Thursday, 20 June 2013

BBM


SUMBER

Lagi musim ribut demo BBM. BBM mau naik semuanya pada demo. Belum juga jadi naik, udah demo. Emang gak bisa demonya kalau udah naik dan terbukti menyengsarakan?

BBM naik 1500 perak saja demonya udah menimbulkan kerugian ratusan juta, bahkan mungkin 1Miliar, josh pora..?

Di Kalimantan, di pedalaman, bensin sepuluh ribu seliter juga gak ada yang protes, apalagi sampai demo. Bahkan tanah mereka diangkut dan dijarah energinya yang luar biasa untuk diangkut ke Jawa. Goblokkah mereka..? TIDAAAKKK...! Mereka tidak goblok, mereka juga bukan orang kaya, tapi mereka gak bermental miskin. Beda dengan orang di Jawa yang bermental miskin padahal bukan orang miskin.

Indonesia ini kaya dengan sumber alam dan ini yang meninabobokan rakyat Indonesia. Seperti ibarat, semut mati di atas gunung gula. Gak masuk akal..! tapi kenyataannya emang itulah yang membuat mental rakyat Indonesia ini melempem, bermental pemalas yang maunya dikasih, dikasih dan dikasih.

Coba tengok Singapura, miskin sumber daya alam, namun mereka tidak bermental miskin. Mereka berusaha mencukupi kebutuhan mereka sendiri.

Saya tidak terlalu tahu secara detail bagaimana hitungan Pemerintah dalam hal untung rugi BBM. Yang saya tahu dari teman saya di pedalaman Kalimantan bahwa BBM bersubsidi banyak yang lari ke arah sektor industri bahkan mungkin ada yang diselundupkan ke luar negeri. Edaaan....!!

Kamudian kalo ada pejabat, orang terhormat DPR, dan politikus yang mengatakan kenaikan BBM tidaklah pro rakyat dan menyengsarakan rakyat kayaknya mereka perlu dicuci otaknya juga. BBM bersubsidi kerannya sudah bocor kemana-mana. Seharusnya bisa dibuat peraturan, misalnya hanya motor dengan cc tidak lebih dari 150 cc dan angkutan umum atau plat kuning isi bensin bersubsidi. Selain itu wajib hukumnya memakai bensin tidak bersubsidi. Dan satu lagi, BBM bersubsidi hanya di stock ke pompa bensin khusus motor dan plat kuning, sehingga menghindari kebocoran BBM bersubsidi kemana-mana.


Mengenai mental, jadi ingat waktu pembagian BLT. Banyak dari mereka yang mendapatkan BLT adalah orang ber-HP canggih, bersepeda motor bagus, dan minta jatah BLT. Apa mental mereka gak terlihat kere.
Ditambah lagi sewaktu pembagian tabung gas 3 kg, banyak orang rame-rame meminta jatah, bahkan mereka yang orang kaya juga ikutan minta jatah, bahkann dengan pengaruhnya ada yang minta jatah lebih. Edannnn....!! Bahkan ada tetangga yang punya judul kiyai atau  ustadz yang jual tabung gas 12 kg dan minta jatah tabung gas 3 kg. Apa gak  ingat bahwa di setiap ceramah dia sering berucap bahwa  "memakan hak orang miskin itu termasuk golongan laknatullah..."  #Mampus...

Setelah itu muncul fenomena ledakan-ledakan yang tragis. Mereka rame-rame menyalahkan pemerintah. Sebenarnya mereka tahu apa tidak, mereka nonton TV apa gak, baca berita apa gak, kita tahu bahwa di setiap ledakan pasti tidak ada tabung gas yang meledak. Ledakan disebabkan pada kebocoran selang atau regulator-nya. Masak juga kompor dan tabungnya sudah gratis, kemudian selangnya juga minta gratis. Teknisnya sih setahun sekali selang diganti. Masak juga menyisihkan 50ribu buat ganti selang gak bisa sedangkan beli rokok sehari sebungkus bisa.  #Gobloka gak..?

Melihat temen dengan gadget mahal, dan jumlahnya berbiji-biji sampe ada yang lima biji tapi bilang hidupnya pas-pasan, susah, dan kadang harus utang. Melihat diriku dengan HP murahan dan bisa setiap hari kenyang dan punya sesuatu untuk ditabung membuat hidupku harus disyukuri.  #Amiiin....

Intinya jangan mengeluh dengan keadaan, sikapi keadaan dengan bijak. Semua ada hikmahnya. Tidak ada nikmat Tuhan yang tidak layak disyukuri.



40 comments:

  1. lagi2 pemerintah salah kaprah... harusnya yang ditindak itu yang suka belim BBM bersubsidi, bukannya harganya yang dinaikin... atau sengaja bikin kebijakan model begini, karena tahu dirinya gak akan bisa nyalonin lagi? hahaha... makanya bbikin kebijakan yang ga pro.... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sama komen kakak immanuel di atas deh. sip banget :D

      Delete
    2. mungkin ga mau repot jadi dipukul rata terus yg masuk monitor BLSM dapet duit BLSM.....
      :)

      Delete
  2. saya sampai sekarang belum dapat undangan untuk dapat BLSM itu, harus lapor ke mana ya?

    ReplyDelete
  3. Bener sob demo duluan tapi belum pasti apa yang dia dapat. Inilah potret kehidupan bangsa Indonesia, perlu di benahi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaaa....
      tp gak papa kok demoa asal teratur dan aman...
      :)

      Delete
  4. emang mengeluh tidak boleh, mesti tetep semangat. dan gerakan masyarakat untuk menolak kenaikan BBM itu bukan berdasar keluhan2 alay, gak berdasar,a tau sekedar pake perasaan, tapi berdasar analisa yg jelas, dasar hukum yg kuat. bahwa segala kekayaan indonesia di darat-laut itu jelas untuk kesejahteraan rakyat, dan ini amanat undang2, ada juga dalam pembukaan proklamasi. lah kalo subsidi disalahgunakan, seperti iklan2 layanan masyarakat yg dibuat bberapa menteri, ada di tipi, bahwa selama ini subsidi bbm banyak dinikmati oleh orang2 kaya dg kendaraan mewah dan ber-cc besar, berarti ini kembali menunjuk hidung pemerintah sendiri, bahwa pemerintah tidak mampu membuat aturan yg tegas siapa yg berhak mendapat subsidi BBM.

    lihat saja, masih banyak kendaraan mewah, ber-cc besar ngantri di premium. mobil plat merah aja masih pake premium, padahal kata pak beye, plat merah gak boleh pake premium, alias mesti pake pertamax. itu sebabnya renald khasali dalam opininya di kompas mengatakan : gus dur dalam 2 tahun mampu melakukan 10 perubahan, tapi pak beye 10 tahun baru bisa melakukan 2 perubahan. itu sebabnya, saya juga menolak kenaikan BBM. walau sudah diketok palu di APBN-P, BBM pasti naek. hanura, pdip, pks hanya kalah voting, tapi tidak kalah secara moral ntuk membela rakyatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bener partai membela rakyat, saya sih kurang percaya jika niat mereka setuus itu, namanya juga politik, orang impor daging sapi saja bisa dimaenkan, itu kan untuk esejahteraan rakyat, nah kalo mahal..??

      well, hidup adalah mencari kebahagiaan, mulailah bahagia dengan hal2 kecil...
      :)
      asal jangan bahagia di atas penderitaan orang lain...
      :P

      Delete
  5. oke bang, aku bisa dapat feel abg di tulisan ini, bener bener geram sama rakyat yang mentalnya kayak kacang, gitu kan?

    sukses ya PPC chitikanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalo mentalnya jelek, kasihan pemimpin bangsa ini, ya ta..?

      semoga sukses chitikanya...
      amiin

      Delete
  6. Mereka semata-mata demo bukan naiknya bbm saja. Tapi ada permainan dibalik penarikan subsidi bbm. subsidi dialihkan biasanya ada ladang untuk korupsi kawan. Itulah kata petinggi organisasi yang menggerakkan massa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gak tau, tp emng anggaran negara sudah jebol kok buat subsidi bbm...
      lg pula menyejahterakan rakyat ga harus pake bbm, yang penting adalah pendidikan....
      kalo anda demo dan merusak fasilitas, tentu akan ada ladang buat korupsi juga kan buat bangun lg fasilitas yg udah dirusak, mungkin pemikiran pemimpin demonya ga sampe situ juga kali yaa....

      Delete
  7. BBM-an nya Blackberry Massenger, kayaknya lebih asik deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa.....
      kayanya iya gitu deh mbak,,heheee...

      Delete
  8. bingung saya kalo ngebahas ini.. jalan kaki sajalah :D .

    ReplyDelete
  9. Kalau BLT saya memang agak kurang sreg, cuz jadinya sama saja mendidik bangsa menjadi generasi 'penadah'. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan yang lebih bermanfaat bukan hanya dalam beberapa saat uang itu keluar tapi lebih ke menjamin kelayakan hidup. Tapi memang sukar kalau pendidikan gak digalakan. SDM-nya kita yang kurang sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget bang....
      :)
      itulah yg harusnya diubah...

      Delete
  10. ini pas banget topik postingannya, malem ini lagi rame noh di pom bensin lagi antri. heran kayak besok kiamat aja dan ga bakal beli beli lagi. bikin macet antriannya dasar orang kampung. *emosi

    ReplyDelete
  11. ini pas banget topik postingannya, malem ini lagi rame noh di pom bensin lagi antri. heran kayak besok kiamat aja dan ga bakal beli beli lagi. bikin macet antriannya dasar orang kampung. *emosi

    ReplyDelete
  12. pas banget topiknya bbm. ini malem lagi ribut orang antri di pom bensin
    kayak besok kiamat aja terus ga bakal beli beli lagi, dasar orang kampung, bikin macet jalanan, orang mau pulang cepet jadi terhambat.

    belom lagi mahasiswa mahasiswa dongo yang demo ga tau aturan. ngerusak fasilitas umum,
    *emaap emosi hahaha

    ReplyDelete
  13. sekarang mah, orang kaya suka ngaku sebaliknya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp juga kadang orang sebaliknya ngaku orang kaya kok...
      eh bukan, berlagak kaya...
      :P

      Delete
  14. pas awal-awal baca jadi mikir, kayaknya pernah baca, ternyata memang dari blognya kang Rawins tho ...
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener kang, saya baca terus saya tulis ulang...
      melatih ingatan...
      :P

      Delete
  15. Saya termasuk yang berpartisipasi dalam antrian BBM, hingga gak bisa konsen ngeblog heheheh..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh masnya ini...
      emng dapet berpa drum mas...?
      :P

      Delete
  16. izin nyimak sOb,,,,
    gembar gembor tolak BBM akhirnya toh naik jga,,,,,

    mOga rizki kita semua lancar,,,
    amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin semoga mahal ga BBM kita tetep makan nasi...
      :)

      Delete
  17. kapan mental bangsa indo bisa semaju mental negara lain? *prihatin* -___-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimulai dari mental kita sodara-sodara....
      :)

      Delete
  18. .. kangen ma Indonesia jaman dahulu. huhh ..

    ReplyDelete
  19. Yah untung saya tidak punya kendaraan bermotor. Kemana mana naik transportasi umum. Tapi ujung ujung nya juga rugi karena ongkos transportasi umum jadi naik. Ah, pemerintah kita memang jago dalam naik-menaikkan harga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana kalo angkutan umum disubsidi sehingga yang punya mobil sama motor yang kena dampaknya...
      setuju gak..?
      :P

      wong beli mobil/motor mampu kok isi bensin ga bisa,,,,

      Delete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.