Thursday, 31 January 2013

Awal Mula Istilah Orang-orang Kristen


Masa sebelum penyaliban Kristus tidak pernah ditemukan istilah orang-orang Kristen untuk memberikan identitas kepada para pengikut Yesus, mengapa? Karena mainstream pemeluk agama masa itu, yakni mereka yang menganut agama yahudi, tidak mau menerima Yesus sebagai Mesiah dan Kristus yang telah dinubuatkan di dalam Taurat.
sumber

Dan istilah yang digunakan untuk menamai para pengikut Yesus adalah nazarenis.
Nama ini dilekatkan kepada para pengikut Yesus karena keluarganya menetap di kota kecil Nazareth dalam wilayah Galilea meskipun ia lahir Bethlehem. Dan istilah ini dipakai hingga beberapa tahun setelah peristiwa penyaliban.


“Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradap, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang nasrani”. (Kisah 24:5)

Jauh setelah peristiwa penyaliban penyebutan “orang-orang Kristen” untuk para pengikut Yesus mulai dipakai, namun tidak di Yerusalem. Awal mula penamaan ini dimulai dengan penyebaran Injil keluar wilayah Palestina.
Terutama di wilayahAntiokhia di Siria Utara, para penduduk di sana mulai menamakan para pengikutYesus sebagai “orang-orang Kristen” .

Secara singkat, sejarah penamaan “orang-orang Kristen” dimulai sejakBarnabas dan Paulus menyebarkan Injil di luar Palestina. Mereka berdua meyakinkan orang-orang Yahudi dan non-Yahudi bahwa Yesus yang mereka berdua imani adalah Kristus. Maka, sejak itulah orang-orang Antiokia menyebut mereka sebagai orang-orang Kristen.

Sebenarnya penggunaan kata itu hanya sebatas ejekan, nama itu seperti halnya sebutan “metodis” pada waktu kemudian, diterima oleh mereka yang diejek.
Lama-kelamaan orang percaya harus menjawab pertanyaan ‘Apakah kamu Kristen?
Tidaklah memalukan untuk menerima maksud sebuah nama kehinaan, jika nama itu berisi nama juru selamat (1 Ptr 4:16).

Dan nama itu mempunyai kelayakan tertentu. Ia memusatkan perhatian kepada unsur yang membedakan di dalam agama baru ini, yakni bahwa itu berpusat kepada pribadi Kristus.
Jika nama Christus tidak dimengerti oleh kebanyakan non-Kristen, dan mereka kadang-kadang mengacaukannya dengan nama umum Chrestos yang berarti baik, baik hati, hal itu adalah paronomasia yakni permainan kata, yang dapat dipakai untuk menghasilkan yang baik, demikianlah dalam keputusan awal abad ke-2, nama itu dipakai tanpa persoalan oleh uskup Kristen Ignatius (di Antiokhia) dan oleh wali negeri Pliny (di daerah yang disebut dalam 1 Ptr).

Jika ada yang salah atau tidak sesuai,mohon koreksinya. Hanya salinan dari sepenggal coretan dari sebuah blog yang pernah saya baca namun lupa alamat url-nya. Semoga bermanfaat dan pemilik tulisan ini ikhlas membagi info melalui saya. Amiin..... 

16 comments:

  1. alhamdulilah aku sendiri islam ..
    jadi begitu yaa ada nya umat kristen ,. sekarang aku lebih tau :)

    ReplyDelete
  2. masa sih istilah kristus malah jarang dimengerti orang nasrani
    yang aku tahu disebut kristen karena pengikut kristus...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaa itu zaman sekarang mas....
      belum lengkap ni pasti bacanya...
      :P

      Delete
  3. Padahal kalau nggak salah denger dari cerita, orang yahudi kan pengikut nabi musa. sedangkan orang nasrani kan pengikut nabi isa. Kok bisa ketemu kristus yang sama. kenapa ini nggak membingungkan mereka. Padahal suda jelas hidup di masa yang berbeda.

    Oh ya sob, masalah ngeklik iklan dapat bayaran (PTC). Kenapa nggak mencoba ketiga PTC yang ane rekomendasikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak orang jawa,,dulu animisme dinamisme sekarang ada 5 agama,,
      jadi nabbi musa datang lebih dahulu dari nabi isa...
      sedang umatnya kan berketurunan...
      :)

      Delete
  4. saya mah kurang mengerti soal beginiian, jadi ikut nyimak aja dulu yeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mas....
      kalau ada salah koreksi ya....
      :)

      Delete
  5. kristen itu ejekan yah buat orang2 yg memeluk agama saat itu? emang artinya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaah saat itu...
      pernah dengar kalau orang islam juga mengalami hal sama waktu islam ada pertama kali...?

      Delete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.