Thursday 16 February 2012

Real Steel is Pantang Menyerah


SUMBER


Film ini menarik. Entah apa karena ada Stieven Spielberg di dalamnya sebagai Executive Producer? Spielberg adalah seorang pendongeng yang hebat di dalam filmnya (Kevin said). Dimana orang lain hanya bisa bercerita namun dia mampu mendongeng diamana penonton dibuat merasakan emosi dan ketegangan dan larut di dalam alur yang dibuatnya.

Kenton, Max, Atom mangajarkan bahwa pantang menyerah akan memberikan sebuah arti. Melawan Zeus, juara tinju robot, di pertandingan tinju robot, sangatlah mustahil bagi Atom, yang bukan robot petarung, yang robot tua dari generasi pertama dan yang sudah terkubur di pembuangan robot.


Ronde pertama, detik pertama, Atom langsung tersungkur saat Zeus melayangkan tinjunya tepat ke kepala Atom. Atom kembali bangkit, Zeus langsung melayankan tinju dan membuat Atom tersungkur kembali. Atom bangkit, menahan tinju dan pada sebuah kesempatan mampu merubah dominasi, Atom melayangkan tinju tanpa disadari Zeus. Atom terus memukul namun Zeus yang lebih besar dan memiliki pengalaman bertanding mampu mengatasi dan kembali membuat Atom terungkur dan hampir tak mampu bangkit. Pada hitungan ke delapan Atom bangkit. Zeus memojokkan Atom ke sudut ring dan terus memukulinya sampai Atom berasap. Penonton bersorak sorai dan kagum atas kegigihan Atom hingga dapat bertahan dan melewati ronde pertama.

Ronde kedua dan ketiga keadaan mulai lebih baik bagi Atom. Atom mulai terbiasa dipukul Zeus. Walaupun Atom jarang membalas. Pertengahan ronde keempat, alat penerima perintah Atom rusak. Atom sempoyongan. Kenton dan Max tidak bisa mengendalikan Atom. Atom dipukuli secara membabi buta oleh Zeus. Bukannya penonton meneriakkan nama Zeus, mereka meneriakkan nama Atom, mereka terharu atas sikap pantang menyerah Atom.

Ronde kelima. Max memberikan ide gila. Max akan mengganti mode penerima perintah suara Atom dengan mode meniru. Jadi Atom akan meniru gerakan mantan juara tinju dunia, Kenton. Namun semuanya tidak berubah, Atom masih dipukuli namun sekarang cara bertahannya adalah cara bertahan Kenton, sang juara tinju. Di luar ring Kenton memperagakan cara bertahan. Zeus yang semakin dibuat marah dan hilang harga dirinya menggunakan energi turbo. Zeus semakin membabi buta. Namun Atom tetap bertahan dan tidak membalas sekalipun.

Max di sebelah Kenton berkali-kali meneriaki Kenton untuk membalas serangan Zeus. Namun Kenton terus mengatakan belum saatnya. Dan ketika ronde kelima masuk pertengahan, Zeus benar-benar kehabisan tanaga. Dan dengan telak Atom menyarangkan tinju ke atas. Semua penonton bersorak dan meneriakkan nama Atom. Saatnya Atom memukul Zeus habis-habisan. Zeus menyandarkan diri pada Atom dan Atom terus memukulinya. Akhirnya satu pukulan ke atas membuat Zeus rubuh.

Dengan sisa tenaga, Zeus masih bisa bangkit namun Atom terus memukulinya, hingga ketika Zeus sudah hampir error, bel berbunyi. Zeus diselamatkan bel.

Hasil perhitungan juri, Zeus menang angka. Namun penonton berpendapat lain, Atom pemenang pertarungan. Atom adalah juara pantang menyerah. Atom is people champion.

Di ronde kelima, Anda akan mulai menitikkan air mata keharuan. Dimana Atom masih tetap bertahan. Dan puncaknya air mata Anda akan menetes deras saat Zeus kehabisan tenaga dan Atom mulia aksi tinjunya. Anda menangis karena haru karena saya menangis juga karena haru. Atom mengajari kita untuk pantang menyerah dan menunggu saat yang tepat untuk menang. Sudah beberapa kali Real Steel diputar dan saya memutar adegan ronde lima sampai akhir.

Keharuan lain adalah keharuan dimana seorang anak, Max, menangis bahagia melihat ayahnya, Kenton, begitu bahagia melakukan aksi tinjunya. Hal yang sudah lama hilang dari Kenton. Dan memang begitulah seharusnya hubungan seorang anak dan ayah.

Sinopsis:
Real Steel bercerita tentang pertarungan tinju robot. Kenton adalah mantan atlit tinju dan dia terobsesi dengan robot tinjunya. Sampai-sampai dia menelantarkan istrinya. Pada suatu hari di hari kekalahannya, istrinya meninggal. Kenton memiliki seorang anak laki-laki berumur 11 tahun bernama Sam.

Debra, bibi Sam hendak mengadopsi max karena tidak memiliki anak. Karena melihat Debra begitu menginginkan Max, Kenton malah memanfaatkannya. Kenton menjual hak asuh Max kepada Debra seharga $ 75.000.

Karena Debra dan suaminyaakan pergi ke Italia untuk dua bulan dan berencana menitipkan Max kepada Kento maka Kenton menaikkan tawaran menjadi $ 100.000.
Suami Debra membayarnya dan uangnya dihabiskan oleh Kenton hanya untuk membeli robot. Sayangnya Kenton adalah petarung robot yang payah. Dia tidak bisa menjiwai seni tinju robot. Robotnya hancur. Kenton bangkrut.

Di malam kebangkrutannya. Kenton dan Max menyusup ke pembuangan robot. Kenton berharap  bisa merakit robot. Tanpa sengaja Max jatuh ke jurang dan beruntung. Max bisa selamat karena dirinya menyangkut lengan robot yang terkubur di pertengahan tebing. Max akhirnya menggali robot tersebut.

Robot tersebut ternyata robot tua, robot generasi awal dan bukan tipe robot petarung, hanya robot yang digunakan untuk membantu latihan. Max menamai robotnya Atom sesuai emblem nama yang ada di dada robot itu.

Max memaksa Kenton untuk mengajaknya di dalam pertarungan dan mengikutkan Atom dalam pertarungan.

Langkah awal, Kenton yang bosan dengan max yang keras kepala. Kenton berniat memperlihatkan kepada max bahwa Atom bukanlah robot petarung.

Max menantang Kingpin. Kingpin yang tadinya menyetujui $ 100 untuk satu ronde bagi pemenangnya. Max malah menantang $ 500 untuk dua ronde. Kingpin yang kesal diremehkan anak kecil dengan robot latihan.

Hasilnya luar biasa. Atom bisa selamat di ronde pertama walaupun tidak melakukan apa-apa selain menangkis dan menerima pukulan. Daya bertahan Atom luar biasa, pantang menyerah. Kingpin yang kesal menaikkan taruhan menjadi $ 2000 untuk satu ronde lagi. Kenton tidak setuju namun max setuju.

Ronde dua dimulai. Atom dapat mengelak dari jurus robot Kingpin dan dengan sekali pukul meng-KO robot Kingpin. Max mendapatkan $ 2000 dan mendapat tawaran bertanding setiap malam minggu dengan bayaran $ 4000 dan plus $ 3000 jika menang.

Akhirnya Atom memenangkan setiap pertandingannya. Nama Atom mulai terkenal sebagai juara rakyat, robot pantang menyerah yang mencoba membuktikan dirinya.

Pada suatu hari, Max dan kenton mendapat tawaran melawan twin Cities, robot berkepala dua. Kenton mengajari Atom cara bertinju atas permohonan Max.

Sebelum bertanding, Farra Lenkova, manager dari Zeus, juara dunia tinju robot, berniat membeli Atom seharga $ 200.000. namun dengan tegas Max menolak, Atom is not for sale.

Pertarungan dengan Twin Cities sangat seru. Atom diawal dipukuli habis-habisan namun tetap bertahan dan saat Twin Cities mulai kelelahan, Atom menyerang dengan gaya tinju yang diajarkan Kenton. Atom sukses meng-KO twin Cities. Max di atas ring saat pidato komentar kemenangannya menantang Zeus dan Farra Lenkova.

Dua bulan sudah. Kenton harus menyerahkan Max kepada Debra. Kenton dengan berat hati menyerahkan Max. kenton merasa dia sudah terikat dan mulai menyatu hubungan ayah-anak dengan Max. Namun apa dikata, sesuai perjanjian, Kenton menyerahkan Max kepada Debra.

Undangan bertanding dengan Zeus datang, kenton menemui Max. Setelah bernegosiasi, akhirnya Debra mengijinkan Max bertanding.

Disarankan untuk ditonton bersama anak Anda untuk menambah keharuan di akhir cerita.
Most Recommended to Watch.

7 comments:

  1. Steven Spielberg memang sudah nggak diraguin lagi sob soal bikin film, semenjak suksesnya jurasic park..
    Tambah matang lagi beliau kalau bikin yang lainnya :)

    ReplyDelete
  2. bener sekali mas...
    dia adalah pendongeng yang jenius di dunia film....

    ReplyDelete
  3. Waw...kayaknye seruu banget tuuh, tapi tega banget bapaknya jual anaknye demi robot...

    ReplyDelete
  4. nyimak dulu, bukan tipe film ku :p

    ReplyDelete
  5. duuh kok diceriatin sedetil ini.. jd tau deh critanya. Pdhl aku dah punya donlotannya tp blm sempet nonton.. hehehe..

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.