Tuesday 1 November 2011

Suri Tauladan



Sesungguhnya kamu dapati dalam diri Rasulullah, suri tauladan yang sebaik-baiknya...... (33:21)
Pertempuran Khandak mungkin merupakan percobaan paling pahit di dalam seluruh jenjang kehidupan Rasulullah s.a.w dan beliau keluar dari ujian yang paling berat itu dengan keadaan akhlak dan wibawa yang lebih tinggi lagi. Sesungguhnyalah pada saat yang sangat banyak bayalah, yakni ketika di sekitar gelap gulita atau dalam waktu mengenyam sukses dan kemenangan, yakni ketika musuh bertekuk lutut di hadapannya, watak dan perangai seseorang diuji. Dan sejarah memberikan kesaksian yang jelas pada kenyataan bahwa Rasulullah s.a.w baik dalam keadaan duka cita karena dirundung kesengsaraan dan pada saat sukacita meraih kemenangan, tetap menunjukkan kepribadian agung lagi mulia. Pertempuran Khandak, Uhud dan Hunain menjelaskan dengan jelas satu watak beliau yang indah dan Fattah Makkah (Kemenangan atas Makkah) memperlihatkan watak beliau lainnya.
Ketika beliau ditinggalkan hampir seorang diri pada hari pertempuran Hunain, sedang nasib Islam berada di antara hidup dan mati, beliau tanpa gentar sedikit pun dan  seorang diri maju ke tengah barisan musuh seraya berseru dengan kata-kata yangpatut dikenang selama-lamanya, “Aku nabi Allah dan aku tidak berkata dusta. Aku anak Abdul Muthalib.”
Dan tatkala Makkah jatuh dan seluruh tanah arab bertekuk lutut di hadapan beliau maka kekuasaan yang mutlak dan tak tersaingi tidak kuasa merusak beliau. Beliau menunjukkan keluhuran budi tiada taranya terhadap musuh-musuh belaiu.
Dalam segala segi kehidupan dan watak beliau yang beraneka ragam, tidak ada duanya dan merupakan contoh yang tiada bandingannya baagi umat manusia untuk diikuti dan dicontoh. Seluruh kehidupan beliau nampak jelas dan nyata dalam cahaya lampu sorot sejarah. Beliau mengawali kehidupan beliau sebagai anak yatim dan mengakhirinya dengan peran sebagai wasit yang  menentukan nasib seluruh bangsa. Sewaktu kanak-kanak beliau penyabar dan gagah dan diambang usia remaja beliau tetap merupakan contoh yang sempurna dalam akhlak, ketakwaan dan kesabaran. Pada usia setengah baya beliau mendapat julukan Al-Amin ( Si jujur ) dan selaku seorang niagawan beliau terbukti paling jujur dan cermat.
Beliau menikah dengan wanita-wanita yang diantaranya ada yang jauh lebih tua dibanding beliau dan ada juga yang jauh lebih muda dari beliau, namun semua bersedia memberi kesaksian dengan mengangkat sumpah mengenai kesetiaan, kecintaan dan kesucian beliau. Sebagai ayah beliau sangat kasih sayang. Sebagai sahabat beliau sangat setia dan murah hati. Ketika beliau diamanati tugas yang maha berat dan besar dalam usaha memperbaiki suatu masyarakat yang sudah rusak, beliau menjadi sasaran derita aniaya dan pembuangan, namun beiau memikul semua penderitaan itu dengan sikap agung dan budi luhur. Beliau bertempur sebagai prajurit yang gagah berani. Beliau menghadapi kekalahan dan juga kemenangan. Beliau menghakimi dan juga mengambil serta menjatuhkan keputusan dalam berbagai perkara. Beliau adalah seorang negarawan, seorang pendidik dan seorang pemimpin.
“kepala Negara merangkap Penghulu Agama. Beliau adalah seorang Kaisar dan juga Paus sekaligus. Tetapi beliau adalah Paus yang tidak berlaga Paus dan Kaisar tanpa pasukan-pasukan megah, tanpa bala tentara tetap, tanpa pengawal, tanpa istana yang megah, tanpa pungutan pajak tetap dan tertentu. Sehingga jika ada orang berhak mengatakan bahwa ia memerintah dengan hak ketuhanan, maka orang itu hanyalah Muhammad, sebab beliau mempunyai kekuasaan tanpa alat-alat kekuasaan dan tanpa bantuan kekuasaan. Beliau biasa melakukan pekerjaan rumah  tangga dengan tangan beliau sendiri, biasa tidur di atas sehelai tikar kulit dan makanan beliau terdiri dari kurma dan air putih atau roti jewawut dan setelah melakukan bermacam-macam tugas sehari penuh, belai biasa melewatkan malam hari dengan mendirikan shalat dan doa-doa hingga kedua belah kaki beiau bengkak-bengkak. Tiada orang yang dalam keadaan dan suasana yang begitu banyak berubah, telah berubah begitu sedikitnya.” (Muhammad and Muhammadanism-karya Bosworth Smith).
Nah, oleh karena itulah bagi semua pemimpin yang mengaku Islam dan meneladani beliau, bersikaplah seperti beliau. Dan bagi mereka yang telah jauh-jauh menziarahi beliau, jadilah orang yang tertular sikap rendah hati beliau.
Sahid Nurika untuk Dihas Enrico

2 comments:

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.