontrak sebuah “Villa” di Balikpapan. Villa ini bisa melihat laut dari kamar atas (kamar kedua teman saya yang unik dan ajaib). Mengapa kami mengontrak Villa karena untuk mengontrak istri, di Balikpapan jujur saja belum ada. Mungkin kawin kontrak kurang populer di Balikpapan. #Ups salah topik

Villa yang saya dan teman-teman saya tempati ini kami kontrak dengan nilai puluhan juta rupiah per tahunnya. Gila banget kan? Wajar saja. Balikpapan kota mahal. Villa ini ada lima kamar dan satu kamar mandi, satu dapur, satu garasi dan satu pekarangan. Luar biasa pokoknya. Anda bisa membayangkannya, saya sudah menempatinya.

Karena sistemnya ngontrak maka kami bayar listrik dan air tiap bulan. Ternyata gak cuma istri saja yang tiap bulan harus dibayar tapi listrik dan air juga harus dibayar ternyata. Anda akan cepat bangkrut jika memiliki istri, air dan listrik. #gundulmu


Saya menganalisa dengan seksama, menggunakan berbagai sistem analisa dan berbagai variabel dan keadaan-keadaan tertentu. Saya menggabungkan dan mencocokkan data-data yang ada dengan fakta-fakta di lapangan. Faktor empiris dan imprint saya perhitungkan. Dan hasilnya luar biasa. Gak hanya inflasi dan pertumbuhan penduduk saja yang mengalami kenaikan. Ternyata tarif air PDAM pun naik. Dan penelitian ini di Balikpapan. Jadi saya mengambil kesimpulan, tentu saja setelah bertapa dua puluh empat hari dua puluh empat malam di sebuah bar dan diskotek bahwa tarif air PDAM di Balikpapan mengalami kenaikan setiap bulannya.

Ini hasil analisanya. Silahkan dikoreksi bila Anda menemukan sesuatu yang layak dikoreksi.

Pada bulan April pembayaran air adalah Rp92.537 dengan penggunaan 13 (entah satuannya apa karena memang tidak tertulis). Itu artinya setiap 1 (entah satuannya apa) harganya Rp7118,23.

Pada bulan Juli pembayaran air adalah Rp214.397 dengan penggunaan 25 (entah satuannya apa karena memang tidak tertulis). Itu artinya setiap 1 (entah satuannya apa) harganya Rp8572,68.

Jadi ada perbedaan Rp8572,68 – Rp7118,23 = Rp1454,45 setiap 1 (entah satuaanya apa) setiap bulannya. Artinya setiap bulannya mengalami kenaikan sebesar 20,43% per 1 (entah satuannya apa).


Maaf, data yang disajikan hanya April dan Juli karena bukti pembayaran yang masih tersimpan adalah keduanya. Bulan April membayar rendah karena Villa tidak dipakai beberapa hari untuk waktu yang lama. #bahasamu aneh Ndul

14 comments:

  1. yang sabar aja bos.... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama Mr. Q... Sabar aja, Has


      Semangat..

      Delete
  2. yang mei? hehe. ngomong-ngomong jadi pengen tau vila di balikpapan tuh gimana, bisa ngeliat laut pula! PENASARAN

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bikin penasaran ya rupanya....
      :P

      Delete
    2. iya saya penasaran, hehehee. oya tentang kenaikan air, kemarin saya terima tagihan emang ada kenaikan mas dari juli, bukan perbulan sepertinya, makanya data meinya harus ada tu.hehehe

      Delete
    3. melissa orang Balikpapan juga yaa...??

      Delete
  3. Mungkin bisa ngajuin komplain dan cari tau kejelasan langsung ke PDAM nya mas... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa....
      mungkin nanti orang PDAM baca artikel ini dan memberikan jawabannya...
      :)

      Delete
  4. di bulan juli, pemakaian air kok naik 2 kali lipat bg? buat apa aja itu? main2 air?

    ReplyDelete
  5. waduh.,.,. saya tinggal di sumber rejo gan...
    kira kira beberapa km dari pusat kota balikpapan (entah berapa angkanya) :)
    ane gak pernah tuh merasakan kenaikan harga air PDAM, tetep Stabil Stabil saja gan , malah yang ane rasakan adalah kenaikan tarif dasar Listrik ; perlu agan ketahui bahwa sanya saya sampai saat ini menggunakan air yang berasal dari sebuah sumur Bor di belakang Home base ane gan....
    oh.,.,. gini gan.,.,. Mungkin karena agan tinggal di sebuah Kontrakan yang seharga puluhan juta per tahun kali... ' di coba deh agan pindah kontrakan ke sebuah villa yang berharga puluhan juta per bulan , mungkin agan tidak akan merasakan kenaikan harga Air PDAM di balikpapan ; hhahahahah (( I kidding me))....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya agan kan gak pake PDAM. jadi gak ngerasain...
      coba pake PDAM....
      kayaknya bisa dicoba tinggal di Villa dengan harga puluhan juta setahun, pasti nyesek...
      :P

      Delete
  6. waduh.,.,. saya tinggal di sumber rejo gan...
    kira kira beberapa km dari pusat kota balikpapan (entah berapa angkanya) :)
    ane gak pernah tuh merasakan kenaikan harga air PDAM, tetep Stabil Stabil saja gan , malah yang ane rasakan adalah kenaikan tarif dasar Listrik ; perlu agan ketahui bahwa sanya saya sampai saat ini menggunakan air yang berasal dari sebuah sumur Bor di belakang Home base ane gan....
    oh.,.,. gini gan.,.,. Mungkin karena agan tinggal di sebuah Kontrakan yang seharga puluhan juta per tahun kali... ' di coba deh agan pindah kontrakan ke sebuah villa yang berharga puluhan juta per bulan , mungkin agan tidak akan merasakan kenaikan harga Air PDAM di balikpapan ; hhahahahah (( I kidding me))....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya agan kan gak pake PDAM. jadi gak ngerasain...
      coba pake PDAM....
      kayaknya bisa dicoba tinggal di Villa dengan harga puluhan juta setahun, pasti nyesek...
      :P

      Delete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.