Thursday 25 June 2015

Jokowi Minum Menggunakan Tangan Kiri


Jokowi (sumber)

Manjadi orang yang disorot, menjadi figure, dan menjadi orang nomor satu di negeri sebesar Indonesia, seperti apa yang menimpa Jokowi sungguh merepotkan. Hal kecil dan sepele dan lumrah pun bisa menjadi hal besar dan menghebohkan, bisa dikaitkan tentang etika, estetika, bahkan agama. Mulai dari kancing jas sampai minum pakai tangan kiri sambil berdiri.

Ya, beberapa hari yang lalu heboh tentang Jokowi yang minum sambil berdiri saat acara buka bersama. Saya sebenarnya juga pengen komentar, tapi bukan komentar tentang minumnya bapak Presiden, akan tetapi lebih kepada kenapa saya tidak diundang, heheheheeee…..
Memang ada beberapa hadist yang memperbolehkan minum sambil berdiri namun ada juga yang melarang.


Hadits-Hadits yang melarang minum sambil berdiri
Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam melarang sambil minum berdiri. (HR. Muslim no. 2024, Ahmad no. 11775 dll)
Dari Abu Sa’id al-Khudriy, beliau mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
melarang minum sambil berdiri. (HR. Muslim no. 2025, dll)
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum
sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad no 8135)

Hadits-hadits membolehkan minum sambil berdiri
Dari Ibnu Abbas beliau mengatakan, “Aku memberikan air zam-zam kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka beliau lantas minum dalam keadaan berdiri.” (HR. Bukhari no. 1637, dan Muslim no. 2027)
Dari An-Nazal, beliau menceritakan bahwa Ali radhiyallahu ‘anhu mendatangi pintu ar- Raghbah lalu minum sambil berdiri. Setelah itu beliau mengatakan, “Sesungguhnya banyak orang tidak suka minum sambil berdiri, padahal aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melakukan sebagaimana yang baru saja aku lihat.” (HR. Bukhari no. 5615)
Dalam riwayat Ahmad dinyatakan bahwa Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Apa yang kalian lihat jika aku minum sambil berdiri. Sungguh aku melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah minum sambil berdiri. Jika aku minum sambil duduk maka sungguh aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minum sambil duduk.” (HR Ahmad no 797)
Dari Ibnu Umar beliau mengatakan, “Di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kami minum sambil berdiri dan makan sambil berjalan.” (HR. Ahmad no 4587 dan Ibnu Majah no. 3301 serta dishahihkan oleh al-Albany)
Di samping itu Aisyah dan Said bin Abi Waqqash juga memperbolehkan minum sambil berdiri, diriwayatkan dari Ibnu Umar dan Ibnu Zubaer bahwa beliau berdua minum sambil berdiri. (al-Muwatha, 1720 - 1722)

Di acara standing party jamuan makan, acara resepsi, mantu, ngunduh mantu yang gak ada kursi kecuali di pelaminan, pasti orang akan minum sambil berdiri, bahkan makan sambil berdiri. Bahkan mbuh ini acara apa, tapi ada salah satu tokoh dari salah satu partai yang “katanya” mewakili umat Islam memberikan solusi cerdas dimana minum dan makan sambil berdiri masih diperdebatkan mana yang baik dan boleh, maka Beliau mencontohkan, yaitu mengambil jalan tengah, entah solusi atau terobosan baru, yaitu minum sambil jongkok dan langsung dari botolnya.
Tokoh partai (sumber)


Saya harap Bapak Presiden tidak mengulangi minum menggunakan tangan kiri sambil berdiri tapi cobalah mengikuti contoh dari salah satu tokoh dari salah satu partai yang “katanya” mewakili umat Islam memberikan solusi cerdas di atas. Saya berharap akan banyak orang yang mengikutinya, minum sambil jongkok dan langsung dari botolnya. Saya pernah mencoba apa yang Pak Jokowi lakukan dan salah satu tokoh dari salah satu partai yang “katanya” mewakili umat Islam memberikan solusi cerdas di atas, dua-duanya sama-sama nyaman. Satu saya lakukan saat acara kawinan seorang teman dan satunya saat saya melihat sunrise di salah satu spot di Borobudur. Well, saya orang biasa jadi ya biasa-biasa saja.

Sumber:
http://www.kompasiana.com/lovelydarsem/ketika-jokowi-minum-dengan-tangan-kiri_5587bd9f139373e517daf319

3 comments:

  1. Dihas, km dpt kutipan hadist2 itu dr buku atau internet?

    Tmn q prnh nyaranin. Drpd mkn/minum berdiri ya mending jongkok. Tp lbh bgs lg dduk..


    Skrg musimny nyari2 ngorek2 kesalahan org ya. Hemm

    ReplyDelete
  2. Ga ikutanyang beginian ah
    Tar salah omong.

    ReplyDelete
  3. saya sering melakukan keduanya, tapi tak ikut-ikutan siapapun, asli ide sendiri haha

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.