Wednesday, 1 February 2012

Kriteria Blogger


SUMBER


Blogger adalah pengelola blog dengan berbagai macam platform, entah blogspot, wordpress, multyplay, dll. Blogger ada berbagai macam, ada yang menceritakan kehidupan seharinya (diary), ada yang membahas suatu masalah atau beberapa masalah, ada yang mengedit news di situs lain dan memasangnya diblognya, ada yang menyediakan link download lagu, film ataupun video-video tertentu. Intinya semua blog mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Tak patut sebenarnya membandingkan antara satu dengan yang lain. Namun bagaimanapun juga, ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menilai blogger dan kriteria ini hanya bersifat subjektif.


Blogger Peduli Isi
Ini adalah blogger yang mengutamakan isi. Dia memberikan nuansa dan warna baru, membahas masalah dengan sudut pandang baru dan tentu saja adalah hasil karya sendiri, bukan sekedar copy paste. Dia tidak memposting beberpa postingan dalam sehari namun postingannya mempunyai banyak pembaca dan pengomentar.

Blogger Colour Full
Ini adalah tipe blogger yang memperhatikan tampilan. Mereka membuat pembacanya nyaman dalam membaca. Mereka mengatur font tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar sehingga orang tidak kesulitan membaca. Mereka juga mempedulikan pewarnaan terhadap tulisan dan penulisan hurufnya. Mereka menghiasi blognya dengan berbagai aksesoris yang dapat menarik dan membantu pembaca menemukan apa yang ingin dia cari. Dan tentu saja mereka juga memperhatikan besar muatan tampilannya agar mudah di dalam proses loadingnya. Sehingga tidak membuat pembacanya bosan dan menutupnya tanpa menunggu selesai loading.

Blogger Ramah
Ini adalah blogger yang sopan dan mengetahui adat berteman di dunia maya. Ketika dia mendapat kunjungan, dia akan mengunjungi balik. Sering memberi komentar yang berbobot atau sekedar memberi tahu bahwa di telah berkunjung. Dia juga kadang mengenalkan teman blogger lainnya di blognya dengan membahasnya, atau merujuknya di dalam postingannya. Dia senang mem-follow lebih dahulu sebelum meminta kesediaan untuk di follow up.

Blogger Gaul
Ini adalah blogger yang sering woro-wiri di acara GA, kontes atau perlombaan apa pun yang diadakan oleh teman blogger lainnya. Walaupun dia kadang hanya sekedar ikut untuk meramaikan.

Blogger Dermawan
Ini adalah tipe blogger yang disukai. Dia adalah blogger yang sering mengadakan acara GA, kontes atau jenis perlombaan lainnya. Dia rutin mengadakannya. Walaupun kadang hadiahnya bukanlah barang mewah dan mahal namun dia telah menunjukkan bahwa dia suka berbagi. Dalam memberikan syarat dalam GA atau kontesnya juga tidak terlalu memberatkan dan dapat dipastikan setiap blogger bisa mengikuti, entah yang sibuk, super sibuk atau yang gaptek.

Mungkin kriteria di atas dapat membantu dalam menentukan apakah teman-teman adalah blogger yang cool and smart..?
Hanya teman-temanlah yang patut menilai blog teman-teman sendiri. Jangan pedulikan omongan orang lain, itu tidak baik. Dan jangan memvonis blog orang lain dengan kriteria di atas, itu kurang bijaksana.


Artikel ini disertakan padaCool and Smart Blogger Giveaway yang diadakan oleh KakaAkin.

19 comments:

  1. masih inget gue nggak ya has? gue udah ubanan kubisan sekrang ._.

    ehh ngemengngemeng gue blogger tipe apaan ya?

    ReplyDelete
  2. kalau saya Blogger yang baik hati, rajin menabung dan tidak sombong.. :)

    ReplyDelete
  3. saya suka tuh ama blogger dermawan. pasti kamu juga suka ya, hehhee. kok gak ada kriteria blogger profesional dan newbie-nya?

    ReplyDelete
  4. Setuju banget, kita tidak bisa menghakimi blogger manapun :)

    Terima kasih sudah ikutan pada "Cool and Smart Blogger Giveaway"
    Sudah dicatat sebagai peserta :)

    ReplyDelete
  5. Blogger gaul itu sama aja dengan banci kuis.. hehehe.. Tapi kehadiran mereka membuat blogger Indonesia semakin berwarna..

    ReplyDelete
  6. sip, trmksih buat tmbahn infonya..
    slm.

    ReplyDelete
  7. aku ikut kriterianya ngga yah??? :-D

    ReplyDelete
  8. blogger tukang copas kayak terselubung masuk blogger mana dihas?

    ReplyDelete
  9. sepertinya gue termasuk ke bologger yang ramah.... hahaha

    ReplyDelete
  10. ada tag buatmu

    http://immanuels-notes.blogspot.com/2012/02/mungkin-ini-memang-akhir-dari-posting.html

    ReplyDelete
  11. keknya aku masuk semua kriteria deh.. hahaha.. #plak

    ReplyDelete
  12. kalo gue masuk kriteria mana ya?

    ReplyDelete
  13. Aku termasuk blogger yang mana ya? aku sih kalau dilihat kriterianya, gabungan 2 atau 3 tipe blogger hhahaha

    ReplyDelete
  14. wah saya yang mana ya :)
    tanks kawan sharenya
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  15. masih donk gas....
    lama jg ku ga nengok km...
    :P



    oke mas yudi...
    :)



    hahaha....
    boleh tu mas rusydi ditambahin...
    :P

    ReplyDelete
  16. oke mbak kakaakin...
    :)



    yoi mas feby...
    :)



    oke kiowa...
    :)

    ReplyDelete
  17. hayo ikut ga mbak jiah...
    :P


    mana ya mas ario...
    :P


    oke mas nuel...
    :)

    ReplyDelete
  18. oke mbak cova...
    :)


    mana joe...
    :P



    oke mas reza...
    :)



    yg mana hayow mas ardhi...
    :P

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.