Tuesday 29 November 2011

Pengantin Gipsy dan Penipu Cinta



Sebuah novel by Syahmedi Dian terbitan Gramedia Pustaka Utama (2006). Novel ini Dihas dapatkan dari Give Away yang diadakan oleh Mas Kahfi dan dikirim via Mbak SCB. Tepatnya jam 10.00 tanggal 28 November 2011 novel ini sampai di rumah Dihas. Novel ini langsung dibaca habis oleh Dihas yang dag-dig-dug mengahadapi tanggal 10 Desember 2011.

Baca novel ini pada 15 menit pertama disuguhi intrik pembukaan yang cukup menarik. Diawali dengan Didi yang dikejar bule Italy, Frederico. Semakin ke belakang semakin memarik. Cara menunjukkan percakapan simpel namun punya kesan tersendiri. Percakapannya bisa dikatakan didominasi dengan bahasa Inggeris.


Bercerita tentang kegagalan membina rumah tangga dan menjadi petualang cinta yang mempunyai dua sisi berlawanan antara butuh kepastian dan komitmen dengan kenekatan dan kebebasan serta berada dalam lingkaran hangat persahabatan yang saling menjadi penipu cinta (Alif, tokoh utama). Gaya hidup sebagai mantan fashion editor dan memberitahu bahwa status dalam sosial masayarakat memang sangat penting, tanpa status apalah arti Anda bagi lingkaran suatu sosial masayarakat tertentu, hanya persahabatan yang tidak memandang status dan yang mengetahui seluk beluk dan baik buruk Anda. Status sangat penting dan banyak orang yang tergila-gila oleh brand and fashion tertentu agar diakui dalam lingkaran sosial masyarakat atas.

Pembicaraan tentang berbagai macam brand tas, pakaian, sepatu dan aksesorisnya kurang dapat Dihas bayangkan karena memang bukan bagian dari sosial tersebut.

Menyinggung tentang acara sinetron dan artis sinetron walaupun diceritakan juga akhirnya menjadi bagiannya juga. Dimana buruknya peran seorang artis kadang disebabkan oleh sutradara yang kurang kreatif dan inovatif. Artis sering mencari sensasi dan suka menjadi bagian dari gosip untuk mendongkrak popularitas. Kadang komentar artis tidak bermutu dan terkesan menyalahkan pihak lain misalnya tuntutan peran dan penonton. Ada juga dibahas tentang RUU APP walaupun sambil lalu saja.

Tokoh Didi sebagai gay sangat luwes apalagi saat Dihas membacanya membayankan artis Indonesia yang sering berperan atau gaya tuturnya seperti gay. Tau siapa tebak sendiri…

Ada sebuah pelajaran bahwa fashion itu hidup dan cenderung mengalami perubahan dari waktu ke waktu untuk mengatasi kebosanan. Pendapat ini membuat orang bertato tidaklah fashionable. Dicontohkan bahwa para model terkenal papas atas sangat anti dengan mentato bagian tuuh, sebut saja Gisele Bundchen, Kate Moss, Naomi Campbell dan lainnya.

Novel ini recommeded untuk dibaca dan akan mengajarkan Anda untuk mempelajari karakter penipu cinta atau Anda malah berniat menjadi penipu cinta.

Terimakasih kepada Mas Kahfi atas giveawaynya.

Ini dia cuplikan sinopsis novelnya:
“bagaimana bisa kebal dan fearless, terutama ketika kehilangan pekerjaan di dunia fashion yang glamor..? bisa. Kan ada bullshit thing called LOVE. Tapi hidup tidak hanya berurusan dengan empat huruf itu, ada gengsi, ada harapan kosong dan yang isi, masalah perut, ada persahabatan dan ada masalah hati dalam persahabatan. Empat orang sahaat sedang teraduk-aduk isi lemarinya, profesinya dan eksistensinya”

Alif: “Saya melangkah, menendang kerikil kecil, di bawah terik matahari jam dua belas. Ternyata harga diri saya hanya sejajar dengan  landasan kerikil kecil. Tak tahu mau kerja apalagi untuk hidup. Saya memandang pakaian yang saya pakai, ini pakaian yang sudah menguras isi kartu kredit saya, pakaian yang membuat saya merasa dalam level lifestyle yang cool. Kemeja putih Helmut Lang, celana Diesel, sneakers merah hitam Gucci. Ah, tapi merasa tak bisa menolong.”

Raisa: “Rasanya tidak semua film mengandung scene  yang Anda maksud! Mungkin bisa kita lihat film The Sound of Music, Cut Nyak Dien, The Colour of Purple, Home Alone. Film-film ini legendaris, pemainnya pun tak terlupakan. Mereka tidak mengumbar sensualitas. Mungkin dengan diberlakukannya RUU APP akan memicu lahirnya film-film seperti itu. Pembuat film akan mengutamakan konflik dan kekuatan cerita sebagai daya tarik”

Didi: “Bokap gue takut anaknya terjerumus ke pergaulan bebas. Dialiat anak-anak temennya pada udah ngebuntingin anak gadis orang, pada kawin lari, dan macem-macemlah. Menurut Bokap, nggak perlu pacaran-pacaran, bakal bikin masalah. Pandangan Bokap ini bagus banget, untuk menghindari perbuatan-perbuatan sex before marriage.”

Nisa: “Damn. Kalau pria mengucapkan “I love you” tiga kali dalam satu detik, itu sama saja omong kosong, sama seperti kegembiraan anak kecil yangdiberi tiga permen warna-warni. Nisa mengumpat kecil dalam hati. He’s over excited. Kenapa pria gampang sekali mengucapkan “I love you”. Ini sama saja dengan penipuan.

14 comments:

  1. wah, cepat neh. Langsung bikin revew'nya. SElamat menungggu hadiah berikutnya ya....*kabuur*

    ReplyDelete
  2. Intro musik di Blog ini bikin hati gimaannaaa gituu..hiks:(

    ReplyDelete
  3. bukunya menggundang tanda tanya,,pengen baca...pinjem yah ^^

    ReplyDelete
  4. Sepertinya buku yg menarik,nice post..salam knal :)

    ReplyDelete
  5. wah saya juga udah review tapi masih dipostingan terjadwal. hehee...nice nice...review....sip udah dibaca. jadi gak sia2 dpt hadiah novel ya.

    ReplyDelete
  6. aih sinopsisnya bagus... kayaknya novelnya juga bagus...

    ReplyDelete
  7. saya tak bakat jadi penipu cinta kayaknya, jadi tak harus baca novel ini kan?

    ReplyDelete
  8. kalau jadi penipu cinta gak ahh tar kualat lagi,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  9. heum, bagus keliatannya dari reviewnya.. novel fiksi kan yah?. terbitan gramed.. kebeneran nih ada diskon 10% kalo jadi membernya gramedia.

    aih, seneng ya dihas dapet gratisan.. jadi boleh minjem gak?
    #tetep ujungnya nggak enakin

    ReplyDelete
  10. trims juga ya mas,, ternyata langsung di review,, dan semoga novelnya buat nambah2 koleksinya ya,,

    ReplyDelete
  11. Aku udah baca ini juga.
    Kalau tidak salah ada empat buku deh. :-s tetralogi gitu~

    ReplyDelete
  12. iya mbak kinanthi....
    asik bukunya....
    :P


    intro musik...??
    ada emng mbak Ririe...??
    :P


    baca mbak jiah...
    seru lho...
    :)

    ReplyDelete
  13. salam kenal Hsu...
    :)

    iya mbak SCB...
    lagi pula sekarang banyak waktu luang...
    :)


    bagus kok Annes..
    :)

    ReplyDelete
  14. lantas penipu apa mas Vip...??
    :P


    ah mas sarya takut kualat...
    bukan playboy ni...
    :P



    boleh aj mas gaphe....
    sini maen ke rumah...
    :P

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.