Saturday, 2 April 2011

Kelangsungan Hidup Karena Kebetulan atau Takdir?



Mengenai  masalah kelangsungan hidup, pandangan Al-Quran bertolak-belakang dengan pendapat para ahli naturalis.  Menurut kitab suci Al-Quran, faktor  kebetulan tidak memiliki peran besar dalam kelangsungan hidup suatu spesi atau individual. Tidak saja kelompok spesi, bahkan individual juga, cukup terpelihara dari segala mara bahaya yang meningkar mereka yang bisa menjadi ancaman bahaya kepunahan mereka setiap saat. Dengan  demikian  kelangsungan  hidup mereka bukanlah karena faktor kebetulan. Malah sebenarnya lebih merupakan rencana proteksi yang terencana, diterapkan dan dipelihara dengan baik dimana semua itu terus menerus beroperasi dalam sejarah kehidupan. Dari antara sekian banyak ayat Al-Quran, yang berikut bisa merupakan ilustrasi mengenai hal ini:
Allah mengetahui apa yang dikandung oleh  setiap perempuan dan apa yang kurang sempurna dalam kandungan rahim dan gugur, dan apa yang diperkembang- kan. Dan segala sesuatunya mempunyai ukuran yang tepat pada-Nya. Dia-lah yang mengetahui yang tersembunyi dan yang nampak, Maha Besar tanpa tandingan, Maha Luhur. Siapa di antara kamu yang merahasiakan perkataannya dan siapa yang menzahirkannya dengan terang-terangan adalah sama  dalam   ilmu  Allah,  dan  begitu  pula  orang  yang bersembunyi pada  waktu malam dan orang yang berjalan terang-terangan pada siang hari. Untuk ia itu ada pergiliran penjaga-penjaga di hadapnnya dan di belakangnya……… (Surat Ar-Rad:9-12).

From: Revelation, Rationality, Knowledge and Truth (lil editing, just about font, font size, etc)

No comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.