Thursday, 24 February 2011

Upsss... Kejaksaan Selidiki Buku SBY!


MAGELANG, KOMPAS.com - Kejaksaan Negeri Kabupaten Magelang saat ini tengah menyelidiki pengadaan buku dari dana alokasi khusus (DAK) di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang menghabiskan anggaran Rp 77 miliar. Dalam proyek pengadaan buku tersebut, diduga terjadi penyimpangan anggaran karena banyak buku ternyata tidak sesuai dengan permintaan dan kebutuhan sekolah, termasuk buku-buku seri tentang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala Kejari Kabupaten Magelang Martini saat ditemui, Rabu (23/2/2011) kemarin, mengatakan, tahap penyelidikan tersebut baru dimulai Senin (21/2/2011) lalu. Kasus ini terungkap setelah adanya temuan dan laporan di sejumlah sekolah tentang adanya buku-buku Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai buku yang tidak sesuai dengan permintaan sekolah.

"Kami masih berupaya mengumpulkan bukti-bukti dan keterangan menyangkut dugaan penyimpangan anggaran tersebut," ujarnya.

Menurut Martini, buku-buku tentang SBY tersebut terdapat di lebih dari 100 SD dan SMP, penerima paket buku dana alokasi khusus (DAK). Dalam kesempatan yang sama, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Cinta Indonesia Cinta KPK (Cicak) Magelang juga mendesak kejaksaan untuk memproses hukum temuan buku-buku seri SBY ini dengan cepat.

Koordinator Gerakan Cicak, Bintoro Dwi Prasetyo, mengatakan, selain terindikasi menyelewengkan uang negara, buku- buku tersebut merupakan alat propaganda politik tebar pesona, yang sangat tidak layak dikonsumsi sebagai bahan referensi pembelajaran.

"Karena sangat berbau politik, lebih baik buku tersebut diedarkan di toko buku dan tidak dimasukkan sebagai buku perpustakaan sekolah," ujarnya. (EGI)

7 Alasan Mengapa Wanita Harus Menjaga Keperawanan sampai Menikah


Kenapa wanita harus tetap perawan sampai menikah? Untuk pertanyaan ini sepertinya banyak sekali jawaban yang dapat diberikan, semua tergantung atau kembali kepada individu masing-masing. Beberapa alasannya bisa seperti di bawah ini.

1. Sex Pra Nikah menyebabkan kamu akan dihantui perasaan bersalah
Sekali kamu melakukannya dan meskipun mungkin tidak ada seorangpun yang tahu, rasa bersalah akan selalu menghantui. Bahkan bisa jadi kamu akan menjadi benci pada dirimu sendiri karena tidak bisa menolak tekanan untuk melakukan hubungan sex. Perasaan seperti ini memang tidak mendominasi, tapi biasanya akan selalu muncul setiap waktu dan akan selalu menjadi bagian darimu.

2. Karena kamu bisa menjadi “sexual person“ dan segala sesuatunya tidak akan pernah lagi sama seperti semula
Seperti kalau pernah mencoba sesuatu benda additif lainnya, maka ada saatnya rasa kepingin atau ketagihan akan datang. Akibatnya, pikiran akan dipenuhi dengan sex dan menggangu konsentrasi untuk hal lainnya.
Dengan kata lain : dewasa sebelum waktunya.

3. Sex Pra Nikah akan mengubah cara pandangmu tentang sex – selamanya
Sex seharusnya sesuatu yang sakral dan menjadi sangat indah jika dilakukan oleh pasangan suami istri. Tapi jika dilakukan sebelum menikah, maka bisa jadi sex berubah menjadi sebagai suatu yang “kotor” dan terlarang. Cara pandang ini bisa terus tertanam di benak kamu, bahkan setelah kamu menikah nantinya. Sayang kan ?

4. Kamu akan sulit lepas dari “the first one”
Biasanya cewek merasakan ikatan yang sulit dilepas dengan cowok yang telah dia berikan virginitasnya. Ini tidak ada hubungan dengan ketakutan kalau-kalau tidak ada cowok lain yang akan menerima dia sesudah tidak virgin. Ini masalah psikologis. Padahal, cowok belum tentu merasakan hal yang sama.

5. Karena hubungan pacaran kamu bisa berubah menjadi “all about sex“
Pasangan pranikah yang telah melakukan hubungan sex biasanya akan selalu mempunyai hidden agenda. Kapan dan dimana akan melakukannya…. Tidak jarang karena jadwal rahasia ini mereka harus berbohong, kepada siapa saja. Bentuk-bentuk perhatian akan menjadi bias. Apakah benar-benar tulus atau karena cuma sex. Bahkan terkadang sedang berantem hebat pun akan langsung baikan cuma gara-gara sex, dan melupakan masalah sesungguhnya.

6. Sex Pra Nikah, maka kamu tidak akan pernah menikmati surganya bulan madu
Karena sudah biasa melakukan hubungan sex pra nikah, maka bulan madu yang mestinya asyik dan romantis, bakal jadi seperti liburan biasa. Tidak akan pernah ada sesuatu yang berkesan untuk seumur hidupmu.

7. Karena kamu bisa menjaga reputasi dan tidak mau “nyesel” di kemudian hari
Hampir bisa dipastikan, teman-temannya akan tahu jika seorang cowok telah melakukan hubungan sex dengan pacarnya. Jadi ini merupakan rahasia………….umum.

from: http://terselubung.blogspot.com/2011/02/7-alasan-mengapa-wanita-harus-menjaga.html

Tuesday, 22 February 2011

Importir Film Tunggak Royalti sejak 1995


JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil audit yang dilakukan pemerintah pada tahun 2010 menunjukkan bahwa seluruh importir film menunggak bea masuk atas hak royalti dan bagi hasil sejak tahun 1995. Atas dasar itu, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sudah menyampaikan surat tagihan kepada importir film, tetapi hingga saat ini belum ada penyelesaian.

”Akan tetapi, karena ini menyangkut informasi yang bersifat pribadi pada perusahaan-perusahaan yang mengimpor film itu, jumlah tunggakan royaltinya tidak bisa kami publikasikan. Jika mereka (importir) tidak bersedia membayar, itu hak mereka. Kami menunggu laporan mereka tentang mengapa tidak setuju dengan tagihan itu,” ujar Direktur Teknis Kepabeanan Heri Kristiono di Jakarta, Senin (21/2/2011).

Menggunakan aturan WTO

Menurut Heri, tidak ada kebijakan baru atau perubahan tarif bea masuk atas film impor. Pemerintah masih menggunakan Perjanjian Penilaian Organisasi Perdagangan Dunia (WTO Valuation Agreement). Perjanjian ini sudah diratifikasi dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1994 dan diadopsi pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995. Undang-undang tersebut sudah diubah dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan, yang mengatur nilai pabean.

”Dalam aturan itu ditegaskan bahwa bea masuk dapat dibebankan pada harga cetak salinan film yang diedarkan, hak royalti (yang dibayar importir kepada produsen film di luar negeri), dan bagi hasil (antara importir film dan produsen film). Itu sudah sesuai dengan WTO Valuation Agreement,” ujarnya.

Namun, ujar Heri, berdasarkan hasil audit yang dilakukan pada tahun 2010, diketahui bahwa importir film itu hanya membayar bea masuk berdasarkan harga cetak salinan film. Sementara bea masuk atas dasar hak royalti dan bagi hasil sama sekali belum dibayar. Dengan demikian, muncul kurang bayar (tunggakan) bea masuk atas hak royalti dan bagi hasil sejak tahun 1995.

Besar tarif yang diberlakukan dalam penagihan bea masuk, baik atas harga cetak salinan film, hak royalti, maupun bagi hasil, sebesar 10 persen. Sementara tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen dan tarif Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 impor sebesar 2,5 persen.

Sementara itu, penataan film di Indonesia dengan menurunkan pajak produksi film dalam negeri dan menaikkan pajak film impor ditargetkan selesai dalam satu bulan mendatang. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik menegaskan hal tersebut di sela-sela rapat kerja pemerintah di Bogor. (OIN/WHY)

Maen ke Borobudur


Teman-teman semua, kali ini admin, saya sendiri ingin berbagi pengalaman berkelana di Borobudur World Heritage Area, di Kawasan Borobudur. Pengelanaan ini dilakukan admin bersama ketiga teman admin, mereka adalah Wawan, Yoga dan Lutfi.
Semua orang pasti mengetahui bahwa di Borobudur bersemayam sebuah Candi Budha Terbesar di dunia, Candi Borobudur. Candi ini merupakan wujud master piece dan bukti kecerdasan orang jawa. Dipercaya bahwa orang yang mendesain Candi Borobudur adalah berasal dari Jawa. Namun yang pasti yang membangun pasti nenek dan kakek moyang bangsa Jawa saat ini.
Namun saat ini, admin tidak menceritakan pengalaman berkunjung ke Borobudur namun kunjungan admin di desa Borobudur, desa admin sendiri.
Kami berempat mencoba melihat Candi Borobudur dari sisi lain, tepatnya dari atas bukit. Bukit tersebut adalah Punthuk Situmbu. Dari lokasi Candi Borobudur, hanya sekitar 20 menit perjalanan (naik motor) dan 10 menit berjalan kaki, yaitu saat mendaki bukit ini.

Lutfi

Wawan

Yoga

Dihas

Saat yang paling indah adalah mendaki Punthuk Situmbu di waktu subuh, sebelum matahari terbit. Sehingga kita aka dapat mempunyai momen untuk melihat matahari terbit di atas Punthuk Situmbu. Orang Bule bilang “sunrise”.
Nah, inilah foto-foto perjalanan admin bersama teman admin.

Borobudur dari Situmbu













Friday, 18 February 2011

149 Pabrik Rokok Ditutup Paksa

MALANG, KOMPAS.com — Sebanyak 149 pabrik rokok yang beroperasi di Kabupaten Malang ditutup paksa karena melakukan pelanggaran, di antaranya menggunakan cukai palsu.
  
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar Kabupaten Malang Syakur Kullu, Rabu, mengakui, dari total 374 pabrik rokok yang beroperasi di wilayahnya (data tahun 2008), saat ini hanya tinggal 206 PR.
  
"Pemerintah terpaksa mencabut izin dan menutup 149 PR itu karena telah melakukan pelanggaran penggunaan cukai palsu," katanya.
  
Selain mencabut izin dan penutupan secara paksa, katanya, 19 PR lain juga tutup dengan sendirinya (otomatis) karena pemilik PR tidak lagi mengurus dan memperpanjang nomor pokok pengusaha barang kena cukai (NPPBKC).
  
Padahal, lanjutnya, saat ini pihaknya tengah gencar melakukan pemantauan terhadap industri rokok untuk diberikan suntikan dan pembinaan terkait realisasi dari penggunaan dana bagi hasil cukai rokok dari pemerintah pusat sebesar Rp 26,63 miliar dan untuk pos Disperindagpasar sebesar Rp 2,8 miliar.
  
Dana yang dikucurkan untuk Disperidagpasar, kata Syakur, di antaranya akan digunakan untuk pengembangan dan pembinaan PR dengan melakukan pengawasan ketat agar pabrik-pabrik yang ada di Kabupaten Malang tidak menggunakan pita cukai palsu yang merugikan PR bersangkutan.

Fakta - Fakta Aneh di Balik Kerajaan Saudi


Saudi Arabia mengalir dengan riak tenang yang mempunyai gelombang besar di dalamnya, dan ditutup dengan arus kecil, seolah-olah semuanya baik-baik saja. Dibandingkan dengan negara-negara Arab lainnya, dari segi apapun, Saudi aman terkendali. Pemasukannya per tahun terus meningkat, atau paling tidak cenderung stabil, dan untuk beberapa puluh tahun ke depan, mereka tak akan terpengaruh dalam perangkap krisis ekonomi global. Jamaah haji yang sudah dipastikan membanjir bagai air bah setiap tahun merupakan salah satu jaminan besar, selain juga kekayaan minyak bumi yang berlimpah. Hingga tak heran, anak muda Saudi mayoritas berpikiran tak perlu harus bekerja keras atau belajar dengan susah payah.

Toh semua itu tak menyembunyikan gejolak yang semakin panas di negara itu. Di satu sisi, para pemuda Saudi telah sedikit berani membuat riak-riak kecil. Mereka telah sadar bahwa selama ini, sejak bertahun-tahun lamanya, raja mereka—siapapun yang sedang berkuasa—telah mengebiri gerakan dan perkembangan Islam yang justru mereka lihat di negara-negara lain.

Ada ketertarikan yang besar pada sebagian pemuda Saudi untuk belajar mengenal gerakan Islam. Di negara itu, bayangkan, kerumunan lebih dari 10 orang akan selalu menjadi masalah. Apalagi di dalam masjid. Pada awalnya, para pemuda ini masih mau mengunjungi ulama-ulama yang mereka percayai seperti Shaykh ‘Ali al-Khudhayr, Shaykh Nasir al-Fahd dan Shaykh Ahmad al-Khalidi. Namun seiring perkembangan yang cenderung makin membesar, maka semua ulama itu dibekuk pemerintah, dan dijebloskan ke dalam penjara dengan waktu yang tidak ditentukan. Dalih penangkapan itu adalah ketiga ulama ini merupakan pentolan kelompok Al-Muwahhidden, yang mempunyai banyak persenjataan dan bom. Para Syeh ini sampai detik terakhir mereka diringkus, membantah tuduhan tersebut.

Para pemuda Saudi berada dalam ketakutan dan kebingungan pada waktu yang bersamaan. Mereka sama sekali tidak mempunyai pengalaman menghadapi opresi penguasa. Otomatis mereka tidak lagi mempunyai tempat yang layak untuk bertanya. Mereka ketakutan karena peristiwa penangkapan itu bisa terjadi pada mereka. Bingung karena tak ada pula pengalaman terhadap konspirasi besar.

Mengapa Saudi sangat membatasi gerakan-gerakan Islam bahkan boleh dibilang memberangusnya? Ada beberapa fakta yang menarik untuk disingkap:

1. Rejim Saudi, seperti juga sebagian besar negara-negara Arab lainnya, adalah pemerintahan yang menyatukan antara yang benar (haqq) dan salah (batil). Aspek Haqq Saudi hanya bisa kita lihat dari simbol-simbol yang mereka pakai; bendera Saudi, klaim negara Islam, dan penerapan Syariah. Namun, di balik itu sebenarnya Saudi juga tak berbeda dengan negara sekuler lainnya.

2. Beberapa tahun sebelumnya, Saudi menggandeng Inggris untuk sama-sama memberantas gerakan Ikhwan di negaranya itu. Seorang anggota kerajaan pernah mengungkapkan hal ini. Sekarang, bukan rahasia lagi kalau Saudi akrab dengan AS. AS sudah dijadikan sebagai pelindung Saudi.

3. Komite Tetap Saudi (al-Lajnah ad-Da’imah) mengeluarkan fatwa: “Siapapun yang tidak membedakan antara Yahudi dan Kristen dan orang kafir lainnya dengan bangsa Muslim kecuali karena kebangsaannya, dan menganggap semua penguasa sama, maka dia adalah kafir.” Sebuah fatwa yang sesungguhnya membuat banyak orang berkerut dahi, namun efektif dalam meredam masyarakat Saudi. Karena, bukankah pemerintah Saudi sendiri persis seperti itu?

4. Perempuan Saudi tidak boleh menikah dengan laki-laki yang bukan dari Saudi. Dan seorang laki-laki Saudi tidak boleh menikah di luar Saudi kecuali sudah memenuhi persyaratan umur. Sebuah peraturan yang dibuat-buat karena Islam sendiri tidak cupat seperti ini.

5. Ribuan orang terbantai di negara-negara Muslim di wilayah Arab, tapi apa yang dilakukan oleh pemerintah dan rejim Saudi? Tidak ada. Rejim Saudi hanya menyuruh para Syeikh-nya untuk berdoa untuk umat Islam, dan masyarakatnya dianjurkan untuk mengumpulkan dana bantuan yang disebarkan ke seluruh Dunia, utamanya untuk pembangunan masjid. Maka jangan heran, jika di sebuah pelosok terpencil di Indonesia misalnya, bisa ada sebuah masjid besar yang megah dengan tulisan di peresmiannya: “Sumbangan dari (kerajaan) Saudi…”

6. Saudi membangun hubungan diplomatik dan non-diplomatik dengan negara-negara yang jelas telah membantai umat Islam dalam jumlah yang luar biasa banyak. Dalam hal ini yang mempunyai hubungan harmonis dengan Saudi adalah India, Russia, Filipina, Amerika (tentu saja!), Cina, dan Israel.

7. Amerika mempunyai basis militer di Saudi, dan pemerintah Saudi melarang rakyatnya yang mendoakan keburukan untuk Amerika di masjid-masjid di negara itu.

8. Rejim Saudi juga membantu dan mendirikan saluran-saluran TV yang banyak sekali saat ini. Selain TV, mereka juga membantu pendanaan media-media internasional.

9. Keluarga kerajaan Saudi tidak boleh dihina oleh siapapun. Jika ada yang melakukannya, maka akan dikenakan hukuman yang berat, bahkan dihukum mati. Tapi pemerintah Saudi tidak peduli kepada para pelaku yang menghina Allah dan agamaNya. Misalnya saja, seorang Saudi zindiq, Turki al-Hamd menulis sebuah buku berjudul “al-Karadeeb” dan di dalamnya terdapat kalimat “Jadi, Allah dan setan adalah dua wajah dengan satu penemuan”, tidak dikenakan hukuman apapun, dan bukunya yang penuh dengan cerita kekafiran beredar bebas di negara itu.

Pita Cukai Palsu Rp 8,5 Miliar Dibongkar

SURABAYA, KOMPAS.com — Jaringan pembuat dan pengedar rokok palsu yang dipasangi pita cukai bekas berhasil dibongkar di Sidoarjo, Jawa Timur. Pemalsuan rokok dikendalikan dari Perumahan Graha Candi Mas, Sidoarjo, oleh tersangka JTA, sedangkan rokok diproduksi di Dieng, Pasuruan. Total nilai pita cukai yang dipalsu mencapai Rp 8,5 miliar.

Menurut Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Jatim I, Hari B Wicaksono, tersangka JTA mengakui kegiatan ilegalnya itu sudah berlangsung dua tahun.
"Sejak tahun 2008, industri rokok palsu ini telah memproduksi dan memasarkan 17.280 bale rokok atau sebanyak 3,5 juta bungkus rokok senilai Rp 5,8 miliar. Rokok-rokok itu ditempeli dengan pita cukai rokok bekas. Total nilai cukai yang seharusnya dibayar Rp 8,57 miliar," kata Hari di Surabaya, Selasa (20/4/2010).
Menurut Hari, tersangka mendapatkan pita-pita rokok bekas dengan membeli dari pengepul seharga Rp 300 per lembar. Pita-pita cukai rokok bekas kemudian ditempelkan pada rokok-rokok produksi mereka. Mereknya, antara lain, LC, Bamboo, 181, 7, Permata, BE, Top 9, Nine, Mentari, dan R Mild.
Perbuatan memproduksi dan menjualbelikan rokok dengan pita cukai bekas melanggar ketentuan Pasal 54, 55, dan 56 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 dengan ancaman pidana penjara minimal satu tahun dan maksimal delapan tahun.
Selain itu, pelaku juga diancam pidana denda paling sedikit 10 kali nilai cukai dan paling banyak 20 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

Presiden Iran

 
Benarkah Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad adalah presiden termiskin di Dunia? Jawabannya bisa ya dan bisa tidak. Dijawab ya, karena memang dialah presiden di Dunia dengan kekayaan sebagai berikut: kekayaan dan propertinya terdiri dari sedan Peugeot 504 tahun 1977 dan sebuah rumah sederhana warisan ayahnya 40 tahun yang lalu di sebuah daerah kumuh di Teheran!

Kalau dijawab tidak, maka dialah presiden di Dunia tempat paling kaya bagi banyak pejabat negara manapun untuk "bercermin" alias introspeksi diri. Banyak masyarakat menginginkan pejabat-pejabat di negaranya untuk berprilaku sebagaimana Ahmadinejad, "meminjam" cermin Ahmadinejad untuk melihat diri mereka. Dan setelah bercemin kepada pribadi presiden tersebut mereka pun lalu hendaknya menjadi pejabat yang sangat sederhana dan "amanah" dalam pengertian kasat mata.

"Ketika bercermin, saya melihat orang di dalam cermin itu dan mengatakan kepadanya: Ingat, kau tak lebih dari seorang pelayan, hari di depanmu penuh dengan tanggung jawab yang berat, yaitu melayani bangsa Iran," kata Ahmadinejad ketika diwawancarai TV Fox (AS).

Gambaran tentang Ahmadinejad, memang membuat orang ternganga dan terheran-heran. Lebih dari ternganga, mungkin banyak pejabat kita yang "terpelongo". Apakah masih ada "manusia" seperti dia? Seorang presiden di suatu negara pastilah akan merasa "gerah" setrelah mengetahui kehidupan presiden Iran yang namanya mendunia ini. Apalagi jika presiden itu diminta pendapatnya untuk mau mengikuti gaya hidup Ahmadinejad.

Yang membuat orang terpelongo adalah saat pertama kali menduduki kantor kepresidenan, ia menyumbangkan seluruh karpet istana Iran yang sangat tinggi nilainya kepada masjid di Teheran dan menggantikannya dengan karpet biasa yang mudah dibersihkan.

Di istana, ada ruangan yang sangat besar untuk menerima dan menghormati tamu VIP, lalu ia memerintahkan untuk menutup ruang tersebut dan memintan pada protokoler untuk menggantinya dengan ruangan biasa dengan dua kursi kayu yang sederhana tetapi terlihat impresif.

Pertama kali menjabat presiden Iran yang langsung dilakukannya adalah mengumumkan kekayaannya tadi, yang sama sekali tak sebanding dengan lazimnya kekayaan seorang pejabat di negara-negara lain umumnya. Jangankan dibandingkan dengan presiden, dengan anggota legislatif di Indonesia pun ia "tak layak diperbandingkan". Padahal, kalau dilihat dari sisi reputasi, ia adalah salah satu pemimpin Dunia yang amat berpengaruh dalam percaturan Dunia saat ini. 

Sebagai presiden, ia masih tinggal di rumahnya. Di banyak kesempatan ia menyempatkan diri bercengkerama dengan petugas kebersihan di sekitar rumah dan kantor kepresidenannya.

Rekening banknya pun bersaldo minimum, dan satu-satunnya uang masuk baginya adalah uang gaji bulanannya. Gajinya sebagai dosen di sebuah universitas hanya senilai US$250.

Lalu, apakah yang sebenarnya ingin dikejar Ahmadinejad dengan menampilkan diri menjadi presiden sebuah Negara yang sangat penting secara strategis, ekonomis, politik dan pertahanan di kawasan Arab dan bahkan Dunia itu?

Presiden ini malah tidak mengambil gajinya, alasannya adalah bahwa semua kesejahteraan adalah milik negara dan ia bertugas untuk menjaganya.

Satu hal yang membuat kagum staf kepresidenan adalah tas yg selalu dibawa sang presiden tiap hari yang selalu berisikan sarapan roti isi atau roti keju yang disiapkan istrinya dan memakannya dengan gembira, ia juga menghentikan kebiasaan menyediakan makanan yang dikhususkan untuk presiden.

Hal lain lagi yang ia ubah adalah kebijakan Pesawat Terbang Kepresidenan. Ia mengubahnya menjadi pesawat kargo sehingga dapat menghemat pajak masyarakat dan untuk dirinya, ia meminta terbang dengan pesawat terbang biasa dengan kelas ekonomi.

Ia juga menghentikan kebiasaan upacara karpet merah, sesi foto, atau publikasi pribadi, atau hal-hal seperti itu saat mengunjungi berbagai tempat di negaranya.

Saat harus menginap di hotel, ia meminta diberikan kamar tanpa tempat tidur yang tidak terlalu besar karena ia tidak suka tidur di atas kasur, tetapi lebih suka tidur di lantai beralaskan karpet dan selimut.

Ia kerap mengadakan rapat dengan menteri-menterinya untuk mendapatkan info tentang kegiatan dan efisiensi yang sudah dilakukan, dan ia memotong protokoler istana sehingga menteri-menterinya dapat masuk langsung ke ruangannya tanpa ada hambatan.

Saat ia meminta menteri-menterinya untuk datang kepadanya, mereka akan menerima sebuah dokumen yang ditandatangani yang berisikan arahan-arahan darinya, arahan tersebut terutama sekali menekankan mereka untuk tetap hidup sederhana dan disebutkan bahwa rekening pribadi maupun kerabat dekatnya akan diawasi, sehingga pada saat mereka akan berakhir masa jabatannya dapat meninggalkan kantornya dengan kepala tegak.

Apakah Ahmadinejad ingin menyindir banyak pejabat di seluruh Dunia dengan berperilaku seperti itu atau ingin merendahkan posisi presiden?

Presiden Iran ini memang membuat orang terpelongo dan foto-foto kesederhanaan dirinya menyebar ke banyak negara termasuk Amerika Serikat yang amat memusuhi program-program pertahanan Iran di bawah kepemimpinannya.

Yang paling dipujakan orang terhadapnya adalah prilakunya di dalam mesjid. Dalam hal bermakmum dalam sholat, Anda akan sering melihat bahwa seorang presiden tidak duduk di baris paling muka. Pada kesempatan apa pun, ketika suara azan berkumandang, ia langsung mengerjakan sholat di mana pun ia berada meskipun hanya beralaskan karpet biasa. Tidak heran, ada sebuah foto Ahmadinejad sedang duduk melaksanakan sholat di pinggir sebuah jalan hanya beralasakan kain!

Ketika dia mengadakan hajatan besar yaitu menikahkan puteranya, pernikahan putra presiden itu tak menghabiskan milyaran rupiah seperti ketika putra seorang menteri di Indonesia menikah. Pernikahan itu, penikahan seorang putra presiden negara sestrategis seperti Iran, hanya layaknya pernikahan anak seorang kaum buruh.


Ada sebuah kuis: Apakah Anda seorang pejabat yang sanggup �meminjam cermin" Ahmadinejad, lalu mau "berprilaku miskin namun kaya hati, sekaya Ahmadinejad"? (W/Yunizar Nassyam)




sumber: info-unik-dunia.blogspot.com

Kebenaran Ramalan Casillas 17 Tahun Lalu


MADRID, KOMPAS.com Kiper Real Madrid, Iker Casillas, mengatakan, dia sudah bisa memprediksi sejak awal akan menjadi pilihan utama "Los Blancos". Hebatnya, prediksi itu ia buat saat masih berusia 12 tahun.
Casillas saat ini berumur 29 tahun. Artinya, dia membuat prediksi itu 17 tahun lalu.
"Aku selalu tahu akan mendapatkan posisi di tim utama, bahkan sejak aku berusia 12 atau 13 tahun. Aku teringat saat berdiri di Castellana Avenue dengan ayahku dan melihat Santiago Bernabeu. Aku berkata kepada diriku sendiri, 'Suatu saat aku akan bermain di sana. Aku akan bermain di Santiago Bernabeu,'" cerita Casillas saat diwawancarai Realmadrid TV.
"Ketika menonton Madrid melawan Athletic Bilbao atau Real Sociedad, aku tahu suatu saat nanti akan mendapatkan kesempatanku," tambahnya.
Mimpi dari Casillas memang terbukti. Kini, ia menjadi andalan "Los Blancos" di bawah mistar gawang. Sejak tahun 1999, ia sudah bermain 408 laga bersama Madrid. Catatan fantastis ia buat tahun 2000. Ia menjadi kiper termuda yang tampil di final Liga Champions. Prestasi itu makin berwarna saat Madrid berhasil meraih gelar juara dan menekuk Valencia dengan tiga gol tanpa balas.
Bersama Madrid, sudah banyak gelar yang ia rasakan, mulai dari gelar domestik hingga kancah internasional. Kariernya makin sempurna dengan menjadi kiper utama di tim nasional Spanyol. Gelar pun makin lengkap saat Casillas berhasil membawa Spanyol juara Piala Dunia 2010. Sayang, dari segi individual, ia belum pernah mengecap gelar pemain terbaik dunia.

Sindikat Pemalsu Pita Cukai Dibekuk


JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah sindikat pemalsu pita cukai palsu yang selalu berpindah-pindah tempat dibekuk aparat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Dalam penggerebekan tersebut, petugas menyita sekitar 1,39 juta keping pita cukai palsu ketika sindikat ini membuka basis produksinya di Pademangan, Jakarta Utara.
Direktur Jenderal Bea dan Cukai Thomas Sugijata mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Jumat (18/2/2011). Menurut Thomas, sindikat tersebut dibekuk pada 11 Februari 2011. Untuk menyulitkan pengawasan aparat, sindikat ini kerap berpindah tempat setiap 2-3 bulan, terakhir di Pademangan. Bahkan, untuk mengelabui petugas, mereka membuat tempat operasi dikamuflase sebagai kantor pengacara.
Dalam penggerebekan tersebut sebanyat tiga tersangka berinisial ARC, SRM, dan HNR ditahan. ARC tergolong sangat ahli dalam pembuatan pita cukai, termasuk pembuatan hologramnya.
"Dengan penyitaan pita cukai palsu itu, negara berpotensi dirugikan sekitar Rp 4,14 miliar. Selain itu, setiap bulan sekitar 5,6 juta keping pita cukai palsu dicetak dengan potensi kerugian negara lebih dari Rp 16 miliar," ujar Thomas.
ARC diduga beroperasi sejak 2007 dan masuk daftar pencarian orang. Akibat operasi selama tiga tahun itu, kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 576 miliar.

Kisah Pembuat Antivirus dari Bojongsoang


KOMPAS.com — Dari lima anak berbakat di bidang IT yang memaparkan karyanya di Aula Timur ITB, Jumat (11/2/2011) siang, duo bersaudara pembuat Program Antivirus Artav, Arrival Dwi Sentosa (13) dan Taufik Aditya Utama (18), mendapat sambutan paling meriah. Mereka digadang-gadang menjadi penampil pertama. Dan saat Artav (Arrival Taufik Antivirus) berhasil menemukan virus lokal bernama Yuyun yang bercokol di flash disk milik seorang panelis, para hadirin spontan berdiri dan menyambutnya dengan tepuk tangan meriah (standing ovation) untuk mereka berdua.
Kesuksesan Taufik dan Rival tidak hanya dibuktikan lewat tes di hadapan lebih dari seratus penonton, tetapi bisa dilihat dari jumlah pengunduh Artav yang hingga Senin (14/2/2011) sore mencapai 300.000 orang dari 60 negara. Bahkan, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar pun berjanji akan membantu proses pengurusan hak paten Artav atas nama keduanya.
Dari segi fitur, aplikasi yang bisa diunduh gratis oleh setiap pengguna internet ini memiliki beberapa keunggulan. Seperti fitur Anti Hacker yang bisa melindungi komputer dari upaya penyusupan, Mail Servis untuk mengidentifikasi dan membersihkan virus yang bersarang di kotak surat, dan Internet Security yang masih dalam tahap pengembangan. Juga ada fitur Scan USB untuk memastikan setiap flash disk yang dicolok ke komputer bebas dari virus.
Bagi Arrival dan Taufik, keberhasilan Artav mendeteksi virus tersebut merupakan buah kerja keras keduanya dalam mengembangkan aplikasi dan membangun database virus selama setahun terakhir. Meksipun berasal dari keluarga sederhana, mereka tidak pernah berhenti mengembangkan program antivirus yang semula diberi nama Eagel Protection.
Virus Bandel
Program antivirus Artav sebenarnya dimulai dari kekesalan dua remaja asal Bojongsoang ini yang setiap hari menemukan virus di komputer milik ayahnya. Mereka tidak habis pikir, mengapa virus-virus itu tidak kunjung teratasi setelah semua program antivirus dicoba. "Sampai akhirnya motherboard rusak. Saya kan kesel," Rival mengenang awal dimulainya proyek Artav.
Agar komputer tersebut bisa digunakan kembali, siswa kelas II SMP 48 Bandung ini berjibaku mengumpulkan uang bersama kakaknya, Taufik, untuk untuk membeli motherboard baru. Selain uang jajan, mereka juga menyimpan uang jatah Lebaran yang biasanya digunakan untuk membeli baju baru. "Lebaran tahun 2009 kemarin kami terpaksa tidak beli baju baru. Uangnya dipakai buat beli motherboard," cerita Rival yang diamini Taufik.
Motherboard seharga Rp 450.000 itu akhirnya bisa mereka beli dan komputer sang ayah pun bisa berfungsi kembali.
Akhir Maret 2010, mereka mulai membuat rancangan aplikasi antivirus berbasis Visual Basic dengan fasilitas seadanya. Mereka hanya mengandalkan komputer milik ayahnya yang sehari-hari digunakan untuk memperbaiki ponsel pelanggan.
Pengumpul Virus
Dalam membangun Artav, Arrival dan Taufik melakukannya bersama-sama, termasuk dalam mengumpulkan database virus. Tapi secara umum, otak program ada di kepala Rival yang lebih banyak mengerjakan coding dan programming. Sedangkan Taufik yang saat ini duduk di kelas II SMA 25 Bandung berkonsentrasi di sisi interface dan desain tampilan.
"Pengembangan program sudah sering dilakukan. Mulai dari banyak error sampai penambahan fitur-fitur. Tapi kalau dari segi tampilan, kami melakukan tiga kali perubahan sampai akhirnya menemukan nama Artav," kata Taufik yang mengerjakan hampir semua detail tampilan Artav.
Sementara Rival bertugas membangun program dari nol dengan menggunakan program Visual Basic yang dikuasainya secara otodidak. Selama setahun terakhir, Taufik dan Rival juga mengumpulkan database virus dari satu warnet ke warnet lain. "Virus itu kan biasanya beredar di warnet lewat internet dan flash disk," kata Rival mengemukakan alasan pencarian virus lewat warnet.
Terlebih, lanjutnya, virus yang sulit dikenali dan dibasmi biasanya berasal dari virus lokal yang database-nya belum dimiliki program antivirus luar negeri. Jadi perburuan langsung ke lapangan merupakan cara paling efektif dalam membangun database virus, khususnya virus buatan programmer Indonesia.
Setiap pulang kerja, Rival menyempatkan mendatangi warnet-warnet di sekitar sekolah. Dia menghabiskan waktu dua jam di warnet, lalu melanjutkan penelitiannya di rumah hingga malam hari. Karena sering bolak-balik untuk mengumpulkan virus, beberapa penjaga dan pemilik warnet mengenalinya dan dengan senang hati membantunya.
"Kalau warnet yang sudah dikenal, saya biasanya nitip flash disk (untuk menampung file bervirus). Pulang sekolah flashdisk bervirus itu saya bawa pulang," cerita Rival.
Dalam sehari, anggota forum gim online Nyit Nyit ini mampu mengumpulkan hingga 20 virus. Setelah terkumpul, virus itu dibawa ke rumah untuk diteliti dan diambil algoritma virusnya. Pekerjaan mengumpulkan dan mengecek virus juga dibantu oleh teman-teman kelasnya. Teman-temannya di komunitas Kaskus juga ikut membantu melakukan tes periodik virus-virus yang telah dikumpulkan.
Saat ini, antivirus Artav mampu mengidentifikasi dan mengatasi 1.031 jenis virus dan ratusan ribu varian lainnya. "Enam puluh persen database virus yang ada di Artav merupakan virus lokal," kata Rival kepada Kompas.com, akhir minggu lalu.
Keluarga Sederhana
Melihat keberhasilan putra pertama dan kedua pasangan Herman Suherman dan Yeni Soffia ini dalam mengembangkan program antivirus Artav, sulit menduga keduanya berasal dari keluarga biasa yang tinggal di jalan Bojongsoang 72, Bandung, Jawa Barat. Untuk memenuhi kebutuhan harian, ayah mereka hanya mengandalkan penghasilan dari reparasi HP yang dibuka sejak tahun 2003. Sedangkan ibunya sehari-hari bekerja sebagai Kepala Sekolah TK.
"Sekarang buat makan saja tidak cukup. Apalagi untuk membiayai sekolah mereka," kata Herman.
Meskipun berasal dari keluarga biasa, bakat mengolah komputer mereka dapat dari sang ayah yang lulusan STM Elektronika 2 Bandung (sekarang SMK 4). Sebelum kena PHK berjemaah, Herman pernah bekerja sebagai supervisor dan programmer panaset Panasonic di PT Inti. Maka tak mengherankan kalau kedua putranya sudah akrab dengan komputer sejak kecil.
"Taufik kenal komputer sejak kelas III SD. Kalau Arrival kelas I SD," cerita Herman tentang bakat kedua putranya.
Dari keduanya, antusias Rival dalam mendalami program komputer terlihat lebih besar. Saat duduk di kelas III SD, dia sudah fasih mengoperasikan Windows. “Kelas V, Rival sudah mengotak-atik komputer. Dia juga sudah bisa merakit dan men-setup Windows sendiri,” tutur sang ayah.
Rival mengaku mendalami ilmu komputernya secara mandiri, dibantu bimbingan ayah dan dukungan ibunya. Selain mencari referensi di internet, Rival selalu mencatat judul-judul buku yang dibutuhkan untuk diserahkan ke ibunya. Setiap kali mendapat 'daftar belanjaan', sang ibu yang juga gemar membaca buku membelikan buku komputer dan antivirus untuk putranya di toko buku terdekat. "Kalau ada buku yang saya butuhkan, saya titip ke ibu dan minta dibelikan di toko buku," ujar Rival.
Lewat upaya menuntut ilmu sendiri ini, Rival bisa membuat program sederhana seperti program pemutar musik MP3 dan Pelacak Virus (virus scanner) meskipun belum tamat SD. Saat duduk di bangku SMP, penggemar gim online ini terus mendalami kemampuannya menggunakan Visual Basic untuk membuat program-program dan kode gim.
Artav Premium
Saat ditanya hambatan yang sering dihadapi dalam membuat Artav, Taufik dan Rival dengan santai menyebut faktor mati lampu yang kerap membuatnya harus mengulang pekerjaan yang sudah disusun berjam-jam sebelumnya. Pencarian database virus juga merupakan tantangan tersendiri yang sampai saat ini masih terus disempurnakan.
"Saya juga belum begitu mengerti soal jaringan. Makanya mau banyak belajar soal internet security dengan Pak Onoo (Onno W Purbo)," tutur Rival menyebutkan kesulitan yang dihadapi.
Dengan kelebihan yang telah dibenamkan ke dalam Artav, baik Taufik maupun Rival optimistis program aplikasi ini akan menjadi nomor satu. Saat ini saja, Rival yang bercita-cita memiliki perusahaan sekaliber Microsoft sudah mendapat beasiswa sekolah dan hadiah laptop dari operator seluler XL sebagai salah satu bentuk dukungan. Pihak ITB sudah menyatakan kesediaannya membantu pengembangan program.
Ke depan, mereka berharap dapat merilis versi premium dengan keunggulan lebih dibandingkan aplikasi gratis yang saat ini sudah sampai versi 2.5.

MANTABH.....!

Saat China Jenuh, RI Harus Siap


”Melompatlah ke laut” adalah ungkapan terkenal almarhum Presiden Deng Xiaoping untuk mendorong kapitalisme di China. Hamparan karpet merah bagi investor, antusiasme China perantauan, termasuk asal Indonesia, dan penyediaan infrastruktur berkualitas dunia mengubah drastis perekonomian China.
Partai Komunis pintar memanfaatkan mata rantai bisnis global. Hal ini menjadikan China bagian utama jaringan produksi global yang bergerak 24 jam sehari seperti ban berjalan.
Sikap tak kompromi terhadap gangguan stabilitas serta toleransi nol terhadap aksi sektarian dan segregasi wilayah menjadikan China negara terstabil di dunia. Hal ini diperkuat sikap kukuh dan kemandirian pemerintah menyikapi guncangan dan destabilisasi eksternal. China tak mudah gugup terhadap gertakan Amerika Serikat yang sering mirip musang berwajah domba.
Racikan kebijakan ekonomi, birokrasi energik, dan kesediaan tenaga kerja murah turut menyulap China dari sarang kemiskinan menjadi pasar bagi produk state of the art yang menjadi buah bibir pengusaha global.
Dari penghasil barang, kini China menjadi konsumen dunia berkat rata-rata pertumbuhan ekonomi di atas 10 persen per tahun selama 31 tahun terakhir. ”Kami kini menjadi negara seperti Jepang pada dekade 1980-an,” kata Prof Dr Yan Jianmiao, Dekan Jurusan Ekonomi Internasional Universitas Zhejiang, Hangzhou.
Namun, tidak ada pertumbuhan abadi, tak ada aktivitas ekonomi yang tak jenuh. China tak akan terus bisa menyedot investasi dunia. Buldoser ekonomi, sadar atau tidak, memunculkan terlalu banyak derita. Ada polusi di sungai, udara, dan tanah yang pernah mengorbankan warga satu desa akibat limbah merkuri.
Ada penyerobotan lahan tanpa ganti rugi memadai dan eksploitasi buruh yang bekerja 24 jam dalam tiga ronde di ruangan tak sehat. Hal ini melahirkan aktivis hak asasi manusia seperti Chen Guangcheng, seorang pengacara buta yang siap mati untuk menyadarkan Partai Komunis. ”Jangan menutup mata terhadap isu seperti ini jika Anda ke China,” kata Jack Lebon, eksekutif di perusahaan Belgia yang sudah 20 tahun bermukim di Beijing.
Saat bergegas
Hal itu mulai menyadarkan pemerintah tentang konsekuensi negatif model pembangunan bermotokan ”pertumbuhan, apa pun biayanya” (growth at all cost). ”Repelita ke-12 periode 2011-2015 akan mengubah strategi pembangunan ekonomi,” kata Prof Yan yang turut merencanakan pembangunan.
Ketimpangan wilayah serta kesenjangan antara kaya dan miskin adalah ancaman sosial politik baru yang muncul dari sukses ekonomi. "Princeling", julukan bagi birokrat dan kroni serta keluarga yang mendadak kaya karena menerima suap dari investor, menjadi isu mencuat.
Dalam repelita berikut, upah dan jaminan sosial buruh diperketat. Pengusaha tak lagi dapat memecat buruh seenaknya. China sudah memberi tahu pengusaha tentang kemungkinan kenaikan biaya produksi.
China tak lagi menjadi surga footloose industry, seperti tekstil dan sepatu atau pabrik berbiaya murah, seperti dulu. ”Upah tenaga kerja lulusan SMA Rp 3 juta-Rp 5 juta,” kata Ratna Laksana, Direktur Resources Global Professionals.
Pemerintah China berusaha mengompensasi dengan memasuki industri berteknologi tinggi yang bernilai tambah lebih besar. Industri otomotif yang juga memasok alat pertanian berkembang, begitu juga telekomunikasi. China membuat pesawat terbang, mengirim orang ke luar angkasa, serta maju dalam teknologi nuklir dan rekayasa genetika untuk pertanian dan kedokteran.
Lepas dari perang kurs antara AS dan China, kurs yuan lebih rendah 40 persen dari nilai seharusnya. Kurs yuan kini 6,57 per dollar AS. Berdasarkan riset Columbia University, New York, jika kurs menjadi sekitar 4 yuan per dollar AS, hal itu akan membuat biaya produksi dan berbisnis di China jauh lebih mahal daripada sekarang.
Stephen Joske, Direktur China Forecasting Service, The Economist Intelligence Unit, bahkan tak ragu mengatakan, ekonomi China menanam bom waktu. ”Akan meledak, hanya saja kini belum terbayangkan,” kata Joske.
Misalnya, ada pemakaian dana luar biasa untuk membangun apartemen menjelang Olimpiade Beijing 2008. Pasokan apartemen yang butuh penyerapan 25 tahun dibangun dalam dua tahun. Muncul kekhawatiran terjadi krisis kredit perumahan seperti di AS pada 2008.
Indonesia mungkin sasaran investor berikutnya. ”Namun, pemerintah Anda memang harus bergerak,” kata Joske. Inilah keadaan yang harus diantisipasi Indonesia, prospek baru yang semestinya membuat pemerintah mempersiapkan infrastruktur, kestabilan sosial politik, dan kepastian hukum bisnis. Masih tetap mau tidur?

Oleh Simon Saragih
Sumber : Kompas Cetak

Thursday, 17 February 2011

Kemana Perginya Umat Kristus?



Menyusul Keberangkatan Yesus dari Yudea, para pengikut yang ditinggalkan tidaklah tinggal dalam keraguan mengenai misi mereka  dan hakekat keimanan mereka. Namun hanya beberapa tahun kemudian  kericuhan-kericuhan mmulai berkembang yang akan mengajak gereja menjadi dua dan menyebabkan kebingungan yang meluasdiantara umat Kristen untuk berabad-abad mendatang dan suatu jarak yang melebar antara gereja dan rabbi-rabbi Yahudi.
Tulisan ini membahas atau mengomentari skenario yang berkembang pada masa kepergian Yesus (Isa a.s.) sampai abad ke-3, dalam usaha merangkai kembali bukti dan melacak ajaran Yesus yang hakiki.
Gereja Yerusalem
Setelah kepergian Yesus, gereja di Yerusalem dipimpin oleh Yakobus, yang dikenal juga sebagai saudara Yesus. Beliau dikenal sangattegas dalam mengikuti hukum Musa a.s. tetapi dalam bentuk aslinya tanpa upacara-upacara pengurbanan. Beliau mengambil tuntutan khutbah Yesus di bukit, “Janganlah kamu menyangka bahwa aku datang untuk meniadakan hukum Toratatau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya melainkan untuk menggenapinya. Karena aku berkata kepadamu: Sesungguhnya langit dan bumi ini belum lenyap, satu iota atau titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Torat, sebelum semuanya terjadi” (Matius 5 : 17-18).
Dalam satu kutipan dari Injil Thomas, ketika ditanya siapa yang akan memimpin gereja setelah beliau, Yesus bersabda, “dimanapun kamu datang, kamu hendaknya pergi ke Yakobus yang benar”.
Di sini Yesus menekankan wewenang khusus kepada Yakobus untuk memimpin gereja. Singkatnya umat Kristen ini telah mengikuti hukum Musa sesudah membuang tambahan-tambahan (bid’ah) yang dibuat oleh para ulama Parisi dan telah mengamalkan Sabbath serta menghadiri rumah ibadah sebagaimana Yesus sendiri telah mengamalkannya. Sesungguhnya tak masuk akal sekali bahwa Yesus telah mengamalkan satu hal selama masa hidup beliau dan kemudian menyuruh para pengikutnya melakukan amalan lain yang berbeda.
Siar Kepada kaum Gentile (Non Israil)
Rasul-rasul diberi tugas untuk menyebarkan kabar tentang kedatangan Al-Masih kepada suku-suku Yahudi yang tersebar. Mereka mulai memperoleh pengikut tetapi pada waktu yang sama sekitar tahun 40M, Paulus telah bergabung bersama mereka dan menetapkan dirinya sendiri bertabligh kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi (Non-Israil) dan dalam hal melakukan demikian membebaskan aturan-aturan dari mereka untuk bergabung dengan gereja. Paulus menghilangkan hukum khitan (sunat) dan hukum-hukum agama yahudi yang sangat membingungkan umat Kristen Yahudi (Orang Yahudi yang telah beriman kepada Yesus Al-Masih/Nabi Isa a.s.).
Paulus mungkin telah mengatur tahapan-tahapan bagi kaum bukan Israil untuk masuk gereja dengan suatu kepercayaan pada Yesus dengan status barunya. Bagaimanapun tulisan-tulisannya dalam Al-Kitab (Injil) meninggalkan keraguan, “kamu tahu, bahwa tak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Torat tetapi hanya oleh karena iman dalam Yesus Kristus. Sebab itu kami pun percaya kepada Yesus Kristus supaya kamu dibenarkan oleh karena Iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Torat.” (Galatia 2:16).
“dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak menilainya demikian.” (2 Korintus 5:16).
Sentimen-senimen demikian mendorong Yakobus memanggil Paulus ke Yerusalem untuk menerangkan cara-cara dia di Antiokia, dimana dia telah membina satu Jemaat Non yahudi yang besar.
Akhirnya Yakobus menerima keadaan yang agak berubah ini. Bukan sebagai suatu agama baru tetapi sebagai suatu tahapan menuju keanggotaan sempurna penuh, seperti Beliau katakan, “sebab itu aku berpendapat bahwa kita tidak boleh menimbulkan kesulitan bagi mereka dari bangsa-bangsa lain yang berbalik kepada Allah tetapi kita harus menulis  surat kepada mereka supaya mereka menjauhkan diri dari makanan yang telah dicemarkan oleh berhala-berhala, dari pencabulan dan dari daging binatang yang mati dicekik dan dari darah.” (Kitab Rasul 15:19-20).
Pernyatan dari Yakobus ini bukanlah membatalkan kesetiaan Beliau kepada hukum Musa sebagaimana Beliau telah klarifikasi kemudian, “apalah gunanya, saudara-saudaraku, jika seseorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?” (kisah Yakobus 2:14).
Yakobus mengatakan kepada suku-suku Yahudi di perantauan bahwa iaman saja seperti yang disampaikan oleh Paulus tidak akan membawa keselamatan. Mereka perlu menjalankan hukum Musa yang menyediakan perlindungan terbaik dari keburukan. Pada khutbah di atas bukit, Yesus telah menerangkan pentingnya hukum dan ada kesejajaran dengan temuan gulungan-gulungan naskah laut mati dimana dikatakan bahwa seseorang yang melanggar satu perkataan dari hukum Musa pada bagian apa pun akan  ditolak atau tidak diakui. (Community Rule VIII-22)
Ini merupakan hakikat iman kepada hukum di kalangan penduduk Qamran. Malangnya menyusul Konsili Yerusalem pada tahun 49M dimana Yakobus telah memperbolehkan kaum bukan Yahudi ke Gereja, pertikaian antara kaum Kristen Yahudi dan kaum Kristen non Yahudi pun terjadi.
Jatuhnya Yerusalem
Selama tumbuhnya gerakan ke-Mesiah-an memanas, di sana raja-raja baru hendak mendongkel kekuasaan Roma dan menegakkan kembali Kerajaan Tuhan di Israil, perang meletus antara bangsa Yahudi dan bangsa Romawi dan membawa kehancuran Yerusalem dan pengusiran kaum Yahuditahun 70M. Yakobus telah disyahidkan sekitar tahun 64M meninggalkan Gereja dengan posisi sulit.
Menurut beberapa golongan Kristen Yahudi, gereja Yerusalem dipindahkan ke Pella. Menyusul kehancuran Yudea dimana gereja berdiri kembali namun yang pasti pengaruh Yakobus atas gereja sangat berkurang. Sebagai gantinya, surat-surat tulisan Paulus mulai diedarkan di pusat-pusat gereja. Menjelang akhir abad, injil-injil disusun dalam bentuk tertulis.
Matius mengisahkan akar hubungan Yesus dengan Daud dan penggenapan-penggenapan nubuwat-nubuwat perjanjian lama.
Lukas dan kisah-kisah, bagaimanapun ditulis sedemikian rupa untuk menjauhkan hubungan antara bangsa Yahudi dan Kristen dari berbagai beban menurut Attridge, yang menganjuranagar kisah mengakhiri hal-hal yang tidak terhindari oleh Paulus di Roma supaya tidak memojokkan penguasa di Roma. Maka di barat, ajaran Kristen “ala” Paulus menyebar ke seluruh kerajaan Romawi.
Kristen Yahudi
Umat Kristiani dari Jemaat Yakobuskemungkinan bergerak ke timur Yordan di luar provinsi-provinsi Romawi. Pesan ke-Mesiah-an yang mereka tablighkan telah meresahkan para penguasa Roma yang mungkin ttelah mengawasi Raja Israil yang dilebih-lebihkan oleh orang-orang ini. Sementara kita tidak mempunyai satu sejarah yang diakui oleh orang-orang ini. Ada bukti yang tersisa yang dapat dihubungkan dengan mudah. Kita mengetahui melalui penulis-penulis gereja di masa awal seperti Iranaeus, Hippolistus dan Ephanius bahwa ada satu golongan ke-Mesiah-an Yahudi yang disebut kaum Ebion (Ebionites) yang beriman bahwa Yesus adalah Al Masih (Mesias) bagi mereka dan bukanlah Tuhan.
Mereka taat kepada hukum Musa  dan memuliakan Yakobus yang benar. Menilai Paulus sebagai salah satu yang telah murtad dari hukum. Mereka diriwayatkan mempunyai sebuah Injil yang serupa dengan Matius. Mereka tinggal di kawasan Palestina sampai abad ke 4M.
Menjelang abad ke 2M sekitar tahun 110M, Elchasai berkata bahwa dia menerima wahyu dari Kristus. Golongan Elchasaites bermula dari Syiria dan hijrah ke kawasan Eufrat dan Tigris dimana mereka mempunyai banyak pengikut. Mereka hidup dengan hukum Musa, mengamalkan sabbath dan sembahyang berkiblat ke Yerusalem. Mereka mempercayai penderitaan Yesus dan menolak Paulus.
Kesimpulan
Tak ada sedikit keraguan bahwa dua peristiwa besar telah membentuk keadaan Kristen menjadi apa yag ada hari ini.
Pertama adalah perang kaum Yahudi pada tahun 66M yang mengubah keseimbangan pengaruh dalam gereja dari Timur (Judea) secara kuat ke Roma.
Kedua adalah konsili Nicea dan campur tangan Raja Konstantin yang menjadikan Kristen sebagai agama Negara Kerajaan Romawi dan meresmikan kepercayaan bahwa Yesus adalah Tuhan.
Namun bahkan sampai saat ini, ada banyak orang di kawasan Timur Tengah sekitar Mesopotamia (Irak) yang mempercayai bahwa Yesus adala Al-Masih bukanlah Tuhan, menjalankan Hukum Musa dan menolak ajaran Paulus.
Penulis: Fazal Ahmad-EBK 54