Friday, 2 December 2011

Wajah Mahasiswa


from  http://rizalyan.com

Banyak mahasiswa yang berorientasi lebih pada gaya hidup, pernyataan Prof. Masrikhi, pakar pendidikan yang juga Guru Besar Ilmun Pendidikan Moral Universitas Negeri Semarang.

Menurut Sang profesor yang juga Pembantu Rektor III Unnes yang pada 28 September 2011 dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Pendidikan Moral Unnes,  "Sebenarnya, ada lima wajah mahasiswa yang nampak dalam realitas diri dan sosial".


Wajah pertama mahasiswa adalah idealis-konfrontatif, yaitu mahasiswa yang cenderung aktif menentang kemapanan, seperti melalui demonstrasi. Kedua, mahasiswa dengan wajah idealis-realistis, yaitu mahasiswa yang lebih kooperatif dalam perjuangan menentang kemapanan.

Ketiga, mahasiswa dengan wajah oportunis, yaitu mahasiswa yang cenderung mendukung pemerintah yang tengah berkuasa.

Yang keempat adalah mahasiswa dengan wajah profesional, yakni mahasiswa yang hanya berorientasi pada kuliah atau belajar.

Keempat wajah mahasiswa itu hanya ada 10 persen dan wajah yang kelima adalah wajah mahasiswa rekreatif yang berorientasi pada gaya hidup glamor dan bersenang-senang.

Sang Profesor menyebutkan, jumlah mahasiswa di Indonesia pada 2010 mencapai sekitar lima juta orang, baik perguruan tinggi negeri, swasta, universitas terbuka, perguruan tinggi kedinasan, dan perguruan tinggi agama. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 237 juta orang, maka jumlah mahasiswa ini hanya berada pada kisaran 2,4 persen. Jumlahnya memang relatif kecil. Namun tetap memberikan dampak dan pengaruh dalam sosial masyarakat nantinya.

Sang Profesor juga menyebutkan mahasiswa yang memiliki wajah idealis memiliki persentase yang kecil dibanding kelompok lain, namun kelima wajah mahasiswa itu sama-sama memiliki energi besar untuk bersatu-padu.

Disarikan dari kompas.com

20 comments:

  1. mungkin saya nggak ikut wajah manapun ^^,,belum pernah jd mahasiswa :-D

    ReplyDelete
  2. mahasiswa kalau mau cepat lulus jangan suka demo :D

    ReplyDelete
  3. Hahha..
    dari judlnya sja, ko sya mrasa ikut trseret ya?
    aslinya sich ni prsoaln sya yg ikut jdi plaku Mahasiswi smster akhir..
    hahay
    smangt dahhhhhhhhh

    ReplyDelete
  4. hehehheheeee langsung ngerasa bukan kelopok yang pertama gitu. *garuk-garuk kepala*

    ReplyDelete
  5. jadi inget pas kuliah dulu, sejak sma saya pake sepeda onthel dan itu dilihat aneh ama temen2, apalagi pas di kampus. tapi temen2 seneng kalo gowes2 keliling kampus bareng

    ReplyDelete
  6. hidup mahasiswa,, terus berkarya sob,, hoohoh.. :)

    ReplyDelete
  7. Aku waktu kuliah dulu 'pakai' wajah mahasiswa yang mana ya? hehehehe

    ReplyDelete
  8. Jadi mahasiswa ada asyik dan nggaknya, tapi sepertinya lebih banyak asyiknya deh, jadi gak sabar mau kuliah hehehe

    ReplyDelete
  9. errr... kasih sumber dan referensi dong di akhir artikel biar lebih mantap ^^d

    ReplyDelete
  10. Hmm,, kayaknya tepat BGT pernyataan Professor itu Sob!!
    Ternyata Mahasiswa itu ada 5 tipe yg berbeda2,, tapi masih bisa dipadukan!!!
    Hmm,, dari 5 tipe diatas.. Sobat termasuk tipe yg mana tuh???
    Hwehehee..

    ReplyDelete
  11. Itulah realitas baik itu untuk mahasiswa tingkat akhir maupun anak sma yang sedang UN,
    semua deket sama Tuhan ketika ada maunya aja,tapi giliran sudah mendapatkan apa yang mereka inginkan,secara langsung semua yang lalu dihilangkan secara begitu saja

    ReplyDelete
  12. kalau mas Zone masuk kategori yang mana?love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  13. semoga lekas jd mahasiswa ya mbak jiah....
    atau memiliki salah satu dari wajah itu...
    :P


    emang iya mas r10..??


    wah kiowa udah hampir lulus ni...
    selamat...
    :)


    hayow mbak una yg mana...??

    ReplyDelete
  14. masak sih shally...??
    :P


    yg mana ya mas nuell...??
    :P


    kadang yg aneh malah yg ngliat mas..??
    apakah mas rusydi jg aneh melihat mereka yg aneh..??
    :P

    ReplyDelete
  15. oke mas rama...
    :)


    hayo yg mana Bu Reni..??
    :P

    buruan mas basith...?

    ReplyDelete
  16. kan dari kompas mbak annesya...
    :P


    yg mana ya mas BBB...??
    :P


    masak sih mas andy...??
    :P


    hayo yg mana ya mas sarya...??
    :P

    ReplyDelete
  17. saya suka demo tp bukan yg di depan..hehhee...

    ReplyDelete
  18. terus dmn mbak ririe...??
    :P

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.