Saturday, 16 July 2011

Mencoba Mengilustrasikan Kamadhatu


Kamadhatu adalah salah satu tingkatan dalam tatanan kehidupan rohani yang dipercaya penganut Budha untuk menggambarkan tingkatan yang ada di Candi Borobudur. Setiap teori mempunyai implementasi yang berbeda dan salah satunya adalah ini, yaitu diawali dengan Kamadhatu, Rupadhatu dan Aruphadatu.


Kamadhatu yang berada di dasar Candi menggambarkan kehidupan manusia pada taraf dimana nafsu masih mencengkeram kuat. Relief pada Kamadhatu tidak diperlihatkan secara umum karena isinya adalah seperti “kamasutra” dan keadaan nafsu lainnya.

Oke, saya ingin meceritakan tentang teman saya yang saya panggil John, saya masih pelit jadi saya tidak akan menceritakan nama lengkapnya. Kepelitan saya dimualai dari ini. John adalah teman SMP saya. Tiga tahun saya dan John sekelas dan tiga tahun John menjadi yang terbaik di kelas. John memang pintar. Bahkan saat pengumuman kelulusan atau hasil Ujian Nasional, John tetaplah nomor satu.

John adalah pemalu, ini karena John mempunyai kemaluan. Wakakaka….

Melihat John sekilas akan membuat Anda salah tafsir, maka lihatlah John lebih lama dan  Anda akan bosan dan merasa bodoh mengapa harus melihatnya. Hmm…..

Saat masih SMP dan waktu itu adalah kelas dua, saya selalu bermain PS berdua dengan John di hari minggu. Saya dan John pernah main PS tanpa di-timer oleh penjaga PS dan saat sudah main selama kurang lebih 5 jam, saya dan John ketahuan namun dengan tenang kalau kami ingin main PS dua jam, hehehehehe….. kami yang terkesan membodohi atau kami yang lugu ya…??

Sekarang saya dan John kembali dalam satu almamater, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. John adalah penghuni kelas D3 Perbendaharaan Negara sedangkan saya cukup bangga dengan D1 Bea dan Cukai. Insya allah John dan saya akan lulus dalam tahun yang sama, 2011.

Terkait dengan judul di atas, ini adalah komentar saya kepada dua foto gila John di candi Borobudur di Kamadhatu. Dalam foto itu John terkesan seolah-olah sedang memvisualisasikan adegan di dalam relief Kamadhatu. Saya salut bagaimana John memvisualisasikan. Good job John.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja lihat barang buktinya.

Nb: untuk Anda semua yang ingin menjadi fans John, silahakan klik.
visualisasi kamadhatu by Hendy


11 comments:

  1. waduh itu menghayati candinya kah sampai gtu pose fotonya hehehehe

    ReplyDelete
  2. yupz bener bangets mbak....
    hehehehehee....

    ReplyDelete
  3. john simpen numer HP ku di hatimu ben ra ilang.....

    ReplyDelete
  4. hehehe..
    ok, sbagai info jga.
    bgs, trmksih ya mas

    ReplyDelete
  5. yups sama-sama mbak KLKDKR....
    :)

    ReplyDelete
  6. narsisnya si john.... tapi mana fotonya lu sob??

    ReplyDelete
  7. iya mas Nuel...

    tp sesungguhnya John adalah pria pemalu....

    ReplyDelete
  8. Sebenarnya isi kamadhatu bukan cuma kamasutra, dan jangan diidentikkan nafsu dengan kamasutra.
    Sebagai tingkatan paling bawah dari sebuah kesempurnaan, kamadhatu adalah sisi manusia yang masih tergoda dengan kesenangan duniawi, masih hedonis, egois, dan belum mengenal Budha dengan baik.

    ReplyDelete
  9. sepertinya oma juga mengerti tentang kamadhatu nii....
    :)

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.