Thursday 14 July 2011

FAQ (Frequently Asked Questions) about STAN


Karena banyak yang tanya tentang USM STAN gimana dan bagaimana maka dari sebuah FB seorang teman saya mendapatkan ini.
semoga bermanfaat....!


Q: Kapan Pendaftaran USM STAN ?
A: Pendaftaran USM STAN 8 – 17 Jui 2011 via http://usm.stan.ac.id
Q: Program diploma apa saja dibuka?
A: Program yang dibuka adalah D1 Pajak dan Bea Cukai
Q: Apakah tahun ini ada program D3?
A: Tidak ada Progam D3 untuk tahun ini.
Q: Kenapa tahun ini tidak dibuka program D3?
A: STAN berbeda dengan universitas lain. STAN belum tentu setiap tahun continyu membuka pendaftaran. Penerimaan STAN disesuaikan dengan kebutuhan dan formasi yang tersedia.
Q: Bagaimana Tahapan Pendaftaran USM STAN?
A: Sistem Pendaftaran Online (http://usm.stan.ac.id), setelah mengisi form, print out bukti pendaftaran dicetak dan semua berkas pendaftaran dikirimkan via pos kilat khusus ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN 2011/2012 PO BOX STAN JKS 12000. Pembayaran dilakukan setelah berkas diverifikasi oleh panitia. Setelah verifikasi peserta mengambil print out BPU sesuai jadwal yang ditetapkan.
Q: Syarat-syarat Pendaftaran USM STAN?
A:
  • Berijazah SMA/sederajat,
  • Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7.00,
  • Nilai bahasa Inggris pada ijazah minimal 7.00 (tahun 2011), nilai ujian tertulis bahasa inggris minimal 7.00 (tahun 2010 dan sebelumnya).
  • umur tidak kurang dari 17 tahun per 30 september 2011 dan tidak lebih dari 20 tahun per 1 september 2011.
  • Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas narkoba
  • Bersedia tidak menikah selama pendidikan
Q: Apakah lulusan SMK semua jurusan boleh mendaftar?
A: Lulusan smk semua lulusan boleh mendaftar
Q: Bagaimana yang dimaksud dengan Nilai Rata-rata Ijazah?
A: Gabungan semua nilai di ijazah dibagi jumlah mata pelajaran
Q: Apakah STAN Ikatan Dinas?
A: STAN adalah PTK dan Lulusan STAN setelah lulus pendidikan diangkat menjadi CPNS.
Q: Jika DO dari pendidikan, Apakah tetap diangkat jadi CPNS?
A: Yang dikeluarkan dari pendidikan tidak akan diangkat jadi CPNS
Q: Apakah USM STAN menerima pembayaran tunai?
A: Tidak. Pembayaran melalui setor bank, setoran harus atas nama peserta. Tidak menerima transfer melalui ATM, SMS Banking dan Internet Banking. Panitia tidak menerima bukti pembayaran kolektif.
Q: Transfer ke No Rekening berapa dan atas nama siapa?
A: Mandiri 128 000 554 888 5 Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN
Q: Jika telah melakukan penyetoran sebelum periode penyetoran ke bank, bolehkah bukti transfer tersebut digunakan untuk pengambilan BPU?
A: Boleh, dengan catatan harus bukti setornya ada.
Q: Tes apa saja selama USM STAN?
A: TPA dan Bahasa Inggris, Tes Kesehatan dan Kebugaran, dan Assessmet
Q: Apa itu assessment?
A: suatu pendekatan sistematis untuk mendapatkan informasi tentang individu. Informasi ini digunakan untuk membuat keputusan terkait dengan karier peserta. Assessment dapat berupa tes tertulis dan/atau wawancara.
Q: Apa saja syarat untuk mendaftar Prodip Bea Cukai?
A: Laki-laki, tinggi lebih dari 165cm, tidak buta warna, dan minus kurang dari 3,00.
Q: Bolehkah mata minus lebih dari 3,0 mendaftar USM STAN?
A: Minus lebih dari 3,0 diperkenankan mendaftar tapi tidak boleh memilih prodip Bea Cukai
Q:Bolehkah perempuan memilih jurusan bea cukai
A: Tidak boleh.
Q: Apakah harus memilih semua pilihan jurusan pada saat mendaftar?
A: Iya. Jumlah pilihan ada 2. Jika perempuan maka cuma ada 1 pilihan.
Q: bolehkah seseorang yang cacat fisik mendaftar?
A: boleh, dengan catatan cacat tidak menghalangi dalam mengikuti tes usm stan.
Q: bolehkan berijazah luar negeri mendaftar usm stan?
A: Dapat mendaftar jika ijazahnya telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan.
Q: bolehkah berijazah pesantren mendaftar usm stan?
A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat.
Q: bolehkah berijazah paket C mendaftar usm stan?
A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat
Q: Batas Umur mendaftar usm stan?
A: Boleh mendaftar jika umur di atas 17 tahun per 30 september 2011 (artinya lahir sebelum 30 september 1994) dan umur di bawah 20 tahun per 1 september 2011 (artinya yang lahir sebelum 1 september 1991 tidak diperkenankan mendaftar)
Q: bagaimana jika tanggal lahir di ijazah tidak sama dengan tanggal lahir yang tercantum di tanda pengenal? Padahal yang benar adalah di tanda pengenal?
A: tanggal lahir yang digunakan untuk mendaftar usm stan adalah yang tercantum di ijazah, jika berbeda maka harus menyertakan RALAT ijazah dengan mencantumkan tanggal lahir sebenarnya.
Q: Jadwal kegiatan usm stan 2011?
A: Pendaftaran
  • Pendaftaran: 8-17 Juli 2011
  • Pengiriman berkas: 8-18 Juli 2011
  • Penyetoran ke Bank: 29 Juli 2011 - 5 Agustus 2011
  • Pengambilan BPU: tercantum pada hasil verifikasi berkas
Ujian:
  • TPA & TBI : 21 Agustus 2011
  • Kesehatan & Kebugaran : 3 -8 Oktober 2011
  • Assessment: 24-30 Oktober 2011
Pengumuman Hasil Ujian:
  • TPA & TBI :  29 September 2011
  • Kesehatan & Kebugaran: 17 Oktober 2011
  • Assessment: 17 Nopember 2011
Q: bagaimana cara menghubungi Panitia Pusat USM STAN?
A:
  • Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan 15222. Cq: sekretariat panitia usm stan
  • Telepon: (021) 35999960-63
  • Email/Gtalk: usm@stan.ac.id
  • Twitter: @usmstan
  • Facebook: http://www.facebook.com/usm.stan.ac.id
Q: Bolehkah surat menyurat selama usm stan?
A: Tidak boleh
Q: Berapa kota penyelenggaran USM STAN se Indonesia?
A: 26 kota
Q: Apakah STAN membuka kelas bayar (STAN Swasta)?
A: STAN tidak membuka kelas berbayar
Q: Bolehkah mengirim berkas selain dengan POS?
A: Tidak boleh. Harus melalui POS
Q: Jika alamat dekat dengan STAN, bolehkah berkas diantar sendiri?
A: Tidak boleh. Harus melalui POS
Q: Berapa kuota yang diterima tahun ini?
A: Jumlah yang diterima dapat dilihat pada pengumuman hasil akhir usm stan
Q: Apakah kuota setiap daerah sama?
A: Tidak ada kuota daerah
Q: Harus bagaimana warna latar belakang pas foto?
A: Latar belakang pasfoto boleh merah ataupun biru.
Q: Bagaimana cara mengetahui berkas sudah diverifikasi?
A: Diumumkan di situs www.stan.ac.id pada 29 juli 2011
Q: Bagimana jika berkas kurang (tidak lengkap)?
A: Jika berkas yang tidak lengkap, maka harus dikirimkan lagi 1 (satu) paket dokumen pendaftaran  paling lambat tanggal 18 Juli 2011 Cap Pos
Q: Bagaimana bentuk tes kesehatan dan kebugaran?
A: Pemeriksaan kesehatan dan atletik (lari).
Q: Bagaimana jika kondisi baru selesai operasi oleh dokter tidak diperbolehkan tes kesehatan dan kebugaran?
A: Tidak dapat mengikuti tes maka dinyatakan gugur.
Q: Pada saat mengambil BPU, harus membawa apa saja?
A:
  • Hasil cetak formulir online
  • Bukti setor bank yang asli
  • Menyerahkan pasfoto yang sama dengan yang ditempelkan pada formulir online ukuran 3 X 4 sebanyak 3 lembar
  • Bukti asli diri yang berfoto (ijazah/KTP/SIM/Paspor)
Q: bolehkah meminta kembali uang yang sudah ditransfer?
A: Uang yang sudah ditransfer tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun
Q: Kalau pernah patah tangan/kaki, boleh memilih spes bea cukai?
A: Boleh
Q: Bolehkah mengambil BPU di luar tanggal yang ditetapkan?
A: Pengambilan BPU di luar jadwal tidak akan dilayani dan dinyatakan gugur.
Q: Sudah datang pada hari h pengambilan BPU, tetapi berkas yang dibawa tidak lengkap, bagaimana prosesnya?
A: Kekurangan berkas harus dilengkapi pada hari h tersebut. Jika tidak bisa melengkapi pada hari h maka dinyatakan gugur.
Q: Lokasi TPA&TBI seharusnya di kota A. Pada saat tes sedang berada di kota B, bolehkah mengikuti tes di kota B? kalau boleh bagaimana prosedurnya?
A: Tidak boleh.
Q: Dimana lokasi pendidikan?
A: Lokasi pendidikan di Kampus STAN Bintaro dan/ atau Balai Diklat Keuangan di daerah. Lokasi pendidikan ditetapkan pada pengumuman hasil akhir usm stan.

2 comments:

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.