Friday, 13 April 2012

Pandangan Tentang Pendidikan


SUMBER


Gaji perbulan = Rp5.000.000
Berarti perminggunya = Rp1.250.000
Maka, pendapatan dalam sehari kira-kira = Rp170.000
Apabila jam kerja perharinya 10 jam, berarti perjamnya adalah Rp17.000.

Kita hanya mendapatkan Rp17.000 untuk bekerja selama 1 jam.

Itu sangat parah sekali. Dari kecil kita rela tidur larut malam untuk mengerjakan tugas sekolah, bangun pagi-pagi supaya tidak telat berangkat sekolah, rela menghabiskan 8 jam untuk belajar disekolah, kemudian melanjutkan belajar ke perguruan tinggi dan susah-susah menyelesaikan skripsi.

Anda bayangkan berapa biaya yang dikeluarkan selama bersekolah (TK, SD, SMP, & SMA) hingga belajar diperguruan tinggi. Jumlahnya pasti sangat luarbiasa besarnya.

Setelah anda tuntas dari sekolah / perguruan tinggi, anda hanya dibayar Rp17.000 /jam. Tukang parkir saja mampu mendapatkan Rp2.000 x 10 kendaraan = Rp20.000/jam.

Untuk mendapatkan Rp17.000 /jam (Rp5.000.000/bln), itupun harus menyelesaikan studi minimal S1 - S2. Lalu, bagaimana dengan gaji anda saat ini? Anda dapat memperhitungkannya sendiri.

Jika anda menganggap pembicaraan ini adalah Omong Kosong, itu terserah anda. Yang pasti inilah realitanya.

-------------------------------------------------

Hal inilah yang sebenarnya sangat SALAH. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa, "Sekolah / Perguruan Tinggi diselenggarakan hanya untuk satu tujuan, yaitu untuk Mendapatkan Mata Pencaharian, atau sederhananya untuk Mendapatkan Uang".

Apabila anda memiliki pemikiran yang sama dengan kutipan tersebut, maka anda Sangat Salah Besar. Karena bila anda berfikir dengan belajar di Sekolah / Perguruan Tinggi, anda akan mampu mendapatkan Uang, itu menandakan anda tidak pernah berfikir berapa total biaya yang dikeluarkan selama anda bersekolah. Apabila anda pernah berfikir mengenai hal tersebut, maka anda pasti akan mengetahui bahwa penghasilan / gaji anda selama 10 tahun pun tidak akan mampu menutupi biaya yang dikeluarkan selama anda bersekolah.


Lalu, apa sebenarnya tujuan utama adanya sebuah Lembaga Pendidikan (Sekolah / Perguruan Tinggi) ?
Tujuan utamanya adalah "Menciptakan masyarakat yang memiliki Atitude, Intelektual, Inteligence, Leadership, Cendekiawan, Productive, Performance dan Quality yang tinggi". Sehingga terciptalah sebuah kehidupan masyarakat yangmana sesuai dengan misi & visi, serta tujuan utama adanya manusia dimuka bumi ini.

Sumber: facebook seorang teman

41 comments:

  1. kudu demo niih ame boss, biar gaji gue di naekin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa..
      aq ga rekomendasikan lho..
      :)

      Delete
  2. wekekekeke..
    kalo parameternya uang terus ya gitu..
    rasanya rugi mulu :D

    ReplyDelete
  3. Iya emang miris, harusnya gaji2 S1 itu minimal 20 jt lah per bulan.. :D
    Tp mau gimana lagi bos, uangnya kan udah dimakan tuh sama koruptor, politik kita kacau, itu yg buat ngara kita miskin sampe 100 jt keturunan ttep aja miskin.. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaah...
      ga logis...
      kenpa menyalahkan koruptor untuk gaji 20 juta...??
      salahkan perusahaan...
      bekerja untuk negara dan sekarang banyak membuat orang ga nasionalis karena mereka menuntut seoalh negara ini adalah milik moyangmu seorang.....
      :P

      Delete
    2. iih asik tuh feb.. gue juga mau dibayar 20juta... hahahaha

      yah tapi itulah kenyataan yang ada di negeri ini.. negeri ini emang miskin apresiasi... menyedihkan....

      beda sama di luar negeri, khususnya amrik... pernah dengar kan ada orang dibayar mahal cuma buat nonton? di sana orang ga segan2 ngasih duit lebih buat anggaran gajinya... pesepakbola aja gajinya rata2 di atas 1M rupiah lho.... :(

      kapan yah negara ini bisa mengapresiasi karya orang lain?

      Delete
    3. hmmm.....
      kapan ya...??
      kadang yg berkarya jg kurang mengapresiasikan karyanya..
      :P

      Delete
  4. Saya jadi merenung setelah membaca postingan ini. Saya harus mempunyai usaha sendiri selain bekerja di tempat kursus yang gajinya cuman UMR. Saya menjadi seorang pemikir sekarang, lebih banyak merenung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang lebih diperlukan dari sekedaar merenung adalah aksi mas..'
      :)
      ditunggu aksinya....

      Delete
  5. wih wih, bahasanya tinggi sekali.....
    tapi saya sangat setuju dengan tujuan sekolah.
    yng kmu tulis ^^

    ReplyDelete
  6. Sekolah adalah golek ilmu. Dengan ilmu, yang cukup kita mampu mengarungi bahtera kehidupan. Kalau hanya sekedar cari uang, salah besar kawan.

    ReplyDelete
  7. lagian kalo cuma pengin duit banyak ngapain buang-buang duit buat sekolah, juga ngapain sekolah kalau cuma kepengin punya banyak duit. mending kayak saya, sekolah tidak punya duit juga enggak. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan mungkin kayak orang yg mencari laba dari berdagang..
      butuh modal untuk mendapatkan income..
      :P

      Delete
  8. sepertinya lagi galau soal uang atau emang ngikutin galaunya temen soal keuangan.
    kalau parameter uang mungkin kurang bang. tapi kalau parameter mencari nafkah (ibadah) sah sah saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm..
      boleh saja mas sudut pandangnya diubah...
      :P

      Delete
  9. untungnya kagak terpantok gaji kantor kaya orang pada umumnya,karena ja kerja flexibel soalnya udah jadi BOS :)
    jadi kagak usah takut PHK dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus disyukuri mas...
      anda beruntung daripada yg lain termasuk saya..
      :)

      Delete
  10. untungnya kagak terpantok gaji kantor kaya orang pada umumnya,karena ja kerja flexibel soalnya udah jadi BOS :)
    jadi kagak usah takut PHK dll

    ReplyDelete
  11. super bung zone :D

    mungkin negara kita masih miskin duit, tapi tenang negara kita kaya hati :)

    walaupund dibandingkan dengan luar negeri msalah gajih kita jauh tertinggal, karna di luar negeri pekerja itu dibayar perjam tidak seperti kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhmm...
      itungannya saja mungkin yg beda saudara regas..
      anda membuat saya kaget dengan 3 pocong idiot anda..
      :P

      Delete
    2. uhh nggak has memang benar kalau di luar negeri itu gajih dihitung perjam dan perjamnya bisa = satu hari orang bekerja di Indonesia loh.
      hahaha gue selalu ngasih kejutan :p

      Delete
    3. hahahaa...
      kalo gtu km kerja di luar negeri aja gas...
      kerja 360 jam...
      dan sisanya bisa bersantai di negeri sendiri...

      tu juga kalo barang kebutuhan yg km beli di luar negeri semurah di indonesia..
      :P

      Delete
  12. gue pengen juga gaji dikantor gw kek gtu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaa...
      usul saja mbka ma kantor mbak..
      :)

      Delete
  13. waaaaaaaaaaaaaaaaooo ruaaaaaaaaarr biasaaaa....nice post dan saya ga kedip bacanya. shoked abis...

    tadinya menurut saya 5jt perbulan itu gede banget ternyataaa... 17rb perjam, duh jadi inget gaji saya waktu kerja di salah satu bank swasta yg warnanya kuning 1,5 cuma hadeeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhh. padahal saya s1.

    visit back ada postingan baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm....
      bank waarna kuning emng bank apa mbak..>??
      saya juga pernah baca gtu..
      cm saya denger kerja di bank kalo udah jai karyawan tetap gede jg gajinya...
      ada temen saya kerja di salah satu bank BUMN dan oke jg gajinya..

      Delete
  14. seharusnya sekolah gratis, negara yang melayani masyarakat bukan sebaliknya

    ReplyDelete
  15. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    ReplyDelete
  16. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm...
      kayaknya kalimatmu sama mas bro setiap kunjungan...
      :)

      Delete
  17. yap.. setuju banget.
    lagian, kalo cuma buat dapet uang sih, anak lulusan SMP disuruh jualan juga udah bisa dapet uang tuh.. anak Sd aja banyak kok yg jualan

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.