Friday, 16 December 2011

Perlunya Mandi (Rohani dan Jasmani)


from here


Mandi adalah hal yang rutinitas dilakukan oleh manusia yang waras dan sesuai kodratnya, mencintai kebersihan. Manusia mandi dua kali dalam sehari. Begitu juga dengan mandi secara rohani, mungkin bisa disebut dengan beribadah, juga dilakukan oleh orang dengan konteks memiliki Tuhan dan agama dan sadar serta patuh terhadap ajaran agamanya. Berapa kalinya bervariasi. Kalau orang Islam paling tidak lima kali dalam sehari.


Pernah melihat orang yang rajin mandi namun masih saja tidak bisa menjaga kebersihan di lingkungannya. Oke badannya bersih, namun lingkungannya kotor. Dan dia sama sekali tidak peduli dan tidak menaruh rasa prihatin. Kita bisa juga temukan terhadap orang yang rajin beribadah namun dia tinggal di lingkungan yang kotor yang tidak sesuai dengan ajarannya agamanya. Dan bisa ditebak apa yang terjadi, walaupun mandinya bersih namun dia tetap saja kotor.

Ada lagi orang yang mandi di kali dengan kualitas air yang buruk, pebuh limbah. Namun dia enjoy-enjoy saja dengan mandinya dan merasa dia bersih. Mandi seperti ini banyak sekali di Indonesia terutama di area perkampungan kumuh. Hal ini juga dapat diketemukan dalam kehidupan rohani. Banyak orang yang beribadah dengan tidak sesuai yang seharusnya, atau sudah sesuai namun caranya salah. Misalnya saja, dan ini menyoroti tentang banyaknya orang Indonesia yang bertitel atau berstatus haji namun kehajiannya masih dipertanyakan. Bahkan ada orang yang naik haji dengan (maaf) uang korupsi atau uang riba (dalam Islam riba adalah haram). Untuk mengetahui dampak riba bisa dilihat disini.

Bahkan ahli kesehatan sekalipun tidak terlepas dalam kesalahan mandi. Begitu juga dengan ustadz, kiai ataupun guru-guru agama. Manusia tidaklah sempurna.

Manusia ini tercipta dengan berbagai pola akal dan pemikiran. Mereka mengartikan dan meresapi mandi, baik secara rohani maupun jasmani sesuai dengan tingkatannya. Namun jelas, hidup ini adalah pilihan. Dan kita bisa memilih yang terbaik dan dapat membersihkan kita.

Mandi, walaupun remeh namun sangat berpotensi besar dalam membangun landasan kebersihan dan kesucian rohani maupun jasmani.

Disarikan dari khutbah jumat.

17 comments:

  1. Nice..hal yang biasa seperti mandi ternyata ngefek kemana-mana yak..:)

    ReplyDelete
  2. Nice..hal yang 'biasa' seperti mandi ternyata 'ngefek' kemana-mana yak :)

    ReplyDelete
  3. hahahaha............
    iya mbak Hsu....
    :)

    ReplyDelete
  4. *pengakuan* kadang kalau lagi buru-buru mandinya jd kilat deh..heheh

    ReplyDelete
  5. Kalo gak mandi hati, ntar hatinya panuan #eh hahaha

    ReplyDelete
  6. waa
    semoga kita bersih rohani jasmani ya...

    ReplyDelete
  7. kadang malah gak mandi ya mbak ririe...
    :P

    ReplyDelete
  8. jangan-jangan hatinya basith....
    :P



    bener ayo tebak...
    :)

    ReplyDelete
  9. ya iya lah
    bayangin aja kalo ga mandi seminggu
    sehari aja udah ga enak semua badan

    ReplyDelete
  10. wah...
    nyindir nih,,saya pernah mandi di kali :p

    ReplyDelete
  11. betuul itu mas iskandar....
    :)



    gak nyindir kok mbak jiah...
    hanya saja...
    apa ya??
    :P

    ReplyDelete
  12. saya malah suka malas mandi, dingin soalnya :D

    ReplyDelete
  13. Kalo gak Mandi nanti Si doi Minggat dah, haha

    ReplyDelete
  14. bener jg tu mas marjipes...
    :P

    ReplyDelete
  15. relijius juga yah lu has? kotbah jumat ditulis ulang di blog.. hehhee

    ReplyDelete
  16. hahahaa..........
    ga jg mas...
    cm kali ini saya mendengarkan isi khutbahnya dng baik....
    :P

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.