Friday 9 March 2012

Jagalah Kejujuran


SUMBER


Pelajaran moral yang paling berharga dan mulai dilupakan adalah kejujuran. Orang jujur mulai menjadi sesuatu yang asing dan jarang ditemui di masyarakat seolah mereka adalah spesies lain. Kejujuran hanya menjadi sebuah kosa kata yang kehilangan bentuk dan maknanya di setiap perilaku manusia masa kini. Kejujuran mulai hilang dari muka bumi. Bahkan kadang orang untuk jujur harus meminta maaf terlebih dahulu, “Maaf saya harus jujur….”. Ironisnya orang berlaku jujur karena terpaksa, “Saya terpaksa berkata jujur…..”.


Salah satu alasan kejujuran mulai langka adalah bahwa setiap perbuatan ada konsekuensinya. Konsekuensi dari orang jujur adalah tidak diterima, diacuhkan dan dijauhi. Orang jujur tidak bisa diajak kompromi dan tidak menerima suap dalam bentuk apa pun. Kejujuran menghambat program pemulusan, penyuapan dan korupsi. Mirisnya kejujuran dianggap menghambat kesuksesan.

Setahun yang lalu tersiar berita yang miris bahwa anak SD bersekongkol untuk melakukan ketidakjujuran dalam ujian. Dan lihat yang menentang dan melaporkan, mereka orang jujur. Mereka masuk TV dan diwawancarai. Mereka terlihat unik dan menarik.

Anak SD pun sudah berani melakukan ketidakjujuran. Apakah kemudian ini bisa digunakan untuk memaklumi pejabat-pejabat yang tidak jujur, yang tidak amanah dan yang menyeleweng. Mungkin seharusnya sarat untuk menjadi pejabat selain yang pokok dan wajib adalah menjunjung tinggi Pancasila dan UUD 1945 juga harus ditambahkan mampu mengamalkan kejujuran di setiap tingkah laku dan perbuatan.


Mereka yang berlaku tidak jujur juga bukan tanpa alasan. Mereka melakukannya dengan alasan. Kejujuran mereka anggap sebagai sesuatu yang tidak mendatangkan keuntungan hanya membawa kemalangan dan kesengsaraan. Sedangkan ketidakjujuran adalah hal yang menguntungkan dan membawa kemujuran juga kejayaan. Jadi orang tidak jujur melakukan ketidakjujurannya dengan sadar. Sadar bahwa mereka tidak jujur.

Orang yang mulai tidak jujur akan selalu mencari alasan untuk menutupi ketidakjujurannya. Alasan yang dipakai adalah alasan yang tidak jujur. Orang tidak jujur akan selamanya berbuat tidak jujur. Sulit diharapkan melihat orang tidak jujur melakukan sebuah kejujuran. Ketidakjujuran seseorang akan memberikan cap dan loreng pada dirinya sehingga orang lain yang bermata jujur akan melihatnya dan merasa jijik.

Dampak dari ketidakjujuran sangat luas. Bahkan bisa dikatakan bahwa sumber perbuatan buruk lainnya berasal dari ketidakjujuran. Orang yang tidak bisa berbuat jujur dapat diragukan dia tidak melakukan keburukan lainnya. Orang tidak jujur pasti tidak amanah. Orang tidak jujur akan dengan mudah mengkhianati pasangannya, orangtuanya, bahkan negaranya. Orang tidak jujur pasti mencuri, merampok dan korupsi. Orang tidak jujur juga akan dengan mudah dan tanpa bersalah menebar isu dan fitnah. Orang tidak jujur suka dengan hal berbau suap-menyuap. Dapat dipastikan bahwa orang tidak jujur adalah orang yang berbahaya.

Sesungguhnya orang tidak jujur tidak sedang menipu siapapun. Orang tidak jujur juga bukan sedang mencoba menipu Tuhan. Orang tidak jujur hanya sedang mencoba menipu diri sendiri, mengkhianati diri sendiri dan menyiksa diri sendiri. Ketidakjujurannya akan kembali kepadanya. Ketidakjujurannya akan menyeretnya. Dan ketidakjujurannya akan mempermalukannya dan menyiksanya.

Marilah kita mengintropeksi diri apakah kita sudah melakukan dan mengamalkan kejujuran. Awalilah diri kita untuk menjadi contoh kejujuran bagi orang lain. Jangan ragu untuk menjadi orang jujur. Jujunglah kejujuran di puncak istana harga diri kita. Jangan sampai orang jujur menjadi selangka komodo sehingga harus dibuatkan habitat khusus untuk orang-orang jujur. Jagalah kejujuran.

Dihas Enrico

7 comments:

  1. makasi udah mengingatkan sob. aku akan jujur mulai saat ini

    ReplyDelete
  2. kejujuran ada pada setiap hati nurani...
    :)

    ReplyDelete
  3. jujur, saya berkomentar sekarang karena ingin jujur kepada anda, jujur ini komentar saya

    ReplyDelete
  4. aku punya usul, bagaimana kalau para pejabat dimasukkan ke program Uya Kuya? jadi mereka bisa ngomong jujur apa adanya tentang apa yang dia lakukan selama menjadi pejabat... hehe

    ReplyDelete
  5. Introspeksi diri, saya masih belum jujur. Karena saya menyadari kalau saya masih tidak sempurna. Jujur demi diri sendiri sangatlah sulit. Semoga saya bisa berlaku jujur kelak.

    @TUKANG COLONG : Serius loe mau berubah?

    ReplyDelete
  6. "Jangan sampai orang jujur menjadi selangka komodo sehingga harus dibuatkan habitat khusus untuk orang-orang jujur" >> jangaaan lah sampai seperti ni #amin :)

    ReplyDelete
  7. aku sudah sering dibohongi dihas.. :(

    ga ada lagi kejujuran

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.