Friday, 10 June 2011

ASAL MULA KEHIDUPAN, BERBAGAI TEORI DAN PANDANGAN


Berabad-abad, bahkan beribu tahun sudah para ahli filsafat mencoba menguraikan teka-teki tentang eksistensi dan asal  mula dari alam semesta. Pada masa kini, perhatian mereka   lebih  terfokus  secara  khusus  pada  asal  mula terciptanya kehidupan. Dilema yang mereka hadapi ialah tentang siapa yang mendahului siapa, apakah ayam yang meletakkan telur ataukah telur  yang menetas menjadi ayam? Tantangan terberat yang mereka hadapi adalah tentang bentuk penciptaan dari material organik. Material organik merupakan produk dari kehidupan, sedangkan kehidupan itu sendiri merupakan produk dari material organik. Bagaimana prosesnya sehingga  bahan  kimia inorganik berubah  menjadi  organik  sebelum terciptanya suatu bentuk kehidupan?


Problema yang menghadang para periset ternyata bersifat paradoksal. Setiap problema yang berhasil dipecahkan malah menimbulkan lebih banyak lagi problema baru yang mungkin lebih sulit dipecahkan. Setiap   pertanyaan   yang   terjawab   mengarah   kepada serangkaian pertanyaan lain yang belum terjawab. Dengan berlangsung- nya kegiatan riset dan bertambah banyak ilmuwan yang berpartisipasi, terkadang  sepertinya  beberapa  peneliti  berhasil  menemukan  harta karun. Adanya temuan demikian menimbulkan kegemparan di antara sebagian mereka yang cenderung melebih-lebihkan hasil temuan mereka jika  kebetulan  sejalan dengan  gambaran  konsep  mereka  tentang bagaimana  proses   sesuatu seharusnya  berlaku.  Sebagian  lainnya bersikap lebih berhati-hati  dan  selalu mengingatkan rekannya agar jangan tergesa-gesa mengambil kesimpulan.

3 comments:

  1. yah, semuanya memang relatif.. benar untuk sekarang, tetapi belum tentu kedepannya akan benar juga,

    ada rahasia dibalik rahasia. dan tugas kita untuk menyingkapnya..

    ReplyDelete
  2. sepertinya itu adalah awal pemikiran dalam kehidupan dan yg kemudian kitapercayai....bener ga mbak SCB...??

    bener tugas kita adalah belajar menyingkapnya...

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.