Sunday 12 February 2012

Pancasila


Lambang dan ideolagi Indonesia adalah Pancasila. Tapi apakah ideolagi setiap manusia bangsa ini Pancasila?


1.   Ketuhanan Yang Maha Esa
Jelas-jelas bahwa bangsa Indonesia berideologi Ketuhanan. Setiap warga Indonesia berideolagi ketuhanan. Namun kenapa  kebebasan dalam menjalankan ibadah sesuai ajaran agama dan atau keyakinan sering menimbulkan polemik dimana mayoritas sering menghakimi minoritas. Apakah bertuhan harus beragama. Lantas apakah yang beragama selalu mencerminkan sifat dan kasih sayang yang duajarkan dalam agama dan sebagai wujud Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang juga Maha Esa.
2.   Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Tampaknya bangsa Indonesia kehilangan sila kedua dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kasus kejahatan sudah biasa. Pemerkosaan, pengrusakan, pembunuhan, perampokan. Dimana letak keberadaban bangsa Indonesia. Apakah telah tergerus arus globalisasi?
3.   Persatuan Indonesia
Sila ketiga juga hilang ditelan bumi. Mengunggulkan kedaerahan, menjunjung tinggi masing-masing partai, simbol-simbol keagamaan dan kemayoritasan. Apakah karena Indonesia sedang secara fisik tidak dijajah. Apakah bersatu harus dan hanya ketika sedang dijajah? Manusia selalu sibuk dalam saling membedakan dirinya dengan orang lain. Walaupun ketika ditanya mereka sama-sama mengaku keturunan Adam. Adam yang manakah..? Adam Johnson, Adam Sandler atau Adam Bryan?
4.   Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan
Ini sila yang membuat DPR berkuasa dan banyak duit. Banyak manipulasi anggaran dan tak ada kontrol dari rakyat secara langsung atau istilahnya transparansi yang jelas. Namun jelas ini adalah sila yang menggiurkan dan menyenangkan, membuat orang-orang sibuk berpartai. Padahal partai yang paling menarik adalah partai final liga champion dan partai yang paling dinantikan adalah partai final piala dunia dimana Idonesia masuk final.
5.   Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Apakah harus sama-sama setiap orang Indonesia sama tingkat ekonominya, kaya semua atau miskin semua. Tidak. Yang diperlukan adalah perhatian kebutuhan masyarakat menengah kebawah, bawah sekali terperhatikan. Kesehatan, pendiidkan dan keamanan dan kebebesan dalam bersosial, tidak ada kucil-mengkucilkan di dalam sosial.

Semata-mata hanya menyelesaikan tugas dari mas Nuel, calon Pembela Hukum yang baik, jujur dan ramah juga calon novelis. Jangan dianggap serius. Ingat, apa yang kamu baca tidak semuanya benar. Lalu pertanyaannya apakah saya menulis sesuatu yang salah. Intinya saya juga tidak mau disalahkan. Lalu maksudnya apa..? Mana saya tahu. Embuhlah yaw.

Dan alhamdulilah dapat award dari Susu Segar. terimakasih.

2 comments:

  1. setelah p4 dihapuskan
    begini tho penjabaran pancasila..?
    hehe kereeen

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.