Thursday, 15 March 2012

17 September 2010 – 11 Januari 2012


SUMBER

Selama kurun waktu satu tahun lebih Dihas telah berkali-kali naik pesawat. Kalau dulu naik pesawat adalah hanya ada di angan sekarang naik pesawat sudah biasa. Semua ini gara-gara diterima STAN, PD I BC, otomatis tempat pendidikan di daerah, bukan di Jakarta, Rawamangun atau Bintaro. Sebenarnya Dihas malah belum pernah ke kampus pusat STAN. Ya beruntung kalo tempat pendidikan di daerah itu Jogjakarta, lha ini di Balikpapan, jauh men, siapa bilang sekolah STAN gratis. Ternyata tidak, seperti Dihas misalnya, bolak-balik Jogjakarta-Balikpapan, memang harga tiket pesawat seperti harga kacang rebus, bisa ditawar.


Total Dihas sudah 6 kali naik pesawat. Bukan mau menyombong cm mau menegaskan bahwa itu sudah cukup membuat BKK (Badan Keuangan Keluarga) bokek. Ditambah belum diangkatnya lulusan STAN tahun 2011, baik D3 maupun D1. Duh Gusti, hidup memang kejam, ingin bernafas lega pun susah.

1.  Mandala
Peswat ini sekarang sudah tidak beredar, bukan karena stock atau persediaan terbatas namun karena sudah bangkrut. Waktu itu saat momen lebaran, jadi harga tiket mahal, melonjak gila-gilaan. Inilah salah satu ajian yang umum di Indonesia, aji mumpung, mumpung lebaran, mumpung naikin harga, mungkin bisa untung sebanyak-banyaknya. Sebenarnya berapa sih untun yang cukup, sepertinya manusia tidak pernah merasa beruntung hingga dia masih terus menerus mencari dan payahnya kalau sampai serakah. Waktu harga tiket untuk Jogjakarta-Balikpapan dengan Mandala adalah 1.350.000 IDR.
2.  Citilink
Liburan semester satu selama tiga minggu. Dihas pulang, sudah kangen dengan masakan Ibu. Kali ini Dihas mencoba rute lain bersama seorang teman, Balikpapan-Surabaya. Harga tiket Citilink waktu itu 343.000 IDR plus ongkos bus sampai Magelang adalah 87.000 IDR.
3.  Citilink
Habis liburan semester, Dihas kembali lagi ke Balikpapan. tiket pesawat dari Jogjakarta mahal, Dihas bersama seorang temannya memilih lewat Surabaya. Harga tiket waktu itu 300.000 IDR plus ongkos naik bus ke Surabaya 87.000 IDR.
4.  Lion
Mencoba berganti pesawat. Kali ini setelah yudisium Dihas dipastikan pulang kampung. Dengan tiket seharga 315.000 IDR tujuan Surabaya dari Balikpapan. plus 87.000 untuk sampai rumah.
5.  Lion
Lulusan STAN diharuskan tes psikotes dan harus kembali ke Balikpapan. karena Desember semua tiket mahal. Dari Surabaya juga naik harga tiketnya. Akhirnya Dihas memilih dari Jogjakarta, karena kalau ditambah ongkos naik bus sama IDR yang dikeluarkan, hanya beda tipis. Harga tiketnya adalah 630.000 IDR.
6.  Garuda
Masih teringat karena masih bulan yang sama, Januari (baca ini). Dengan GA 665, Dihas pulang lagi setelah pengumuman tak kunjung ada. Kebetulan Dihas mendapat best price dengan harga 595.000 IDR plus 30.000 IDR.

Dari 6 kali penerbangan, Dihas merasa, penerbangan nomor 6 yang paling istimewa.
Jadi sebenarnya kuliah STAN juga butuh modal lho, hitung saja ongkos pesawat di atas. Itu semua adalah best price dan harga keberuntungan (promo dan ekonomi).

19 comments:

  1. wah pengalaman ya naik pesawat macam2.

    ReplyDelete
  2. kacian. . .. emang smua butuh pengrbanan dihas. .. . owh wong yogjo to. . . ki neng yogjo po neng balikpapan. . ???

    ReplyDelete
  3. kapan ya saya bisa naik pesawat?

    ReplyDelete
  4. ayo cobain pesawat yg lain jg dihas biar semua pesawat kamu cobain :P

    ReplyDelete
  5. wak kalo aku terakhir kali naek pesawat itu waktu kelas 2 sd.... lama yah has? hahahaha

    ReplyDelete
  6. wah hebat masuk stan dong brarti ya?

    ReplyDelete
  7. waaww..keren. mondar mandir pke pesawat..

    ReplyDelete
  8. Wah enak gan bisa gonta-ganti naik pesawat...

    ReplyDelete
  9. Aku malah belum pernah naik pesawat. Rasanya gimana sih naik pesawat?
    Kereta aja ane baru sekali doang. Ane lebih banyak naik bis sob.

    ReplyDelete
  10. kaget lihat harga pesawat mandala?
    coba naik sriwijaya...murah loh kebalikpapannya?

    ReplyDelete
  11. nice posting, salam sobat blogger :)

    ReplyDelete
  12. Waduuhh hebat kali kau ini bro. aku wae durung pernah numpak otong abung. :D piye rasane???

    ReplyDelete
  13. kapan ya saya bisa naik pesawat?? Hhehe..
    untung saja pas pendidikan kemarin saya dapat yang Prodip I Jogja, jadi biayanya tak sebanyak itu....

    salam korsa......

    ReplyDelete
  14. naik fly emirates aja :p

    ReplyDelete
  15. jadi pengen naik pesawat
    hahag

    ReplyDelete
  16. kapan saya diberi kesempatan naik pesawat

    ReplyDelete
  17. wah saya paling seneng naik garuda mas, best price pun pelayanannya sama :D
    apalagi kalo terbang pagi, pesawatnya sepi, banyak kursi kosong, jadi bisa duduk dimana aja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah ngerasain best prise sekali..
      :P

      Delete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.