Monday, 25 February 2013

Model Pemimpin

sumber


Beberapa lalu ada fenomena pemimpin yang merakyat di Jakarta. Pemimpin itu namanya Jokowi. Jokowi rajin dan tanpa malu-malu turun ke pelosok-pelosok Jakarta. Melihat kehidupan warga Jakarta yang terpinggirkan dan tergusurkan. Saya saja tertarik juga dengan gaya memimpin Jokowi dan Ahok. Mereka terlihat fokus untuk membenahi Jakarta.

Jokowi banyak dielukan bukan saja karena Jokowi merakyat dan sering mengunjugi rakyatnya. Jokowo juga bergaya hidup tidak wah seperti para pemimpin lainnya. Mungkin Jokowi sadar bahwa seorang pemimpin adalah panutan, seorang pemimpin adalah sebuah model untuk dicontoh.

Terlepas dari gaya kepemimpinan Jokowi yang fenomenal. Sebenarnya umat muslim mempunyai sebuah contoh dan suri tauladan dalam kepemimpinan. Dan pas sekali Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduknya muslim.


Yap, model kepemimpinan itu ada pada diri Rasulullah S.A.W. Beliau adalah model pemimpin yang komplit. Sampai ada seorang bernama Bosworth Smith, bukan orang islam yang menulis buku Muhammad and Muhammadanism mengatakan, “Kepala negara merangkap Pemimpin Agama, beliau adalah Kaisar dan Paus sekaligus. Tetapi beliau adalah Paus dan tidak berpenampilan seperti Paus, dan Kaisar tanpa pasukan-pasukan yang megah. Tanpa balatentara tetap, tanpa pengawal, tanpa istana yang megah, tanpa pungutan pajak tetap dan tertentu, sehingga jika ada orang berhak mengatakan bahwa ia memerintah dengan hak ketuhanan, maka orang itu hanya Muhammad, sebab beliau mempunyai kekuasaan tanpa alat-alat kekuasaan dan tanpa bantuan kekuasaan. Beliau biasa melakukan pekerjaan rumah tangga dengan tangan beliau sendiri, biasa tidur di atas sehelai tikar kulit, dan makanan beliau terdiri dari kurma dan air putih atau roti jawawut, dan setalah melakukan bermacam-macam tugas sehari penuh, beliau biasa melewatkan malam hari dengan mendirikan shalat dan doa-doa hingga kedua kaki beliau bengkak-bengkak. Tiada orang yang dalam keadaan dan suasana yang begitu banyak berubah, telah berubah begitu sedikitnya”.
Semoga segera lahir pemeimpin-pemimpin ideal di Indonesia sehingga bisa menyelesaikan kekacauaan-kekacauaan ini. Hidup Indonesia dan Berkibarlah Sang Merah Putih.

24 comments:

  1. jadi pemimpin musti kerja, jgn nikah melulu :p

    ReplyDelete
  2. .. kalo di Surabaya punya bu Risma loch. bahkan beliau juga terjun langsung ke lapangan. pokoknya bu Risma TOP banget dach. walau pun beliau cewek, namun cara kerjanya ocae punya n gak kalah ma cowok^. he..86x ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah mantabh deh kalo gitu...
      semoga surabaya semakin jaya saja mbak...

      Delete
  3. aku suka postingannya hehehe
    salam kenal yah sob :)

    ReplyDelete
  4. iya kak betul juga,
    sebelumnya telah ada pemimpin yang hebat dalam negara, umat, rumah tangga beliau adalah raslullah SAW semoga banyak pemimpin yang menjadikan rasul SAW menjadi panutannya

    ReplyDelete
  5. cukuplah Rasulullah Muhammad SAW sbg teladan yg baik bagi kita...salam 'alaika ya Rasul....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu jd orang yg meneladani dng benar yuks..

      Delete
  6. Semoga akan muncul pemimpin-pemimpin baru yang 'mbumi :)

    ReplyDelete
  7. Semoga akan lahir pemimpin-pemimpin baru yang 'mbumi :)

    ReplyDelete
  8. tunggu imam mahdi dan isa almasih mungkin bg, tapi kalo rasulullah memang ngga bisa dibandingkan sama makhluk lain, sulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah dibandingkan sama makhluk mana lagi bro...
      :P
      kpn datangnya tu imam mahdi..?

      Delete
  9. Semoga pemimpin kita mencontoh perilaku rasulullah ya sob

    ReplyDelete
  10. tak perlu pemimpin ideal di indonesia, cukuplah yang sungguh2 bekerja

    ReplyDelete
  11. subhanallah, bosworth smith yang bukan orang islam saja menuliskan seperti itu..

    semoga saja akan muncul pemimpim2 yang meneladai Kanjeng Nabi dalam kepemimpinan dan agamanya.. Aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap semoga bang muazin....
      apakah anda itu orangnya..??

      Delete
  12. itu sesuatu yang langka banget, bung...

    :P

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.