Wednesday 18 January 2012

Tanah Grogot - Bagian I

GANTENG

Seminggu sebelum tahun baru, Dihas, Aziz (bukan gagap) dan Herdy melakukan perjalanan sejauh 225 km ke Tanah Grogot. Ini adalah perjalanan paling jauh yang pernah dilakukan Dihas tahun 2011.

Dari Balikpapan, jam 07.00, kami berangkat. Kami sarapan dahulu. Dihas pesan nasi pecel plus ayam, Aziz (bukan gagap) dan Herdy pesan nasi kuning plus ayam. Minumnya teh hangat.
BERSAMA AZIZ (BUKAN GAGAP)

Perut kenyang, siaplah perjalanan dimulai. Pertama kami harus menyeberang dahulu ke seberang dengan perahu kelotok. Perjalanan dengan perahu kelotok adalah 45 menit. Air laut yang bergelombang dan deburan ombak mengahantam kapal menambah suasana perjalanan semakin berwarna dan bersemangat.

Sampai di seberang, saatnya kami melakukan perjalanan sejauh 175 km (tahap awal). Aziz (bukan gagap) membonceng Herdy sedangkan Dihas sendirian. Perjalanan sungguh terjal, naik turun, banyak jalan berlobang dan harus menambah kewaspadaan, truk-truk bear menghimpit, mobil-mobil dengan kecepatan mengerikan dan manuver yang berbahaya. Semuanya menegangkan. Apalagi ini adalah pertama kalinya.

Kami sempat istirahat sekali untuk minum dan meluruskan punggung. Suasana sepanjang perjalanan adalah hutan dan perkampungan yang sepi.

Kami sampai di rumah bapak Idrus jam 11.00 siang. Kami langsung disambut dengan es buah. Langsung ditambah dengan hidangan makan siang berupa pecel dan mangut. Kemudian kami shalat dzuhur dijamak ashar. Rencana kami akan meneruskan perjalanan. Eh malah kami ketiduran dan baru bangun jam 16.00. kami mandi dan disajikan gorengan. Dihas dan Aziz (bukan gagap) menyusuri kota Tanah Grogot. Jalanannya bagus namun sayang sepi. Bensin langka di SPBU namun bertebaran di penjual eceran pinggir jalan.

Selesai shalat Magrib jamak Isya’, kami melanjutkan perjalanan, ditambah dengan Pak Idrus dan anaknya serta Hadi, keponakan Pak Idrus. Rencana kami melanjutkan ke rumah teman Pak Idrus, yaitu Pak Warsono. Perjalanan 2 jam, jalannya lebih rusak paarah dan lebih gelap, tidak ada lampu penerang jalan. Namun sesampainya di sana kami disambut Pak Warsono dengan makan malam dan belah duren. Asyyikkk…
J
Belah Duren

1. wah jauh juga perjalanan ya,kalau saya paling jakarta solo & jogja aja perjalanan'a
    kalau perjalanan jauh tuh paling mantap singgah diwarung makan tradisional buat icip2 makanan'a biar ada kesan atau kenangan

2. dimana tanah Grogot, ketika ke Pngkuh (Pasang kayu) aku suka nail kelotok yg menyusuri sungai yg elok

3. enak donk..belah duren.
    bagii durennyoo donk...

4. jadi pengen makan duren... jiah, laper gue

5. Dihas, ada award nih, The Seven Shadow, silakan ambil ya... :)

6. Perjalanan panjang, wah rute yang asik tuh ,,,,
    Salam.

7. aSYIKNYA... dah lama gak aek boat, pasti seru, hehe ^^

8. gak mabok laut naek perahu heheehe enak bgt ada acara belah duren >,<

9. Sing enak yo belah duren-é iku rék. Hem...pasti mangstaf.

10. pengen banget deh duren...
    bikin ngiler aja ni photo nya :) hehe
    makan bareng2 gitu emang enak yah..

salam kenal ya :)

11. waaahh, kayaknya beneran happy kalian ya has.. udah nyebrang naik perahu ee trus malamnya langsung pesta duren.. dhe aja bayanginnya, pasti seru tuh..

12. award for you bro http://joena-stan.blogspot.com/2012/01/my-first-award-seven-shadow.html

13. saya malah ngiler sama durennya.. tapi koq gak ada fotonya yah?

hehehe..

tanah grogot.. kalau tahu perjuangannya kudu pake nyebrang-nyebrang segala, harusnya yang ditemuin disana indah yaa

14. kalo pakek motor bisa pegel semua tuh badan.
    pa lagi naik vespa.
    hahahaha

15. wah dilanjut dong, pengen tahu tanah grogot kek mana..:D

16. ga ada warung tradisional mas....
    hutan...

aq kan pelaut...

iyo mas arque...

salam kenal hera...

20. hmmm gitulah mbak dhenok...

makasih mas joena...

ya hutan gitu sih mas gaphe...
    soalnya pas di perajlanan hapeku malah rusak dan ga bawa kamera..

21. iyo je mas rivai...
    :P

mas nuel ni inget banget mas jupe..
    :P

oke tungguuu saja mas adie...

22. q tinggal d grogot gan, emang sepi sich., tp itu yg bikin asyik... :p

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.