Wednesday, 4 September 2013

Ingin Tahu Kebutuhan Kalori..?

SUMBER

Beberapa orang kadang tidak tahu berapa kebutuhan kalorinya sehingga orang cenderung mengabaikannya dan hasilnya ada yang berbadan gemuk atau bahasa halusnya kelebihan berat badan dan cungkring alias kurus. Selain karena faktor tidak tahu menahunya tentang kebutuhan kalori juga disebabkan tidak sebandingnya asupan kalori dengan aktifitas yang dilakukan. Idealnya, semakin banyak aktivitas dan semakin berat aktivitas seharusnya kebutuhan kalori juga meningkat. Sebenarnya hanya sekedar hidup, menghirup dan menghembuskan nafas, manusia juga memerlukan energi dalam hitungan kalori.

Saya akan analogikan pada diri saya. Saya adalah pria ganteng yang disukai banyak wanita (eits apa hubungannya..?) dengan berat badan 80 kg. Saya ambil rata-rata karena sudah dua tahun ini berat badan saya ada pada kisaran 78 – 84 kg. jadi rata-ratanya adalah 80 kg karena ini adalah berat badan yang sering saya lihat pada saat saya menimbang. Kemudian tinggi saya yang 170 cm tentu membuat banyak wanita yang suka dengan saya. #eh salah bos, wanita suka yang panjang bukan yang tinggi.

Aktivitas saya adalah, futsal dua kali seminggu dan lari dalam seminggu ya sekitar 10 km. Dan saya menganalogikan bahwa aktivitas saya sedang-sedang saja karena di kantor saya juga lebih sering duduk daripada berbaring. Kenapa? Karena kalau tidurnya berbaring akan ditegur tapi kalo tidurnya duduk akan terkamuflasekan apalagi di depan komputer yang menyala. Walhasil bisa dibilang,wah habis lembur tu kayaknya.

Kemudian faktor selanjutnya adalah usia. Usia sangat menentukan kebutuhan kalori. Semakin tua kebutuhan kalorinya semakin rendah. Asal anda tahu, jarang sekali ada kakek-kakek yang makannya banyak kecuali kakek gendut, hahhaaaaa….. #ups becanda…


Nah setelah saya hitung dengan sebuah alat (bisa Andakunjungi disini). Saya menemukan fakta unik yang mencengangkan yaitu Kebutuhan kalori per hari saya sebesar 2559.971 Kalori . Sehingga dari kebutuhan kalori tersebut diketahui bahwa Indeks Massa Tubuh saya adalah 27,682.

Hasilnya saya mendapatkan rekomendasi “Setelah anda mengetahui total kebutuhan kalori dan BMI Anda, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan kalori dengan asupan makanan serta olahraga Anda. Hitungannya sederhana: Untuk menjaga berat badan, Anda harus mengonsumsi kalori sebanyak yang dianjurkan. Jika ingin menurunkan berat badan, maka anda harus menciptakan "defisit kalori" dan sebaliknya untuk menaikkan berat bedan, Anda harus menambah kalori dari konsumsi yang dianjurkan.”

Klasifikasi BMI ( Body Mass Index ) :
< 18,5 Berat badan kurang
18,5 sampai 24,9 Ideal
25,0 - 29,9 Berat badan lebih
30 Obesitas

30 comments:

  1. Wanita suka yang panjang? Panjang apanya sih Kakak? Aku kok ngga tahu yah? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya panjang umurnyaa ta mas...
      :)

      Delete
    2. kirain panjang yang di bawah itu... yang menjulur2... Hahaha.... :D

      Delete
    3. yg menjulur yg mana mas..?
      saya kurang paham...
      :P

      Delete
  2. mungkin berat badan saya tidak kunjung bertambah karena kebutuhan kalorinya tidak terpenuhi, dari dulu 40kg terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm....'
      harus banyak makan kayaknyaa..
      :)

      Delete
  3. jarang sekali orang memperhatikan sedetail ini tentang kesadaran konsumsi kebutuhan kalori, kecuali setelah kena penyakit atou obesitas ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...
      dan saya hanya ingin tahu karena sedang diet...
      :P

      Delete
  4. saya nggak ngerti kebutuhan kalori saya sob. Jadi seperti itu cara mengetahui kebutuhan kalori kita.

    ReplyDelete
  5. Wah tinggi banget... 170? Wah, kalo aku ketemu dgmu... aku kudu mendongak dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheee....
      lha ibu berapa tingginya..??

      Delete
  6. wah nambah ilmu nih dari blog ini tentang kesehatan. nice share kawan :)

    ReplyDelete
  7. aku malah ga pernah mikirin kalori om
    tapi yakin kurang. soalnya sejak masuk hutan turun 13 kilo sampe sekarang ga naik naik lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin naik tp keburu disalurkan ke ibue Ncip mas...
      :P

      Delete
  8. ketahuan kan berat badan berlebih :p

    ReplyDelete
  9. Kebiasaan ngemil...bikin juga kalori bisa nambah ya mas :)

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. hahaaa...
      kelebihan berapa mas..?
      hayow dikembalikan....

      Delete
  11. Gawat saya obesitas dunk kalau lihat tingkat standart pengukurannya mas saya berat 50kg :)

    ReplyDelete
  12. Mas alumni STAN ya? Oh ya kebetulan saya tahun ini masuk STAN dan pendidikan di balikpapan mas, boleh minta alamat fb mas atau twit? Mohon sekali mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ni sapa ya..?
      terus ngasihnya gimana nih caranya..??
      FB-ku liat disebelah kanan atas ada kok....

      Delete
  13. Makasih ya infonya, bermanfaat sekali

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.