Sunday, 26 August 2012

Jilbab, Pakaian Muslim



Jilbab atau kerudung dan pakaian yang dipanjangkan untuk menutup aurat biasanya identik dengan pakaian muslim, baju muslim begitu orang menamainya. Pardah kadang orang menyebutnya. Namun masihkah baju muslim itu dikatakan dan diidentikkan dengan baju muslim?

Masih ingatkah dengan artis Luna Maya dan Cut Tari yang tampil beda saat menjalani pemeriksaan di kepolisian terkait video asusila yang melibatkan penyanyi Ariel. Pakaian seksi yang biasa akrab di tubuh mereka mendadak berganti dengan pakaian tertutup dan kerudung di kepala. Luar biasa.

Ada lagi yang lebih luar biasa. Masih ingatkah dengan salah satu wanita yang menjadi buronan KPK bernama Neneng Sri Wahyuni, istri dari Bang Nazarudin, yang memanfaatkan kerudung busana muslim untuk menutupi identitas dan wajah aslinya, yang akhirnya tertangkap setelah buron selama kurang lebih setahun lamanya. Penampilan keseharian Neneng sebelum dia terlibat kasus korupsi yaitu tidak pernah mempergunakan busana muslim dalam kegiatan sehari-harinya. Tidak heran jika KPK sempat terkecoh dengan penampilan barunya, saat ditunggu-tunggu kedatangannya dan akan ditangkap segera ketika tiba di bandara Soekarno Hatta.

Ada lagi yang lebih sadis. Afriyani yang menabrak 9 pejalan kaki di Tugu Tani, Jakarta Pusat, hingga tewas tampil tertutup di persidangan. Kerudung seolah tak pernah lepas dari kepala Afriyani. Hasil tes urine menunjukkan Afriyani memakai narkoba. Atas kelalaiannya tersebut, Afriyani dikenakan dakwaan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dengan ancaman 15 tahun penjara dan pasal 311 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Ada juga sosialita, Malida Dee, terdakwa kasus penggelapan dana nasabah Citibank ini mendadak mengenakan kerudung setelah ditangkap karena dugaan penggelapan dana nasabah Citibank. Hanya rambut poni lebat saja yang tak tertutup kerudung. Sebelumnya sosialita yang ditengarai merugikan nasabah Rp 16 miliar ini tak sungkan memamerkan rambut panjang dan mengenakan pakaian yang agak terbuka.


Bagi beberapa orang, kerudung, jilbab atau pun baju muslim kini tak lagi simbol religiusitas. Sekarang ini malah digunakan untuk menyembunyikan wajah dari sorot mata publik karena malu telah melakukan perbuatan tercela. Semoga mereka diampuni.

Namun masih ada yang menganggap dan memaknai bahwa jilbab adalah pakaian muslim dan dengan memakainya dia yakin telah mengamalkan satu perintah dari agamanya, walaupun ada yang menentangnya, bahkan jika penentangnya adalah pemerintah sendiri yang seharusnya menjaga kebebasan warganya untuk berekspresi. Misalnya, seorang perempuan yang tidak disebut namanya dan berusia 31 tahun itu mengatakan hari Jumat bahwa polisi di kota Nantes, bagian barat Perancis, mendendanya 29 dolar, dengan mengatakan  pakaiannya membahayakan keselamatannya ketika menyetir mobil.  Perempuan itu mengenakan jilbab yang menutupi wajahnya tetapi menyediakan celah untuk penglihatan. Dan itu terjadi dua hari setelah Presiden Nicolas Sarkozy memerintahkan rancangan undang-undang yang melarang jilbab di semua tempat umum. (baca)
Jilbab adalah pakaian muslim dan dimana itu dilarang akan menimbulkan pertentangan dan kadang menjurus ke arah kontroversi dan bisa menimbulkan protes (baca). Setelah Perancis pada 2003 mengumumkan pelarangan pemakaian jilbab di area umum, maka banyak sekali gelombang protes. (baca)

“Pardah” menurut ajaran Islam mengandung dua maksud. Islam menganjurkan hidup terpisah dan menyarankan sopan-santun dan tingkah laku yang terhormat. Kaum wanita tidak diizinkan berjumpa dengan kaum pria sebabas-bebasnya, dan mereka pun diharapkan menaati peraturan-peraturan tertentu berkenaan dengan pakaian bila mereka keluar rumah mereka.

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang. (Al-Ahzab:59)

Jalabib (kain selubung) adalah jamak dari, artinya :
a.   pakaian-kemas wanita bagian luar
b.   pakaian yang membungkus seluruh tubuh
c. pakaian yang dipakai seorang wanita yang sama sekali membungkus tubuhnya sehingga bahkan tangannya pun tidak dibiarkan tak tertutup (Lane).


Sumber:



39 comments:

  1. Sebeneranya saya juga merasa aneh bin heran, kenapa tiap org kena kasus mendadak pakai jilbab/kerudung. Termasuk Mulan Jameela saat hamil anaknya yg barusan tuh, kan pakai jilbab buueeesaarr..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah sekedar untuk merubah penampilan...(mungkin)

      Delete
  2. Pada hakikatnya, Islam mengajarkan kepada kaum wanita untuk memakai busana yang menutup seluruh auratnya adalah demi kebaikannya sendiri, agar dirinya terhindar bari hal-hal buruk. Tapi itu tergantung pada niat masing-masing pemakainya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. segala perbuatan tergantung pada niatnya...
      :)

      Delete
  3. Kurang tebal topengnya kali, makanya gituan. =,=

    ReplyDelete
  4. jilbab kan fungsinya untuk menutup aurat, untuk menjaga diri sang pemakainya. Klo skrg banyak dijadikan alat utk menutupi diri dr publik, ya itu tergantung niat pemakainya saja. Aku jg punya tmn non muslim, tp tiap hr dia membawa jilbab, katanya utk dipakai pas naek ojek, biar rambutnya ga rusak kena angin 'n debu :D

    ReplyDelete
  5. yah itulah orang indonesia seenaknya banget. ga usah deh mereka mereka itu tetangga gw hijabers tapi pacaran tiap malem. memalukannnnn.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa....
      yah emng semuanya gitu ya ternyata...
      :P

      Delete
  6. memang kenyataan kok
    arahnya mulai berubah jadi fashion dan sarana cari simpati

    ReplyDelete
  7. sepertinya memang sudah menjadi kewajiban harus tampil memakai jillbab, hanya ketika dimuka umum??

    ReplyDelete
  8. Mudah2an sy slalu pake jilbab.. tidak berubah2.. Aamiin

    ReplyDelete
  9. berbagi kata kata motivasi gan
    Orang yang berpikiran negatif selalu melihat kesulitan dalam setiap kesempatan, Sedangkan orang sukses selalu mencari kesempatan dalam setiap kesulitan.
    salam kenal, sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam sukses..
      :)
      makasih motivasinya....

      Delete
  10. Replies
    1. seharusnya akhlak yang baik akan bisa menampilkan pemandangan yg baik....
      :)

      Delete
  11. menurut saya sih, busana muslimah khas indonesia ya kebaya. tapi bukan kebaya yang harganya mahal

    ReplyDelete
  12. iya, aku sebagai orang yang berjilbab merasa tersinggung saat jilbab dipakai saat tobat sementara doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm......
      tobat sementara...??
      istilah baru ya...
      :P

      Delete
  13. yah, sayang sekali ya kalo perintah agama malah dijadikan sesuatu dengan motivasi yang tidak benar :D

    ReplyDelete
  14. orang jahat tiba-tiba mendadak alim, tapi begitu bebas... akan kita ketahui ia tulus ga tobatnya

    ReplyDelete
  15. di Indonesia..pakaian sejenis Jilbab digunakan hanya untuk jadi penghias belaka, terutama bagi para selebritis, kemudian esok-esok mereka akan mengumbar aurat lagi...., dan sejatinya pakaian jilbab yang sebenarnya digunakan untuk memenuhi salah satu perintah agama :)

    ReplyDelete
  16. mungkin untuk menutupi perbuatan salahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saja....??
      tp kenapa pake jilbab...??

      Delete
  17. hmm bener banget kalo diliat-liat, tiap ada artis yang kesandung kasus apa terus kalo lagi disidang malah tiba-tiba kalo ga nongol pake kacamata, yah jadi pake jilbab. pas baca bagian malinda dee emang jadi inget pas pertama nonton dia kok jadi bajunya tertutup gitu padahal suka pake bajunya lumayan terbuka juga hmmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah emng gitulah adanya...
      mereka sedang mempermainkan...
      :P

      Delete
  18. Ga cewe ga cowo nya gan. Yang cowo nya peci dipakai hanya saat pemotretan kenegaraan --a

    ReplyDelete
  19. Biarlah Tuhan yang menilai.... Kita anggap saja mereka sudah berubah... :P

    ReplyDelete
  20. Tabea... Nice blog.
    Saya suka artikel ini. Terima kasih infonya,-

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.