Monday, 4 April 2011

Keberpihakan atau khiralitas di alam


Di antara semua kitab-kitab suci, Al-Quran bersifat unik dalam menyorot masala keberpihaka yan berkaita dengan perilaku sosial keagamaan. Kita bisa menjadi takjub tentang signifikasi yang ditekankan pada kanan dan kiri. Hal yang sama juga terdapat pada ajaran-ajaran  perilaku  
dan  petunjuk  yang  diberikan  oleh  Hazrat Rasulullah s.a.w. dimana masalah kanan dan kiri mempunyai peran khusus dalam perilaku seorang Muslim. Sebagai contoh, tangan kanan ditetapkan untuk mengerjakan segala hal yang baik dan bersih, seperti maka denga tanga kanan melayani  dar sisi   kanan jangan menyentu bend koto denga tanga kana da sebagainya. Sebaliknya berlaku untuk tangan kiri. Karena itu jika ada seseorang yang berjabat tangan dengan seorang Muslim, ia boleh merasa yakin bahwa ia  menggenggam  tangan  yang  bersih.  Dalam  bahasan  yang  secara komparatif  lebih  lengkap  tentang  keberpihakan  dan  khiralitas  ini, pembaca  akan  menemukan  hal-hal  yang  mencengangkan berkaitan dengan phenomena ini sebagaimana adanya di alam. Dari sana pembaca akan meyakini kalau pengarang Al-Quran adalah  juga sang Pencipta
alam semesta ini.
Istilah ‘partialitas (sikap memihak) umumnya digunakan untuk menunjukkan adanya suatu pilihan yang dilakukan tanpa suatu alasan jelas mengapa hal itu dilakukan. Hanya saja jika diaplikasikan kepada Wujud Tuhan, keawaman seseorang tentang mengapa Tuhan memihak kepada  keberpihakan  tidak  lantas  berarti  bahwa  tidak  ada  maksud tersembunyi dalam perilaku Tuhan yang bersifat selektif demikian.
Dengan bertambah majunya ilmu pengetahuan dalam usahanya menggali  pemahaman  yang  lebih  dalam  lagi  tentang  rantai  atau rangkaian kausa dan efek, banyak kemudian muncul pola perilaku alam yang tadinya tidak diketahui untuk menambah pemahaman.
From: Revelation, Rationality, Knowledge and Truth (lil editing, just about font, font size, etc)

1 comment:

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.