Wednesday, 26 January 2011

Bos Manunggal Sejati Siap Beli Mandala

SURABAYA - Mandala Airlines bakal segera punya investor baru. Salah satu pengusaha yang sudah menunjukkan keseriusan untuk membeli maskapai tersebut adalah Sundoro Sasongko, Direktur Utama Manunggal Sejati Group, perusahaan rekanan penyediaan senjata dan peralatan TNI-Polri yang berkantor pusat di Jakarta. Tidak sekadar mengungkapkan niatnya, dia mengaku sudah bertemu langsung dengan pihak-pihak yang berkepentingan.

Sundoro menyatakan, pada 21 Januari lalu, dia bertemu empat mata dengan Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti di Jakarta untuk membicarakan rencana take over maskapai yang sedang merugi tersebut. Bahkan, pada hari yang sama, Sundoro menemui Presiden Direktur Mandala Airlines Diono Nurjadin untuk membicarakan pengambilalihan 51 persen saham Mandala Airlines.


"Responnya positif. Pak Dirjen dan Pak Presdir Mandala sangat mendukung upaya saya untuk ikut menyelamatkan Mandala," kata Sundoro kemarin (24/1).


Dia menjelaskan, syarat yang diajukan Dirjen Perhubungan Udara saat itu adalah kesanggupan menyediakan fresh money sedikitnya USD 100 juta sebagai modal awal jangka pendek untuk mengatasi masalah yang sedang melilit Mandala. "Saya menyatakan sudah siap cash USD 25 juta. Sisanya akan saya lengkapi dalam minggu ini," jelas pendiri perusahaan otobus Sumber Kencono itu.


Sundoro mengatakan, pekan ini dia sudah mengagendakan pertemuan dengan konsorsium perbankan internasional di Singapura guna mendapatkan dukungan finansial dalam proses pengambilalihan Mandala Airlines. "Tidak gampang lho, mencari dana cash USD 100 juta hanya dalam waktu 45 hari. Tapi, bagaimanapun juga saya sudah siap dan tetap akan merealisasikan rencana ini," terang pemilik pabrik kecap Maggi itu.


Tentang ketertarikannya mengakuisisi Mandala Airlines, Sundoro mengungkapkan dua alasan. Pertama, industri penerbangan saat ini sedang sangat menjanjikan. Pertumbuhan ekonomi dan dunia pariwisata menyebabkan volume penerbangan meningkat. "Ini bisnis yang sangat potensial," tegasnya.


Alasan kedua, Mandala Airlines merupakan maskapai yang sudah punya reputasi tinggi dan punya segmen tersendiri dengan dukungan jaringan marketing yang mapan, "Mending saya beli Mandala, daripada sudah-susah harus merintis dari awal," ujar pengusaha kelahiran Makassar tersebut.


Jika benar-benar resmi menjadi pemegang saham mayoritas Mandala Airlines, lanjut Sundoro, yang akan dilakukannya pertama kali adalah pelunasan seluruh utang dan penyelesaian refund tiket penumpang. "Ini prioritas, karena akan menyangkut citra Mandala yang selama ini sebenarnya sudah bagus," ungkapnya.
(fif/fat)
 
sumber: http://www.jpnn.com/read/2011/01/25/82845/Bos-Manunggal-Sejati-Siap-Beli-Mandala-

2 comments:

  1. Perlu sy info kan masih ada peminat yg lain utk take over Mandala,.....

    Sy menunggu kepastian dari yg sedang negosiasi terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  2. oke buat mandala....
    ditunggu terbangnya...
    :)

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, tidak dipungut biaya..! apabila ada kata yang salah dalam hal deskripsi apa pun tentang isi dari postingan zonesa.blogspot.com, mohon kritik dan sarannya agar lebih baik. terimakasih dan salam hangat. Sehangat pelukan pasangan Anda.