Thursday, 14 June 2012

Peluru Habis...!


sumber


Ini cerita Gus Dur tentang situasi Rusia, tidak lama setelah bubarnya Uni Soviet. Sosialisme hancur, dan para birokrat tidak punya pengalaman mengelola sistem ekonomi pasar bebas. Di masa sosialisme, memang rakyat sering antre untuk mendapatkan macam-macam kebutuhan pokok, tapi manajemennya rapi, sehingga semua orang kebagian jatah. Sekarang, masyarakat tetap harus antre, tapi karena manejemennya jelek, antrean umumnya sangat panjang, dan banyak orang yang tidak kebagian jatah.

Begitulah, seorang aktivis sosial berkeliling kota Moskow untuk mengamati bagaimana sistem baru itu bekerja. Di sebuah antrean
roti, setelah melihat banyaknya orang yang tidak kebagian, aktivis itu menulis di bukucatatannya, “roti habis.”

Lalu dia pergi ke antrean bahan bakar. Lebih banyak lagi yang tak kebagian. Dan dia mencatat “bahan bakar habis!”, kemudian dia menuju ke antrean sabun. Wah pemerintah kapitalis baru ini betul-betul brengsek, banyak sekali masyarakat yang tidak mendapat jatah sabun. Dia menulis besar-besar “SABUN HABIS!”


Tanpa dia sadari, dia diikuti oleh seorang intel KGB. Ketika dia akan meninggalkan antrean sabun itu, si intel menegur “Hey bung! dari tadi kamu sibuk mencatat-catat terus, apa sih yang kamu catat?”
Sang aktivis menceritakan bahwa dia sedang melakukan penelitian tentang kemampuan pemerintah dalam mendistribusikan barang bagi rakyat .

“Untung kamu ya, sekarang sudah jaman reformasi”, ujar sang intel, “Kalau dulu, kamu sudah ditembak”.

Sambil melangkah pergi, aktivis itu mencatat, “Peluru juga habis!

Sumber: Kumpulan Humor Gus Dur

46 comments:

  1. hhhaaa...wuu.. atuuttt, ngebayangin orde lama. udeh digantung pula jangan2 nyang nulis ini, #eh :p

    ReplyDelete
  2. hahahahahaha...

    Untung nggak nulis: "tukang tembak habis.." hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa......
      tukang tembaknya kan masih ada cm pelurunya abis....
      :P

      Delete
  3. hahaha untung pelurunya abis =D

    ReplyDelete
  4. Wah peluru habis nya mantab sob.

    ReplyDelete
  5. ahahaha... untungnya hah pelurunya habis :D

    ReplyDelete
  6. wahhh,, manteb nih sobat :))

    ReplyDelete
  7. Wah menarik sekali, dan kebetulan saja Almarhum Gus Dur adalah fave saya juga. Saya suka dengan konsep dan pemikiran beliau tentang agama dan kenegaraan

    ReplyDelete
  8. huahaha.... masalahsabun itu tadinya gue pikir... sudah abayakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa....
      dasar lu gas...
      sukanya nyabun...
      :P

      Delete
  9. salam kenal, ini pertama kalinya saya berkunjung ke blog ini…
    kalau berkenan silahkan mampir ke blog saya, follow juga boleh… :D

    ReplyDelete
  10. Ha..ha..
    Dia pasti dengan santai pergi tak menghiraukan sang intel. Karena peluru juga ikutan habis.

    ReplyDelete
  11. hahaha..endingnya lucu gan,......ahaha

    ReplyDelete
  12. ckckckc untung tuh pluru habis :)

    ReplyDelete
  13. ckckckc untung tuh pluru habis :)

    ReplyDelete
  14. nah kan senjatanya juga habis tuh..

    ReplyDelete
  15. huahahha..... reformasi menumpulkan semuanya yah? :P

    ReplyDelete
  16. eh pas pelatuk coba di teken,malah masih ada peluru satu biji jadi'a DEAD,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ga ada mas....
      sudah tak liat kok...
      :P

      Delete
  17. WAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.
    Epic. post pertama yg kubaca setelah sekian lama.
    thumbs up! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamana saja mbak....???
      :)
      apa kbr...??
      semoga dengan membaca postingan saya mbak rinz bisa semangat ngeblog lg....

      btw,,gmn kabarnya..??
      selamat ya chelsea juara champions....
      :)

      Delete
  18. haha
    pelurunya bukan habis bro, tapi karena udah jaman repormasi ini ..
    nice humor :D :D
    ini punya gus dur beneran humornya ?
    pinter juga doski

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoyoi....
      diambil dari kumpulan humor gusdur....
      :)

      Delete
  19. jaman dulu pelurunya belum habis lah :p

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.