Friday, 4 March 2011

Kita Adalah Tawanan Dari Pendidikan


Kami semua sekolah hanya untuk mendapatkan ijazah, tanpa ijazah kami tidak bisa bekerja. Tanpa bekerja, tak akan ada seorang ayahpun yang mau menikahkan anaknya. Bank tidak akan memberikan kredit, dunia tidak akan memandang kami. Tapi si idiot yang satu ini, dia ke sekolah bukan untuk ijazah tapi untuk belajar. Dia tidak peduli akan jadi juara satu atau terakhir. (subtittle The Three Idiots)

Masih adakah orang yang berniat sekolah seperti penggalan cerita dari The Three Idiots? Jawabannya mungkin, masih dan sudah tidak ada lagi. Silahkan Anda menjawab dengan hati nurani Anda. Realitanya, di Indonesia ini masih banyak anak yang tidak bisa bersekolah atau putus sekolah. Lalu yakinkah Anda dengan realita ini, masih adakah orang yang berniat sekolah seperti penggalan kalimat di atas?
Beberapa tahun belakangan kita menyaksikan berbagai upaya yang dilakukan di dalam pendidikan, mulai dari pemberian BOS yang malah dimanfaatkan sebagai sumber tambahan ekonomi sebagian orang-orang yang tidak bertanggung jawab, menaikkan nilai UAS dan syarat-syarat ketentuan lulus lainnya, bahkan pemberian akreditasi sekolah untuk menarik minat orang untuk menyekolahkan anaknya.
Apakah itu semua menjamin. Fakta bicara, tingkat pengangguran di Indonesia tinggi, bisa dibilang sangat tinggi. Sarjana-sarjana muda yang tak tahu harus melangkah kemana. Lalu sebenarnya apakah yang salah atau kurang pas?
Alasan karena jumlah penduduk yang tinggi yang menyebabkan jumlah lapangan kerja terbatas, terbatas atau sengaja dibatasi pola pikir?
Mengapa tidak mencoba membuat lapangan sendiri dan membaginya dengan orang lain. Atau di sekolahan hal ini tidak diajari atau diajarkan namun kurang menarik. Entahlah.
Orang lebih menyukai jalan pintas, potong kompas, dan akhirnya ini akan menghempas ke arah mereka kembali. Korupsi merajalela, kolosi sudah biasa, nepotisme hal yang wajar dan suap-menyuap dalam mendapatkan pekerjaan adalah lumrah.
Adakah yang bisa merubah dan yakin bahwa sekolah bisa meyakinkan kita meraih kehidupan yang lebih maju? ^-^


by D.E

No comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.