Sunday, 20 May 2012

Manusia Pertama


sumber


Kelangsungan hidup manusia mempunyai peluang sesuai dengan ucapan klise Charles Darwin, survival of the fittest, bahasa sederhananya seleksi alam. Namun peluang itu tidak mendekati keberhasilan yang nyata. Karena masih ada Tuhan dan saya percaya dengan Tuhan.

Jika tidak ada Tuhan mungkin proses kehidupan selama ini tidak berjalan di jalur yang pasti dan mengikuti satu arah tertentu. Terdapat banyak pilihan dan faktor yang tidak terbilang,  untuk menuju proses dan sistem kehidupan seperti yang ada sekarang ini.  Pertanyaan  yan muncul  ialah  mengapa  proses  kehidupan mengikuti suatu alur evolusi yang pasti, seolah-olah tidak ada pilihan lainnya lagi. Karena memang adanya satu bentuk manifestasi kekuatan yang mengatur alam ini, yaitu Tuhan.

Jadi, ini adalah masalah rumit dan hanya bisa dipecahkan jika dibayangkan adanya tangan tak kelihatan dari sang Penggerak yang Maha Bijaksana yang bergerak mengatur semuanya dan mendesain sedemikian rupa.

Frank  Allen,  Profesor  di  bidanbio-fisika  pada  University  of Manitoba, Kanada, yang pernah menerima penghargaan berupa Tory Gold Medal dari Royal Society of Canada, menulis:
Segala bentuk penyesuaian oleh bumi bagi proses kehidupan, angka  bilangannyterlalbanyauntubisdikatakan sebagai faktor kebetulan.


Sedangkan Al-Quran mengabarkan bahwa:
Yang telah menciptakan tujuh petala langit dengan serasi. Engka tidak  aka melihat   ketidakpantasa d dalam penciptaaTuhan yang Maha Pemurah. Oleh karena itu pandanglah lagi! Adakah engkau melihat sesuatu cacat? Kemudian  pandanglah  lagi,  niscaya  penglihatan  Engkau hanya akan kembali kepada engkau dengan bingung dan letih  karena tidak menemukan ketidakserasian. (S.67 Al- Mulk:3-4)

Nah, lalu sekarang siapakah manusia pertama? Apakah dari kera sesuai dengan apa yang dikabarkan Charles Darwin atau manusia pertama adalah nabi Adam?
Jika dua pernyataan ini dinyatakan benar maka hasilnya sungguh terlalu dan mustahil jika nabi Adam adalah manusia pertama yang seperti kera..?
Jadi kita harus memilih satu. Dan pada pandangan Charles Darwin, saya tidak sependapat.

Misalnya saja kera berevolusi menjadi manusia. Kenapa sekarang masih ada kera?
Beruang tidak kutub dan beruang kutub sama-sama beruang, kemudian ketika beruang kutub punah apakah beruang tidak kutub bisa menjadi beruang kutub, tentu saja mustahil sekali. Perlengkapan tubuhnya sudah beda, nalurinya pun berbeda.

Jadi, menurut saya, manusia pertama adalah manusia yang diciptakan sempurna oleh Tuhan seperti sekarang. Dan manusia sekarang maju adalah karena perkembangan peradaban dan persaingan antara manusia yang satu dengan yang lain.

Apakah nabi Adam manusia pertama? Saya juga kurang sependapat. Mungkin kalau Beliau adalah nabi pertama mungkin saja bisa. Alasannya adalah nabi adalah pembawa syariat atau aturan Tuhan dan menyampaikannya kepada manusia, kalau Beliau yang pertama, siapakah yang akan disampaikan syariat Tuhan?

Ah tahulah.Ini adalah masalah yang rumit.






69 comments:

  1. wah, aku suka kata-katamu tuh, memang tanpa persaingan kita tak akan bisa berkembang, persaingan akan memotivasi kita untuk menjadi yang lebih baik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoyooi bro...
      dimana persaingan akan mengeluarkan potensi kita yg tersembunyi...
      :)

      Delete
  2. tul Adam adalah orang pertama. setuju..kalo aku sih percaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan begitu mbak...
      aq gak yakin adam manusia pertama kok...
      :P

      Delete
  3. Mungkin kalau Beliau adalah nabi pertama mungkin saja bisa<---saya sepakat dgn kata2 yg ini mas,,, manusia sdh ada di ciptakan sejak dulu,, tetapi karena belum adanya kalifah yg memimpin,,mereka tdk tahu ttg ketuhanan jadinya perusak,,itulah yg tentang malaikat waktu Tuhan akan mengangkat adam tuk menjadi pemimpin dimuka bumi,,karena sdh tau karakter manusia perusak dari pendahulu2 adam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas....
      dan saya pernah baca kalau surga yg digambarkan adalah kiasan...
      dan diusirnya adam adalah karena dia berbeda,,teruatama apa yg dipercayainya,biasa kan,,kisah para nabi kan selalu diusir, dihina, dicerca, ditentang, dll....
      :)

      maaf kalau ada yg salah

      Delete
    2. Dihas : saya bingung dgn penjlsan kmu yg diatas

      Delete
    3. YAUDAH KALO BINGUNG....
      bisa dibaca ulang...
      :P

      Delete
    4. kalo surga itu kiasan dan nabi diusir karena dia berbeda.Beda same siape tong?. kiasan apenye yang kiasan.

      Delete
    5. lha misalnya surga itu kiasan untuk daerah yg memang kadang orang melihatnya lagsung bilang amazing...
      pernah jalan-jalan blm...?


      justru kiasan maka dia berbeda dengan umatnya....
      karena saya pikir dia bukan orang pertama tp nabi pertama...
      gmn son..??

      Delete
    6. nggak, krn kita ngomong masih pake' "mungkin". saya ngerti kalau saya yakin kalau nggak,ye mungkin mau belajar lagi

      Delete
    7. YA emng mau yg pasti...??
      :P

      Delete
    8. mungkin kita berbeda pandangan tentang yg satu ini, tp nanti kamu bakal liat ,, ehmm opini saya,,,, tentang hal yg sama dan ikut di kontes yg sama. tp saya yakin nggak akan menang, atau malah nggak diterima karena melenceng jauh dr tema, he he

      Delete
  4. agama itu tidak rumit yg pasti, untuk apa ada al-qur'an :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ada agama gas..?
      apa maksudmu..??
      :P

      Delete
  5. Betul sob... sampai2 charles darwin pun bingung dan di buat jengkel ketika melihat warna dan rupa bulu merak yang meyerupai mata manusia,, katanya dia selalu ingin muntah jika melihatnya.. walau darwin tak percaya tuhan tetapi ia merasa jika dia punya masalah dengan kuasa tuhan... trims.. artikelnya bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasiannya yg mencoba meniadakan Tuhan..
      :P

      Delete
  6. Manusia purba... pra sejarah indonesia... hmmm..

    ReplyDelete
  7. wah sangat bermanfaat sobat artikelnya :)

    ReplyDelete
  8. seratus persen sih saya percaya kalau nabi adam adalah manusia pertama, gak ada keraguan dalam diri saya sob.

    ReplyDelete
  9. wah2 opini boleh2 saja,tapi fakta di alquran bicara demikian . meski saya orang awam hal2 demikian gak luput dari perhatian saya #kalogak suka jgn dengarkan

    ReplyDelete
  10. Saya masih bingung nih.. Tapi tete nabi adam deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. "tete" nabi adam??? ha ha ha ha maaf saya kelepasan ketawa, mungkin nasib kita sama, huruf "P" kurang bersahabat.

      Delete
  11. sukses ya kontesnya...

    haha, hayo baca buku. jangan berita mulu :)

    ReplyDelete
  12. kalau aku tetep percaya kata2 di kitab suciku, dan selanjutnya, bagian yang masih membingungkan, yah dibiarkan saja.. biarkan itu menjadi misteri illahi yang pasti suatu saat terjawab juga...

    ReplyDelete
  13. iyah rumit yah yang masalah ginian ^^

    ckckckckck good luck yah buat lombanya ^^

    ReplyDelete
  14. kalau masalah ini aku pas deh,alias kagak mau komen macem2 soalnya takut salah tafsir dll

    ReplyDelete
  15. kalau saya sih percaya kalau Nabi Adam adalah manusia pertama, (seperti yang tertulis singkat dalam postingan saya, yang kamu komentari)

    menambahkan sedikit, Nabi itu orang yang diberikan wahyu sama seperti Rasul, cuma bedanya Rasul punya kewajiban menyampaikan wahyu tersebut kepada orang banyak sedangkan Nabi tidak, jumlah Nabi banyak tetapi jumlah Rasul tidak.. ini sih yang saya dapat dari pelajaran agama saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. owg begitu...
      boleh juga pernyataan pada paragraf kedua...
      :)

      padahal nabi sama rasul kan sama saja....
      kalo menurutku...

      Delete
  16. Dan persaingan adalah jalan pembuka dimana kita harus berusaha memberikan yang terbaik dari ide2 yang tersembunyi ahahah #ngaco

    ReplyDelete
  17. kalau blogger pertama siapa dihas? :p

    ReplyDelete
  18. sepertinya hanya tuhanlah yang tahu..

    ReplyDelete
  19. setuju sama kata-kata yg ini "Misalnya saja kera berevolusi menjadi manusia. Kenapa sekarang masih ada kera?"

    ReplyDelete
  20. perasaan banyak banget lomba blog akhir2 ini.. -___-

    ReplyDelete
  21. agama itu tidak rumit. yg rumitnya saja kita kadang susah mengerti apa yg ditafsirkan agama.

    salam..
    sukses buat kontesnya bro.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak rumit cm susah dimengerti...
      :P

      Delete
  22. salam. jd inget wkt skul RUNTUHNYA TEORI EVOLUSI hehehe ok. Mampir gan Bukyung

    ReplyDelete
  23. Jangan sampai bertanya membuat kita meragu, yang paling bener bertanya untuk membuat kita lebih yakin...

    Ini konteksnya khusus untuk post ini dias^^

    ReplyDelete
  24. mas bro infonya bermanfaat untuk mengenal nenek moyangku...

    ReplyDelete
  25. Fotonya kok enggak disensor wkwk :D

    ReplyDelete
  26. Bro hanya mo share info nih..carmall lg ngadain kontes dengan total hadiah
    12 juta, syarat gampang. Ikutan ya bro di
    http://id.carmall.com/id/main/contest

    O iya bro..tulung bantu share ya di akun ente, sapa tau temen ente ada
    yang minat ikutan.

    Thanks and respect

    ReplyDelete

  27. Salam Blogger Indonesia, jika anda gemar menulis di blog serta memiliki waktu luang, ikutilah Blog Review Competition 2012 By Laku.com dengan Hadiah Total 16 juta Rupiah untuk 20 pemenang. Jadi kesempatan menangnya sangat besar lho.

    Rincian Pemenang:
    Pemenang I: Uang tunai Rp. 5.000.000
    Pemenang II: Uang tunai Rp. 3.000.000
    Pemenang III: Uang tunai Rp. 1.500.000
    Pemenang 4-10: Uang tunai Rp. 500.000
    Pemenang 11-20: Uang tunai Rp. 300.000

    Silahkan daftarkan artikel blog anda tentang Laku.com di Blog Review Competition 2012 By Laku.com

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.