Friday, 27 December 2013

Hidup Direncanakan

SUMBER

Rencana adalah suatu usaha menyusun sesuatu agar  sesuai dengan apa yang kita inginkan # Dihas Enrico, Desember Minggu Awal 2013
Jadi hidup direncanakan adalah hidup dengan suatu usaha dimana kita memiliki tujuan yang kita inginkan # Dihas Enrico, Desember Minggu Akhir 2013

Ada yang bilang, sebuah pertandingan tidak akan pernah bisa dimenangkan jika kita tidak punya rencana, rencana untuk menang pastinya. Makanya ulasan pertadingan sepakbola selalu menarik, apalagi kalo Neng Franda yang bawain acaranya atau malah yang mengulas strateginya.


Banyak jasa konsultan keuangan rumah tangga bahkan di instansi saya bekerja ada seminar tentang merencanakan keuangan secara dini. Memberikan solusi investasi yang cerdas dan menguntungkan. Bagaimana mengatur pos gaji atau pendapatan.

Bahkan tindak pidana pun sudah direncakan, bunuh diri kalo tidak direncanakan kan..? Seperti kasus beberapa bulan lalu yang heboh dimana secara lantang seorang yang diberitakan melakukan korupsi mengatakan “Bila saya terbukti melakukan korupsi serupiah pun, saya rela digantung di Monas.”

Sebenarnya ucapan ini agak membingungkan, jika terbukti, jika tidak kan tidak akan digantung walau tidak terbukti belum tentu tidak melakukannya. Kalau terbukti sekalipun kan korupsinya juga tidak hanya serupiah kan?Jadi itu hanya sebuah ungkapan yang tidak ada artinya. Seperti bila aku dapat menggennggam bulan maka dunia ini akan aku kuasai. Terlalu hiperbola. Ya sebuah rencana yang tidak akan dilaksanakannya dan hanya sebagai upaya membela diri yang berani.

Jadi dalam menyusun rencana hidup juga tidak boleh hiperbola. Misalnya saya yang buruh ini berencana memiliki sebuah Villa dan sebuah mobil mewah Lamborgini dan istri cantik seperti Pevita Pearce. Itu bukanlah rencana tapi angan-angan.

Seperti teman saya yang sudah berencana untuk membeli (baca: kredit rumah) dan membangun sebuah rumah tangga. Setelah menikah dengan joint income mereka (teman saya) berencana membeli sebuah mobil dan membuat usaha. Sangat indah rencananya.

Kemudian ada seorang manusia bertanya kepada teman saya, “Berapa umurmu?”

Teman saya menjawab, “Saya berumur 23 tahun.”

Manusia tadi bertanya lagi, “Anda berencana sampai umur berapa?”


Well, hidup adalah ujian, jalanilah seperti air, mengalir. Rencana memang perlu tapi jangan terlalu fokus, biarkan hidupmu dipenuhi dengan kejutan-kejutan yang tak direncakan.

Didukung Oleh:


10 comments:

  1. Pd akhirnya manusia hanya bisa berencana, yaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap bener sekali....
      hidup hanya untuk dijalani, bukan untuk mencari jawaban mengapa kita hidup, tp carilah sesuatu alasan kenapa kita akan mati....
      #patriotic

      Delete
  2. jadi abg udah merencakan apa aja?

    ReplyDelete
  3. rencana hidup tidak boleh hiperbola... Rencana hidupku ga hiperbola kok.. cm mau pulang kampung aja, dan hidup leha2, tapi banyak duitnya.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak... semoga terkabul...
      mau gak banyak duit tp tinggal di ruang tahanan KPK...??
      :P

      Delete
  4. opo sing eneng dimangan,
    opo sing eneng disukurin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangan ora mangan kumpul, nek enek pangan undang ya, aq melu mangan...
      :P

      Delete
  5. bagi saya..rencana diperlukan, dan harus fokus...karena dengan demikian kita bisa memusatkan pikiran demi mencapai tujuan sesuai rencana kita...namun fokusnya jangan terlalu banyak banyak..agar tidak kehilangan orientasi....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.