Friday, 27 September 2013

Arogansi (Yahoo! vs Kudu Nyahoo)

SUMBER

Hukum rimba tidak akan pernah hilang selama rimba masih ada. Dan rimba akan selalu ada mengikuti setiap perubahan zaman. – Dihas Enrico

Anda tahu Yahoo! Pasti tahu dan yang paling anda tahu menurut perkiraan saya adalah yahoo mail atau ymail.com. Saya juga memakai produk dari Yahoo! Berupa email. Yahoo! Adalah perusahaan multinasional yang besar, the big company, that’s the point.

Menurut sebuah sumber dari Tempo (baca disini), Yahoo! sedang berusaha menghentikan aksi dari sebuah situs lokal dengan alamat www.kudunyahoo.com. Alasan Yahoo! adalah situs tersebut mengandung unsur kata yahoo dan Yahoo! khawatir masyarakat akan salah menyangka kalau kudunyahoo.com adalah salah satu dari bagian Yahoo! Dan Yahoo! tidak ingin hal itu terjadi. Itulah mengapa Yahoo! mengirimkan surat kepada www.kudunyahoo.com. ini petikan suratnya:


a. dengan segera mengganti nama domain situs web Saudara dari www.kudunyahoo.com menjadi www.kudunyaho.com atau dengan nama domain lainnya;
b. dengan segera mengganti nama situs web Saudara dari "Kudu Nyahoo" menjadi "Kudu Nyaho" atau nama situs web lainnya, termasuk didalamnya mengganti semua ungkapan "Kudu Nyahoo" yang ada di dalam situs web Saudara tersebut;
c. berjanji bahwa di masa yang akan datang, Saudara tidak akan menggunakan merek dan nama apapun yang serupa dengan "YAHOO!" atau merek-merek lainnya yang dimiliki oleh Yahoo! Inc dan juga tidak menggunakan bentuk apapun dari periklanan, promosi dan aktivitas lainnya dengan menggunakan merek-merek yang dimiliki oleh Yahoo! Inc., termasuk penggunaan pada tanda tangan, papan nama, kartu nama, alat tulis-menulis, hadiah, pamflet, brosur, iklan, dan promosi di media massa atau di Internet atau di tempat lainnya dan menghancurkan semua materi-materi yang mengandung merek-merek Yahoo! Inc., termasuk penggunaan gambar-gambar dengan hak cipta klien kami tanpa ijin;
d. menyatakan pemahaman serta persetujuan Saudara terhadap isi surat ini dengan menandatangani Surat Pernyataan.


Bagaimana menurut Anda? Hukum rimba masih ada bukan? Siapa yang kuat dialah yang berkuasa dan wajib punya kuasa. Kita lihat perkembangannya. Akankah www.kudunyahoo.com hilang? Atau ada suatu kompensasi tertentu untuk menghilangkan www.kudunyahoo.com.

Didukung Oleh:

42 comments:

  1. Hmm, saya baru nyahoo... Tapi iya juga sih, takutnya ada yang salah mengasumsikan bahwa situs itu berafiliasi dengan yahoo. Yah, wong kecil ngalah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan gak adil....
      kan ada ayam goreng solo, ada ayam goreng kentuki, ayam goreng suroboyo, dll....

      Delete
  2. Ketakutan berlebihan. Padahal dari logonya aja, udah beda banget sama Yahoo.... Kecuali kalau logonya juga mirip, barulah Yahoo bisa nuntut (Itu seenggaknya yang gue tahu waktu kuliah)

    ReplyDelete
  3. Nama adalah brand.... apalagi bagi perusahaan besar pasti ada hak patennya.
    Mereka tentu tak ingin jika ada yang "numpang tenar" dari mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm....masuk akal cm kayaknya terlalu banget dan menganggap masyarakat pengguna internet bodoh tidak bisa membedakan....

      Delete
  4. Situs besar kok takut dengan situs lokal

    ReplyDelete
  5. Hehehe . Kudu Berani bayar tuh . :)

    ReplyDelete
  6. wah berarti website yang pake nama rawinspiration juga musti aku tuntut tuh
    aseeek dapat duit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa tu mas....
      semoga sukses ya....

      Delete
  7. hanya kelebihan satu huruf 'O' saja yg ada di balik perkara tsb, coba saja pake nyaho gak pake nyahoo. Tp saya yakin kalo pake nyahoo itu udah ada unsur kesengajaan atau dengan sengaja di buat mirip sama yahoo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gak tahulah....
      nyatannya masih ada kok situsnya....

      Delete
  8. Moga aja cepet bisa kelar deh urusannya....
    Hehe :)

    ReplyDelete
  9. aq masih bingung mas, emang aturan yg mengharuskan web lain tidak ada unsur kata yahoo (misal Nyahoo) dimana yaa? apa udah ada ketika pendirian yahoo sbagai hak paten gitu dg sgala hak2nya termasuk tidak boleh ada unsur kata yahoo di web lain

    ReplyDelete
  10. saya malah pengin bikin TAHOO.COM, kira-kira sudah ada belum ya dan bisa bermasalah dengan yahoo tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakaa......
      gimana kalo mahoo.com....
      seru kali yaaa....

      Delete
  11. dalam dunia usaha..memang sebaiknya tidak memakai nama yang memilki kemiripan dengan nama merek dagang yang sudah ada...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm.....
      gitu yaa.....
      bisa bisa...
      masuk di akal...

      Delete
  12. Klo Yahoo kan dibaca yahu alias nyahut
    Klo kudu nyaho pan eta kata penegasan :D

    ReplyDelete
  13. Buseeet.... gitu doang aja ditegur. Mana maksa buat nanda tanganin surat pernyataan. Gokil nih Yahoo! .
    Begitulah, yang punya modal yang berkuasa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahoo! bukannya sekarang punyanya google yah...?

      Delete
  14. Hmmm... komentarku mana ya, kok nggak muncul....

    ReplyDelete
  15. Sebenernya itu tidak melanggar, Yahoo nya aja yang lebay

    ReplyDelete
  16. maju terus Indonesia!!!! kami mendukungmu!! *eh lho, ini apaan?

    ReplyDelete
  17. Jiplakan yang kreatif *eh emang ada ya ngejiplak tapi kreatif? #peace

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana ada njiplak...
      itu namanya teknik numpang terkenal...
      hehehee...

      Delete
  18. Jiplakan yang kreatif...

    *eh emang ada ya, njiplak tapi kreatif? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. mana ada njiplak...
      itu namanya teknik numpang terkenal...
      hehehee..

      Delete
  19. wah sayab baru denger tentang hal ini.. yang saya baru denger cuma yahoo yang ganti logo dll...

    ReplyDelete
  20. saya sependapat...mungkin ini salah satu bentuk hukum rimba mas,
    tapi entahlah...agak kurang mengerti juga dengan hak cipta dan yang sejenisnya

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.